Tips Menulis Novel dengan Cepat

Tips Menulis Novel dengan Cepat
Photo by Darius Bashar / Unsplash

Tips Menulis Novel dengan Cepat – Emang bisa menghasilkan satu karya novel dalam waktu singkat? Yang penasaran, bisa cek cara menulis novel dengan cepat berikut ini.

Tips Menulis Novel dalam Waktu Singkat

Novel adalah karya imajinatif yang berisi cerita tentang kehidupan seorang karakter dalam mencapai tujuan tertentu. Berbeda dengan karya sastra yang lain, bentuk novel cenderung panjang, biasanya lebih dari 40.000 kata. Oleh karena itu, banyak penulis yang butuh waktu lama untuk menulis dan menyelesaikan sebuah novel.

Memang ada jenis novel yang perlu waktu berbulan-bulan untuk menulisnya. Namun, itu gak berarti kamu gak bisa menulis novel dengan cepat loh! Ini dia tips menulis cepat yang mungkin bisa kamu coba.

1. Menulis yang Kamu Tahu

Ternyata tips untuk “menulis sesuatu yang kamu tahu” itu ada benarnya. Misal nih, kamu adalah penggemar olahraga basket, maka akan lebih mudah untukmu menulis novel dengan karakter pemain basket, ketimbang karakter utama seorang chef.

Menuliskan sesuatu yang udah kamu paham betul juga dapat memangkas waktu riset karena sebagian besar datanya telah ada di kepalamu.

2. Menulis Tentang Bidang atau Profesi yang Kamu Jalani

Masih nyambung dengan tips pertama, tuliskan saja hal-hal yang berkaitan dengan bidang atau profesi yang sedang atau pernah kamu jalani. Selain gak perlu menghabiskan waktu lama untuk riset, kamu pun bisa menarasikan pengalamanmu dengan lebih detail sehingga suasana atau latar cerita dalam novelmu jadi lebih hidup.

Sudah banyak kok contoh penulis Indonesia yang menerapkan hal ini, misalnya Ika Natassa.

3. Menuliskan Lagi Sesuatu yang Sudah Pernah Ditulis

Konsep daur ulang ternyata gak cuma dalam hal mengelola sampah aja ya? Dalam menulis pun, kamu bisa menerapkan hal yang sama. Jika sebelumnya kamu pernah menulis novel yang mengisahkan kehidupan seorang dokter, kini kamu juga bisa menuliskan cerita baru dengan universe yang sama. Entah mengambil seorang karakter dari profesi yang sama atau profesi berbeda dari rumah sakit yang sama.

Dengan begitu, produktivitas menulismu pun bisa terbangun tanpa harus memulai lagi dengan mencari ide baru.

4. Menggunakan AI

Tak dapat dipungkiri, teknologi artifial intelligence (AI) telah banyak menggantikan aktivitas manusia. Namun, kita dapat memanfaatkan ini untuk meniadakan beberapa proses yang memakan waktu dalam menulis, misalnya riset.

Kamu pun bisa meminta AI untuk membuat outline loh! Dengan kata kunci yang tepat, kamu tidak akan kesulitan lagi membuat plot sederhana dari cerita yang kamu buat. Nantinya, outline tersebut bisa kamu edit-edit dan sempurnakan lagi.

5. Jadwalkan Waktu

Jangan menunggu waktu luang karena gak akan pernah ada! Jika kamu morning person, kamu bisa jadwalkan menulis setiap pukul 5 hingga 6 pagi. Hanya 1 jam setiap hari, dari Senin hingga Jumat misalnya. Atau bisa tentukan sendiri waktunya.

Akan tetapi, lakukan penjadwalan ketika hasil riset dan materi yang kamu butuhkan sudah cukup siap ya agar kamu tidak bolak-balik terdistraksi untuk kegiatan browsing.

6. Buat Target Menulis

Target itu penting agar kamu tahu apa yang harus diselesaikan. Jangan langsung buat target besar. Kamu bisa membaginya dalam beberapa target kecil, misalnya dalam minggu pertama kamu akan menyelesaikan riset dan outline, kemudian minggu ke-2 kamu akan mulai menyiapkan penokohan, minggu ke-3 mulai menulis bab 1-3, dan seterusnya.

7. Jauhi Keinginan Mengedit

Kadang kamu ingin menjadi sempurna di awal. Akibatnya, kamu jadi suka menulis sambil mengedit. Atau, malah lebih banyak menghapusnya ketimbang mengetiknya?

Mulai sekarang, lakukan self-editing ketika draf pertama telah selesai. Biarkan dirimu ‘menulis jelek’ lebih dahulu tetapi lakukan sampai selesai.


Baca Juga: 7 Tips Menulis Cerita Horor, Biar Viral!

Mau berlatih menulis novel bagus, tapi kamu adalah penulis baru? Ingin menulis tanpa dibayangi keharusan punya banyak follower?

Tak perlu risau karena masih banyak platform menulis yang dibayar yang tidak mempermasalahkan apakah kamu penulis baru atau penulis dengan massa banyak. Contohnya adalah platform menulis Indonesia Cabaca.id. Di Cabaca siapa pun bisa menulis novel dengan beragam genre, mulai dari novel romance, dewasa, fantasi, horor, hingga action. Gak terbatas satu genre aja ya?

Kamu pun bisa dapatin penghasilan dari menulis loh! Caranya yaitu dengan memonetisasi ceritamu sendiri melalui fitur Monetisasi. Dengan begitu, kamu akan dapat royalti hingga 60% atas setiap pembelian bab yang diterima. Mau dapat benefit lebih banyak kayak dibuatin cover, pengeditan naskah, hingga promosi dan kesempatan ditawarkan ke publishing house? Kamu bisa Ajukan Eksklusif agar dapat penawaran kontrak Penulis Resmi. Jangan lupa, download aplikasi Cabaca untuk merasakan serunya jadi penulis novel online. [Asya]

download Cabaca


Mau baca novel genre lainnya? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy


Your subscription could not be saved. Please try again.
Kamu telah berhasil subscribe. Jangan lupa buat akun Cabaca ya!

Dapatkan e-book gratis dan promo menarik lainnya!