Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan. Apa saja persiapan yang sudah kalian lakukan? Apakah salah satunya mengumpulkan bacaan doa-doa puasa Ramadhan untuk sebulan?

Berdoa bisa dilakukan di mana maupun kapan saja. Allah Swt. berfirman dalam Al-Baqarah (2): 186, yang artinya: “Dan apabila hamba-Ku bertanya kepada-Mu (wahai Muhammad) tentang Aku, maka (sampaikanlah) sesungguhnya Aku dekat. Aku menjawab permohonan doa yang dipanjatkan kepada-Ku. Maka hendaklah mereka memenuhi perintah-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu mendapat petunjuk.”

Namun, dalam bulan suci yang hanya datang sekali dalam setahun ini, doa-doa akan lebih banyak terkabulkan. Itu dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh keistimewaan. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan, Rasulullah saw. pernah bersabda, “(Ada) tiga kaum yang doanya tidak akan ditolak: imam yang adil, orang yang puasa sampai dia berbuka, dan orang yang teraniaya.”

Maka, sudah seharusnya kita mulai berdoa baik-baik. Meminta ketetapan iman, dilancarkan rezeki, dilancarkan jodoh, diberi umur panjang, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga doa-doa yang bisa dilakukan dalam waktu tertentu dalam bulan Ramadhan. Berikut ulasannya:

1. Doa Saat Melihat Hilal

Hilal merupakan tanda permulaan datangnya bulan Ramadhan. Membaca doa ini merupakan hal sunah.

Allahumma ahillahu ‘alayna bilyumni wal iimaani was salaamati wal islaami. Robbii wa Robbukallah.

Artinya:

“Ya Allah, tampakkan bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabb-ku dan Rabb-mu (wahai bulan sabit) adalah Allah.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ad Darimi)

2. Doa Puasa Ramadhan

Pada bulan puasa, pada malam hari kita diwajibkan untuk mengucapkan niat puasa Ramadhan, bisa dilakukan dalam hati maupun diucapkan secara lisan. Hukum mengucapkan niat ini adalah wajib. Doa niat puasa adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaai fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta’ala.

Artinya:

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

3. Doa Supaya Terjaga Puasanya

Dalam berpuasa, akan ada banyak cobaan yang mendera, entah nafsu, mental, dan lain sebagainya. Untuk itulah, jangan lupa mengucapkan doa ini agar senantiasa diberi kelancaran oleh Allah Swt. Kalian bisa membaca doa ini di awal melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Wa bisawmi ghadinn nawaiytu min syahri Ramadhan.

Artinya:

“Sesungguhnya saya berniat untuk menjaga puasa hari ini di bulan Ramadhan.”

4. Doa Berbuka Puasa

Berdoa ketika berbuka puasa merupakan hal yang diajarkan Rasulullah saw. karena doa pada waktu ini termasuk dalam doa makbul. Jadi, perbanyaklah berdoa di waktu ini.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthartu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya:

“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Dan doa lainnya, yaitu:

Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, insyallah.

Artinya:

“Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.”

5. Doa Berbuka Puasa di Rumah Orang Lain

Pada bulan Ramadhan, kerap kali rekan kerja, saudara, kerabat, maupun teman mengajak berbuka bersama di rumah mereka. Nah, apabila kalian mengalaminya, ada doanya, loh…

Aftara ‘indakumus saa’imuna, wa akala ta’aamakumul-abraaru, wasallat ‘alaikumul mala’ikat.

Artinya:

“Semoga orang-orang yang berpuasa berbuka di sisimu dan orang-orang yang baik makan makananmu, serta malaikat mendoakannya, agar kamu mendapat rahmat.”

6. Doa Ketika Disajikan Makanan oleh Orang Lain

Apabila makanan untuk berbuka puasa kita disajikan orang lain, jangan lupa baca doanya, ya.

Allahumma barik lahum fiima rozaqnahum waghfirlahum warkhamhum.

Artinya:

“Ya Allah! Berilah berkah apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah dan belas kasihanilah mereka.”

7. Doa Apabila Diajak Makan Saat Berpuasa

Sering kali ada saja orang-orang yang membatalkan puasanya karena tidak bisa menahan lapar. Kalau kalian dihadapkan permasalahan seperti ini, sudah sewajarnya untuk ditolak.

I’zaa dui’ya akhdhukum falyujibh faingkanaa shaa I’man fal yushalli wa ingkaana muftiraan falyat’ um.

Artinya:

“Apabila seseorang di antara kamu diundang (makan) hendaklah dipenuhi. Apabila puasa, hendaklah mendoakan (kepada orang yang mengundang). Apabila tidak puasa, hendaklah makan.”

8. Doa Ketika Dicaci-maki Saat Berpuasa

Kita tidak akan pernah bisa mengerem omongan orang lain, selain orang lain itu sendiri. Apabila orang lain sengaja maupun tidak sengaja mencaci-maki kita, syabar saja, ya….

Innii shaaimun, Inni shaaimun.

Artinya:

“Sesungguhnya aku sedang berpuasa. Sesungguhnya aku sedang berpuasa.”

Hal tersebut berdasarkan hadits berikut ini:

“Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Inni shoo-imun, inni shoo-imun [Aku sedang puasa, aku sedang puasa]”. (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

9. Doa pada Malam Lailatul Qadr

Lailatul Qadr disebut malam seribu bulan, merupakan sebuah malam yang penuh keistimewaan. Di mana ketika kita beribadah dan ibadahnya diterima Allah Swt. Pahala yang kita dapatkan pun setara dengan ibadah seribu bulan.

Allahumma innaka ghafuwwun tukhibbul aafwaa faa’ fuanna.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku.”

Demikianlah, doa-doa puasa Ramadhan untuk sebulan penuh berpuasa. Semoga kita bisa mengamalkannya. Amin.

Selain membaca doa, isi waktu dengan membaca novel gratis yuk di Cabaca, terutama saat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka. Ada juga bacaan penuh hikmah seperti Hijrah in Progress yang bisa kamu baca gratis 100%. Nantikan pula buku-buku baru penyejuk rohani selama Ramadhan, hanya di Cabaca!

Unduh aplikasi Cabaca untuk baca novel lebih mudah di sini.