Apa Itu Sinonim dan Contoh Kata Sinonim

Apa Itu Sinonim dan Contoh Kata Sinonim
Photo by Elena Kloppenburg / Unsplash

Apa Itu Sinonim dan Contoh Kata Sinonim –  Sudahkah kamu tahu mengenai apa itu sinonim? Seberapa pentingnya sinonim dalam kepenulisan? Dan bagaimana contoh-contohnya. Berikut seputar sinonim yang harus kamu ketahui.

Pengertian Sinonim

Berdasarkan definisi, perbedaan sinonim dan antonim berada pada fungsinya. Kalau antonim adalah lawan kata, maka sinonim merupakan persamaan kata.

Sinonim diambil dari bahasa Yunani Kuno yaitu syn (dengan) dan onoma (nama). Menurut Cruse, sinonim adalah dua kata atau lebih yang memiliki makna sama. Sedangkan Verhaar berpendapat bahwa sinonim adalah ungkapan (kata, frasa, dan kalimat) yang maknanya kurang lebih sama dengan makna ungkapan lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan sinonim sebagai bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain. Palmer (1993) membagi sinonim ke dalam beberapa kategori, misalnya:

  1. Sinonim bisa berasal dari bahasa asing atau daerah. Misalnya: konde (bahasa daerah) yang bersinonim dengan sanggul (bahasa Indonesia). Ada lagi contohnya: domisili-kediaman atau khawatir-gelisah.
  2. Penggunaan sinonim tergantung dari laras bahasa. Contoh: mati, meninggal, dan wafat. Jika menggunakan benda atau misal tergolong hewan, penggunaan yang tepat adalah mati. Begitu juga dengan meninggal atau wafat, lebih tepat digunakan untuk merunjuk kepada manusia maupun konteks yang lebih halus.
  3. Sinonim dapat mempunyai perbedaan makna emotif, tapi makna kognitif sama, misalnya negarawan dan politikus; ningrat dan feodal.
  4. Sinonim pemakaiannya terbatas dan tidak dapat saling menggantikan. Misalnya: busuk, basi, tengik, asam, dan apak. Kelima kata tersebut mempunyai makna sama, yaitu terkesan buruk. Namun, dalam penerapannya, tengik biasanya digunakan untuk makanan yang berasa atau berbau tidak sedap. Begitu pula dengan asam, yang umumnya disebut untuk memperjelas keasaman sesuatu.
  5. Sinonim bermakna tumpang tindih. Contoh kata sinonim, seperti: bumbu dan rempah-rempah; bimbang, cemas, dan sangsi.

Dalam praktiknya, memang tidak semua orang bisa mempunyai pembendaraan yang cukup sehingga kesulitan dalam mencari padanan kata. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan kamus tesaurus.

Kamu bisa membelinya di toko buku. Ada kamus dalam ukuran kecil dan juga berukuran besar, yang mana pastinya akan lebih lengkap.

Namun, kalau kamu menginginkan fleksibelitas di zaman kemajuan teknologi ini, kamu bisa mensiasatinya dengan membuka website https://tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/ atau mengunduh aplikasi Tesaurus di Google Play. Kemudahan dalam pengoperasian ini akan membantumu dalam menyempurnakan naskahmu. Terlebih lagi, aplikasinya juga tidak berbayar.

Mirip sekali dengan aplikasi Cabaca, yang selalu berkembang untuk memberikan bacaan-bacaan menarik bagi pembaca novel digital. Di Cabaca pun, kamu bisa mengakses banyak novel secara gratis dan tidak perlu ketentuan rumit.

Manfaat Sinonim

Sinonim mempunyai banyak sekali manfaat yang berguna untuk kepenulisanmu. Apabila dijabarkan, manfaat sinonim terdiri dari:

  1. Menggunakan sinonim akan membuat tulisanmu semakin bervariasi. Variasi dari adanya kata-kata membuat penulisnya tampak seperti orang yang sudah kenyang akan bahan bacaan. Beda kiranya dengan orang yang menulis dengan persamaan kata, akan terkesan sebagai orang yang kurang suka membaca.
  2. Ibaratnya sebuah lagu, apabila tidak berima dan tidak mempunyai gejolak-gejolak, akan terasa begitu monoton. Begitu pula dengan sebuah karya sastra. Jika tidak menggunakan sinonim atau padanan kata, akan membuat karyamu menjadi tulisan yang flat. Karena bagaimanapun, kekuatan dari sebuah novel adalah pemilihan kata-katanya. Sebuah kata yang tepat dan sesuai, akan sampai juga di hati pembacanya.
  3. Sinonim yang digunakan dengan tepat, akan membuat tulisanmu enak dibaca. Tulisan yang enak dibaca akan membuat pembaca untuk mengklik dari satu bab ke bab lainnya. Akibat positifnya apa? Komisimu akan bertambah dan kamu bisa menarik uangnya setiap bulan. Penulis Cabaca ada yang seperti ini, loh.
  4. Menunjukan bahwa kamu termasuk dalam kategori penulis yang memiliki pembendaharaan kata yang banyak.
  5. Menghidupkan ceritamu karena apa yang ingin kamu sampaikan tergambarkan dengan jelas sehingga komunikasi juga searah.
  6. Menyesuaikan kebutuhan (konsep) yang akan kamu sampaikan kepada pembaca.  

Contoh Kalimat Sinonim

Dari pengertian di atas, sudahkah kamu mengerti tentang sinonim? Apabila belum, coba cermati paragraf di bawah ini.

Lina menyukai fotografi. Jadi, dia pun membidik banyak foto. Foto itu akan dia taruh berjejer di dinding. Pagi ini, dia melihat foto-fotonya. Ada foto orang yang sedang berjongkok. Foto papanya yang sedang tersenyum. Juga termasuk foto dua manula berpegang tangan di bawah pepohonan. Bagi Lina, foto merupakan jantung hidupnya. Tanpa foto, hidupnya mungkin tidak akan bahagia. Lina berharap dia bisa mengumpulkan foto-foto sepanjang hidupnya.

Paragraf dibuat dengan sekilas, jadi memang terkesan tell. Namun, coba amati, ada berapa banyak kata foto dalam paragraf di atas? Jika dibaca secara seksama, kesan apa yang timbul kepadamu?

Saya yakin, kamu akan merasa ada sesuatu yang kurang mengena di hati, bukan? Apalagi kalau paragrafnya dibaca editor, dijamin naskahmu akan ditolak mentah-mentah. Karena sudah tidak memenuhi keefektifan dalam kepenulisan.

Maka, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sinonim. Cara pertama adalah tentukan terlebih dahulu, kata apa yang boros di sana. Kemudian carilah padanan katanya.

Pada paragraf di atas, kata yang bisa direvisi adalah foto. Apa sajakah sinonimnya? Foto mempunyai sinonim, yakni: gambar dan potret.

Lina menyukai fotografi. Jadi, dia pun membidik banyak foto. Potret itu akan dia taruh berjejer di dinding. Pagi ini, dia melihat foto-fotonya. Ada gambar orang yang sedang berjongkok. Foto papanya yang sedang tersenyum. Juga termasuk potret dua manula berpegang tangan di bawah pepohonan. Bagi Lina, membidik gambar merupakan jantung hidupnya. Tanpa foto, hidupnya mungkin tidak akan bahagia. Lina berharap dia bisa mengumpulkan potret-potret sepanjang hidupnya

Perhatikan perbedaan kedua paragraf. Terkesan berbeda, bukan? Apalagi kalau paragrafnya dibuat lebih showing dan lebih efektif lagi. Mau adegan apa pun dalam novelmu, pasti akan terbaca lebih indah. Dengan demikian, pembaca pun akan senang dan merekomendasikan ceritamu kepada pembaca-pembaca lainnya.

Berikut merupakan beberapa contoh dari sinonim:

  • Ahli = pakar
  • Akselerasi = percepatan
  • Akurat = saksama
  • Andal = tangguh
  • Anemia = kurang darah
  • Anjung = panggung
  • Antagonis = berlawanan
  • Anulir = abolisi
  • Aplikasi = pelaksanaan
  • Boga = makanan
  • Dominasi = penguasaan
  • Donasi = bantuan
  • Dosis = takaran
  • Eksibisi = pertunjukan
  • Ekspansi = perluasan
  • Elaborasi = penjelasan terperinci
  • Fauna = hewan
  • Forum = lembaga
  • Fenomena = kenyataan
  • Flora = tanaman
  • Hayati = hidup
  • Hedonisme = hura-hura
  • Injeksi = suntik
  • Klimaks = titik puncak
  • Krusial = penting
  • Misteri = rahasia

Baca Juga: Apa Itu Antonim dan Contoh Kata Antonim

Kamu sudah mengetahui mengenai apa itu sinonim. Dengan mempelajari teknik ini, akan membuat tulisanmu bertambah bagus. Selain sibuk menulis, cobalah untuk memperbanyak membaca. Karena dengan membaca, tulisanmu akan menjadi lebih bervariasi dan semakin mengalir. Karena bagaimanapun, membaca merupakan asupan gizi untuk kepenulisan. Yuk, isi harimu dengan bacaan novel berkualitas di Cabaca. Dengan install aplikasi Cabaca, kamu bisa mendapatkan novel-novel baru setiap harinya. Kamu pun bisa baca gratis yang programnya tersedia hanya di aplikasi. Jangan lupa install ya! [Lisma]

Jadi penulis Cabaca untuk mendapatkan tambahan penghasilan.


Cari novel murah? Cek genre novelnya di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy