3 Tips untuk yang Mau Menambahkan Unsur Komedi dalam Cerita

3 Tips untuk yang Mau Menambahkan Unsur Komedi dalam Cerita
Photo by Surface / Unsplash

3 Tips untuk yang Mau Menambahkan Unsur Komedi dalam Cerita – Menulis novel dengan bumbu atau mix genre komedi memang gampang-gampang susah. Ini dia tips untuk kamu yang ingin belajar menulis novel komedi.

Apa Itu Komedi?

Menurut KBBI, komedi adalah sandiwara ringan yang penuh dengan kelucuan meskipun kadang-kadang kelucuan itu bersifat menyindir dan berakhir dengan bahagia.

Dilansir dari situs filmlifestyle.com, dijelaskan lebih lanjut bahwa komedi merupakan salah satu bentuk hiburan paling awal dan paling murni. Komedi adalah genre fiksi dan umum dalam sastra, buku, drama atau teater, serta film dan televisi modern. Komedi juga dimaksudkan untuk menambahkan unsur lucu atau menghibur dengan menimbulkan tawa.

Tips Menulis Komedi

Menulis atau menambahkan bumbu komedi emang gak mudah. Kadang-kadang dibutuhkan keberuntungan. Tapi, bukan berarti gak bisa dicoba kan? Ini dia beberapa yang bisa dicoba kalau mau menulis komedi.

1.  Perbanyak Memperhatikan

Mulai dari sekarang, biasakan untuk mencari absurditas hidup. Coba perhatikan tindakan fisik yang membuat orang tersenyum atau tertawa terpingkal-pingkal. Cobalah untuk mengingat bagaimana orang mengutarakan sesuatu yang lucu yang mungkin sering kita lewatkan. Atau, kalau membaca sesuatu yang lucu, catatlah. Perhatikan konstruksinya. Terus tambahkan ke notes leluconmu.

Photo by Brooke Cagle / Unsplash

2. Mulailah “Stand-up”

Jangan ragu untuk melemparkan jokes. Gak perlu disampaikan secara formal, tapi bisa dijadikan selingan saat rapat, acara pesta, atau kepada tamu atau kepada seseorang yang jarang ditemui. Dari situ, kamu bisa melihat perbedaan audiens akan mempengaruhi perbedaan performa leluconnya. Selain itu, kamu akan menyadari betapa pentingnya memiliki materi yang tepat untuk audiens yang tepat.

3. Have Fun!

Seorang aktor bernama Edmund Kean pernah bilang, “Dying is easy. Comedy is hard.” Jadi, berpikirlah lucu, tulislah yang lucu, dan bersenang-senanglah!

Edmund Kean
Sumber: candicehern.com

Baca Juga: 7 Tips Menulis Cerita Horor, Biar Viral!

Demikianlah secara sederhana bagaimana menambahkan unsur komedi atau tips menulis novel komedi yang bisa kamu coba. Gak ada salahnya banyakin baca novel novel komedi untuk menambah referensi.

Kamu bisa berlatih menulis di Cabaca, sebuah platform menulis yang dibayar. Kamu tinggal masuk ke aplikasi Cabaca, lalu klik tombol plus (+) di bagian bawah layar. Selanjutnya, kamu tinggal nulis deh dan mendapat gaji di Cabaca. Install aplikasinya di Play Store. [Asya]

download Cabaca


Suka baca novel genre lainnya? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy