Cara Membuat Blurb Novel Yang Menarik – Seperti apa yang sudah disinggung di postingan sebelumnya, sinopsis dan blurb merupakan dua hal yang berbeda. Lebih mudahnya, blurb merupakan penjelasan singkat tentang isi buku, biasanya diletakkan pada cover belakang dan panjangnya hanya dua sampai tiga paragraf saja atau tergantung keperluan. Blurb bertujuan untuk memperkenalkan buku sekaligus sebagai alat daya tarik supaya calon pembaca mau membeli buku kita.

Dari situlah, blurb seharusnya dibuat semenarik dan seefektif mungkin. Biasanya pada penerbitan mayor, membuat blurb menjadi bagian dari pekerjaan tim redaksi. Akan tetapi, kalau penulis ingin berkreasi atau mungkin menerbitkan bukunya secara mandiri (self publishing), tak ada salahnya berlatih menulis blurb. Berikut merupakan cara membuat blurb novel yang bisa kalian terapkan.

Baca Juga: Cara Membuat Sinopsis Novel untuk Tim Redaksi

1. Kaitkan dengan Fenomena atau Isu Terkini

Salah satu cara supaya blurb novelmu menarik, yakni dengan mengaitkan isu terpanas. Pada sebuah novel kamu bisa kaitkan dengan isu memudarnya karakter, budaya, kearifan lokal, dan sisi liar pembaca. Tentunya dalam mengaitkan isu ini tidak boleh sembarangan. Memilih isu haruslah cerminan dari nsakah kalian. Apabila di dalam naskah kalian tidak bisa dihubungkan ke isu terpanas, tidak perlu khawatir karena masih ada banyak cara dalam menulis blurb.

2. Kutipan dari Naskah

Ini adalah cara menulis blurb yang paling mudah. Untuk memberikan kutipan naskah, kalian tidak boleh memilihnya secara asal. Kutipan dari naskah itu haruslah berisi adegan atau dialog yang akan menimbulkan rasa penasaran di benak pembaca. Bisa juga, diambilkan dari sebuah adegan yang genting, tetapi tidak menggambarkan keseluruhan cerita.

3. Tulislah dengan Padat

Dalam menulis blurb, janganlah bertele-tele, melainkan langsung kepada intinya. Usahakan juga untuk tidak mengulang kata-kata yang sama, kecuali preposisi. Pilih juga diksi yang membuat pembaca tertarik.

4. Promosi

Boleh juga untuk menyisipkan beberapa kata promosi untuk novel. Promosi ini bisa berisi kelebihan novelmu, kenapa novelmu layak dibaca, dan seterusnya. Contoh: "telah dibaca sekian juta kali" atau "sebuah novel yang memandang korupsi dari kacamata paling buram". Kalau menulis tema yang sudah banyak digarap, sisipkan perbedaan dalam novelmu yang tidak akan ditemui pembaca dalam novel lain atau tekankan pada sudut perbedaan novelmu.

Bagaimana? Apakah kalian sudah mengerti cara membuat blurb? Untuk lebih memudahkanmu dalam memahami, berikut kami suguhkan contoh blurb pada novel, yang ada di Cabaca.

Contoh Blurb Novel Devils Inside karya Belladonna Tossici

blurb novel Devils Inside

Baca novel Devils Inside selengkapnya di sini, GRATIS!

Contoh Blurb Novel Spoiler karya Rachmah Wahyu

blurb novel Spoiler

Baca novel Spoiler selengkapnya di sini, GRATIS!

Baca Juga: Cara Menjadi Penulis Resmi di Cabaca

Selain menulis blurb, sebagai penulis, kamu juga wajib tahu cara menulis sinopsis novel untuk dikirimkan ke penerbit. Hal tersebut merupakan skill penting, mengingat kamu sedang mengajukan naskah kepada 'calon investor' dari karyamu. Persiapkan sebaik mungkin dan jangan asal-asalan ya~

Untuk yang ingin mengirimkan naskah ke Cabaca, yuk baca dulu semua cerita favoritmu di Cabaca. Tujuannya agar kamu dapat gambaran naskah semacam apa yang digemari pembaca. Download aplikasi Cabaca di Play Store dari smartphone kamu sekarang!

Sudah pakai aplikasi Cabaca belum? Tersedia di Play Store lho!