Cara Membuat Blurb Novel yang Menarik

Cara Membuat Blurb Novel yang Menarik
Photo by Peter Ivey-Hansen / Unsplash

Cara Membuat Blurb Novel yang Menarik – Jika kamu adalah penulis yang baru belajar nulis, ini lho cara bikin blurb novel supaya pembaca tertarik baca ceritamu.

Apa Itu Blurb?

Blurb adalah penjelasan singkat tentang isi buku, biasanya diletakkan pada cover belakang dan panjangnya hanya dua sampai tiga paragraf saja atau tergantung keperluan.

Blurb bertujuan untuk memperkenalkan buku sekaligus sebagai alat daya tarik supaya calon pembaca mau membeli buku kita.

Jika naskahmu melalui proses editorial atau terbit mayor, biasanya kita nggak perlu repot-repot bikin blurb karena pihak penerbit yang biasanya akan membuatnya. Tentu saja berdasarkan pertimbangan unique selling point, selera pembaca, kesesuaian dengan sampul, dan lain-lain.

Perbedaan Blurb dan Sinopsis

Karena itulah, blurb berbeda dengan sinopsis. Blurb ditujukan kepada pembaca dalam rangka promosi, sedangkan sinopsis adalah ringkasan dari sebuah novel. Pada blurb, kita disarankan merahasiakan ending dan membuat pembaca ingin tahu bagaimana konflik dan akhir ceritanya, maka pada sinopsis terutama untuk tim redaksi, ending tidak boleh dirahasiakan.

Secara jelasnya, kamu dapat melihat dari tabel berikut ini ya!

tabel perbedaan blurb dan sinopsis

Baca Juga: Kenapa Oktober Menjadi Bulan Bahasa?

Cara Membuat Blurb Novel

Sedang ingin cari cara trik memikat pembaca dari blurb novel? Perhatikan langkah-langkah di bawah ini ya.

1. Kaitkan dengan Fenomena atau Isu Terkini

Salah satu cara supaya blurb novelmu menarik, yakni dengan mengaitkan isu terpanas. Pada sebuah novel kamu bisa kaitkan dengan isu memudarnya karakter, budaya, kearifan lokal, dan sisi liar pembaca. Tentunya dalam mengaitkan isu ini tidak boleh sembarangan. Memilih isu haruslah cerminan dari naskah kalian. Apabila di dalam naskah kalian tidak bisa dihubungkan ke isu terpanas, tidak perlu khawatir karena masih ada banyak cara dalam menulis blurb.

2. Kutipan dari Naskah

Ini adalah cara menulis blurb yang paling mudah. Untuk memberikan kutipan naskah, kalian tidak boleh memilihnya secara asal. Kutipan dari naskah itu haruslah berisi adegan atau dialog yang akan menimbulkan rasa penasaran di benak pembaca. Bisa juga, diambilkan dari sebuah adegan yang genting, tetapi tidak menggambarkan keseluruhan cerita.

3. Tulislah dengan Padat

Dalam menulis blurb, janganlah bertele-tele, melainkan langsung kepada intinya. Usahakan juga untuk tidak mengulang kata-kata yang sama, kecuali preposisi. Pilih juga diksi yang membuat pembaca tertarik.

4. Promosi

Boleh juga untuk menyisipkan beberapa kata promosi untuk novel. Promosi ini bisa berisi kelebihan novelmu, kenapa novelmu layak dibaca, dan seterusnya. Contoh: "telah dibaca sekian juta kali" atau "sebuah novel yang memandang korupsi dari kacamata paling buram". Kalau menulis tema yang sudah banyak digarap, sisipkan perbedaan dalam novelmu yang tidak akan ditemui pembaca dalam novel lain atau tekankan pada sudut perbedaan novelmu.

Baca Juga: Cara Membuat Sinopsis Novel untuk Tim Redaksi

Sudah cukup tercerahkan ya? Semoga dengan artikel ini, kamu tidak bingung lagi untuk tahu cara menulis blurb yang disukai pembaca. Ingin jadi penulis di Cabaca? Yuk, simak cara kirim naskah ke Cabaca. Pastikan sudah unduh aplikasi Cabaca yuk di Play Store ya agar tahu novel-novel apa yang laris dan disukai pembaca. Dapatkan aplikasinya sekarang. [Lisma]

Cabaca tersedia di Play Store, unduh sekarang!


Ingin baca novel genre lainnya? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy