5 Novel dengan Latar Pergerakan Mahasiswa yang Wajib Dibaca

5 Novel dengan Latar Pergerakan Mahasiswa yang Wajib Dibaca

5 Novel dengan Latar Pergerakan Mahasiswa yang Wajib Dibaca – Menjadi mahasiswa adalah pengalaman terbaik. Berikut ini novel tentang mahasiwa yang wajib kamu baca.

Novel Tentang Pergerakan Mahasiswa

Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. Karena novel merupakan cerminan masyarakat, ada banyak novel yang mengangkat kehidupan mahasiswa di dalamnya, mulai dari cerita yang lucu hingga novel dengan nuansa pergerakan. Judul-judul berikut adalah novel mahasiswa yang direkomendasikan.

1. Catatan Seorang Demonstran

Sumber: goodreads.com

Sebagian dari kamu mungkin sudah menonton versi filmnya yang diperankan oleh Nicholas Saputra. Buku ini menyoroti kehidupan Soe Hok Gie, seorang aktivis mahasiswa yang lahir di keluarga keturunan Tionghoa. Dikenal sebagai sosok yang tak kenal kompromi, ia sering menulis artikel yang berisikan kritikan terhadap pemerintah yang waktu itu dipimpin oleh Presiden Soekarno. Sejak itu, Gie mulai mendapatkan teror dari berbagai pihak.

2. Laut Bercerita

Sumber: goodreads.com

Novel karya Leila S. Chudori ini bercerita tentang keluarga dan sekumpulan sahabat yang merasakan kehilangan. Di dalamnya terdapat dua bagian. Bagian pertama mengambil sudut pandang seorang mahasiswa aktivis bernama Laut. Di sini kita diperlihatkan bagaimana Laut dan teman-temannya menyusun rencana pergerakan, sembunyi dalam pelarian, hingga tertangkap oleh pasukan rahasia. Sedangkan bagian keduanya mengisahkan Asmara, adik Laut. Kurang lebih bagian kedua mewakili perasaan keluarga korban penghilangan paksa para aktivis di era Orde Baru. Di sini tergambar jelas bagaimana pencarian kerabat mereka yang tak pernah kembali.

3. Matahari Merah Bulan Mei

Sumber: goodreads.com

Berlatar perjuangan Mei 1998, novel dengan latar pergerakan mahasiswa yang satu ini menceritakan Andreans dan kawan-kawannya yang bergabung dalam gerakan aktivis yang meminta Presiden Soeharto mundur. Waktu itu Andreans pun kaget saat mengetahui Mei, mahasiswi keturunan Cina yang didambanya, mengalami hal tidak menyenangkan. Apakah perjuangan reformasi itu berhasil? Bagaimana nasib Andreans dan sembilan rekannya pasca-reformasi?

4. Lelaki di Tengah Hujan

Sumber: goodreads.com

Masih mengangkat peristiwa Mei 1998, novel sejarah ini berkisah tentang Bujang Parewa, mahasiswa UNS yang masuk dalam gelombang mahasiswa yang mencoba menentang kekuasaan Rezim Orde Baru. Bujang Parewa menyadari, kekuatan mahasiswa tidak sebesar itu. Menggabungkan kekuatan mahasiswa dengan buruh dan seluruh rakyat adalah satu-satunya langkah yang harus ditempuh.

5. Sembilu Mei

novel terbaru di Cabaca

Tragedi '98 membuat banyak orang mengalami perubahan besar dalam hidup, terutama bagi warga keturunan Tionghoa seperti Awan. Perubahan itu juga yang memaksa Awan untuk memilih tetap bersama Sukma, gadis yang menolongnya atau kembali ke pelukan Jingga, perempuan yang selama ini mengisi hatinya.

Bukan pilihan yang mudah. Apalagi ketika kehidupan di masa lalu ikut mengambil bagian. Ketika akhirnya semua orang harus menjatuhkan pilihan, cinta manakah yang akan dipilih?

Baca Juga: 10 Novel tentang Kehidupan Kampus yang Perlu Dibaca Sebelum Ospek

Ternyata banyak juga ya cerita mahasiswa yang menarik untuk dibaca? Yuk, baca novel indonesia terbaru di aplikasi Cabaca. Selain sudah dikurasi oleh tim redaksi. Cabaca merupakan platform baca novel digital yang menawarkan novel berkualitas dengan harga terjangkau. Cukup Top Up Kerang Rp5 ribu saja, kamu bisa baca novel Indonesia terbaik melalui ponsel kamu. Gak perlu pakai lama, yuk download aplikasi Cabaca di Play Store. [Asya]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Platform baca novel online di Indonesia


Suka baca novel online? Cek pilihan genre di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy