Sinopsis Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Sinopsis Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Sinopsis Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata –  Sudah pernah baca salah satu novel terpopuler Indonesia yang satu ini? Coba cari tahu ceritanya melalui sinopsis novel Laskar Pelangi berikut ini.

sumber: kampungilmubojonegoro.or.id

Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Beberapa tahun lalu novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata booming di pasaran, baik buku dan filmnya sangatlah best seller.

Judul novel ini sangatlah menarik. Inti ceritanya tentang sepuluh anak yang berjuang untuk bisa bersekolah di desa pedalaman. Semangat mereka dalam menuntut ilmu itulah, yang membuat mereka layak untuk dicontoh. Berikut ulasan mengenai novel Laskar Pelangi.

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Laskar Pelangi ini pertama kali terbit tahun 2005 oleh penerbit Bentang Pustaka. Novel ini tidak hanya diterbitkan di dalam negeri, melainkan juga luar negeri. Apabila ditotal sampai saat ini, Laskar Asing telah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa asing, terbit dalam 22 bahasa dan beredar di 130 neraga.

Kisahnya dimukai dari sekumpulan anak-anak SD di kampung Gantung, Kepulauan Bangka Belitung. Kesepuluh anak itu bernama Ikal, Lintang, Sahara Aulia Fadillah, Mahar Ahlan, Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman atau A Kiong, Syahdan Noor Aziz, Samson atau Borek, Mukharam Kudai Khairani, Trapani Ihsan Jamari dan Harun Ardhili Ramadhan. Pas masa sekolah sudah dimulai, mereka juga mendapat murid pindahan dari SD PN Timah bernama Flo.

Tempat SD mereka bernama SD Muhammadiyah Gantung. Guru mereka Bu Muslimah dan Pak Harfan, sangat menyayangi mereka.

Awal novel, penulis akan mengajakmu untuk melihat kegentingan di sekolah Muhammadiyah Gantung. Pasalnya sekolah tersebut terancam akan ditutup apabila muridnya tidak menyentuh angka sepuluh.

Jadi, pagi itu, ketika murid-murid hanya sebanyak sembilan orang, semua orang tampak cemas. Waktu semakin siang, murid kesepuluh tidak kunjung datang. Para dewan guru sudah menghela napas panjang. Mereka mencoba untuk berlapang dada, barangkali ini merupakan akhir dari sekolah mereka.

Hingga, mereka dapat tersenyum kembali saat seorang murid baru akhirnya datang. Murid itu bernama Harun Ardhli Ramadhan. Anak laki-laki ini diceritakan mengalami keterbelakangan mental. Meski begitu, Harun punya semangat tinggi dalam bersekolah.

Hari-hari aktif belajar pun dimulai. Di sekolah saat proses belajar-mengajar berlangsung, Bu Muslimah dan Pak Harfan mengajar anak-anak itu dengan kasih sayang dan penuh kesabaran. Segitu sayangnya dengan murid-muridnya, mereka pun menjuluki sebagai “Laskar Pelangi”.

Dalam proses belajar itu mereka membuktikan bahwa meski sekolah dari SD pendalaman pun, mereka tetap bisa meraih cita-cita. Akhirnya, mereka memenangi beberapa lomba dan anak-anak lebih semangat belajar.

Itulah sinopsis Laskar Pelangi yang bisa kamu baca di kala waktu luang. Bacalah membaca dari karya-karya terkenal supaya menambah referensimu.

Analisis Novel Laskar Pelangi

Barangkali kamu akan berpikir, apa sih yang membuat novel ini begitu digandrungi? Pada kala itu, jarang sekali novel yang mengangkat tema persahabatan anak-anak dalam menuntut ilmu. Jadi, ketika novel ini beredar banyak masyarakat tersentuh hatinya.

Barangkali memang tidak ada definisi tepat mengenai apakah sebuah novel ini atau itu layak menjadi best seller, karena setiap dari kita mempunyai selera bacaan masing-masing. Kita tidak bisa menentang selera bacaan setiap manusia dengan mengatakan kalau novel yang kita baca lebih bagus. Begitulah yang terjadi dengan Laskar Pelangi. Novel yang mempunyai gaya bahasa sederhana ini disukai oleh banyak pembaca, sehingga best seller.

Selain itu, Laskar Pelangi juga bisa dibilang punya kearifan lokal yang kental. Hal yang belum banyak dieksplorasi oleh penulis kala itu.

Unsur Intrinsik Novel Laskar Pelangi

Kesuksesan sebuah novel erat kaitannya dengan unsur intrinsik yang dibangun. Unsur-unsur inilah yang menjadi satu-kesatuan dalam suatu novel. Berikut ini merupakan unsur intrinsik novel Laskar Pelangi yang perlu kamu ketahui.

  1. Tema: semangat dalam menuntut ilmu dan persahabat antar siswanya yang erat.
  2. Penokohan:
  • Ikal: Paling pintar. Pandai dalam bidang sastra dan suka menuliskan puisi.
  • Lintang: Si jenius, anak dari keluarga nelayan miskin. Dia semangat dalam menuntut ilmu, tapi kenyataan menamparnya dengan keras bahwa dia harus menjadi tulang punggung di usia yang masih kecil.
  • Sahara: Satu-satunya anak perempuan di Laskar Pelangi (sebelum anak baru datang). Sahara mempunyai sifat keras kepala, berpendirian kuat, dan ramah.
  • Mahar: Berwajah tampan, agak kurus, sangat berbakat dalam bidang seni.
  • A Kiong: Keturunan Tionghoa. Dia baik hati dan suka menolong.
  • Syahdan: Dia mempunyai cita-cita untuk menjadi aktor dan bekerja keras untuk mewujudkan keinginan itu.
  • Kucai: Si ketua kelas yang penglihatannya kabur.
  • Borek: Paling kuat dan terlihat macho.
  • Trapani: Tampan dan baik hati, sayangnya anak mama.
  • Harun: Mempunyai sifat jenaka.

3. Plot atau Alur Cerita: Buat yang penasaran bagaimana alur dalam novel Laskar Pelangi? Alur yang digunakan adalah alur maju. Kisah diawali dari perjuangan mereka dalam bersekolah, lalu ketika mereka sudah mulai beranjak dewasa dan mempunyai jalan hidup masing-masing. Sedangkankan untuk plotnya sangat berkesinambungan. Pada beberapa bagian, kamu akan terkejut karena adanya plot twist.

4. Latar Tempat: Sekolah Dasar Muhammadiyah, kampung Gantung, di bawah pohon, dan di dalam gua.

5. Latar Suasana: menyenangkan, menegangkan, dan mengharukan.

6. Sudut Pandang: Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah sudut pandang pertama (Ikal sebagai pelaku utama)

7. Amanat: Berjuanglah dengan gigih untuk mencapai cita-cita supaya kamu nantinya tidak menyesal. Karena dengan sikap tidak mudah pesimis, akan membuat masa depanmu menjadi lebih cerah.

Kutipan dalam Laskar Pelangi

Kamu sudah membaca sinopsis dan unsur intrinsik dari cerita Laskar Pelangi full. Bagaimana apakah sudah tertarik untuk membacanya?

Salah satu faktor yang membuat Laskar Pelangi menjadi novel inspiratif adalah karena bahasanya indah. Berikut merupakan kutipan dalam novel Laskar Pelangi:

  1. Sepertinya setiap makhluk yang merasa dirinya cantik memang cenderung menjaga jarak.
  2. Inilah kehidupan pahit dunia nyata. Begitu banyak seniman bagus yang hidup diantara orang-orang seni. Lingkungan umumnya tak memahami mereka dan lebih parah lagi, tanpa beban berani memberi komentar seenak udelnya.
  3. Jika hati kita tulus berada di dekat orang berilmu, kita akan disinari pancaran pencerahan, kepintaran pun sesungguhnya demikian mudah menjalar.
  4. Itulah susahnya jadi pembual, sekali mengajukan kebenaran hakiki diantara seribu macam dusta, orang akan menganggap kebenaran itu sebagai salah satu dari kebohongan lainnya.
  5. Memang amanah sebagai pemimpin memang berat, tapi jangan khawatir, banyak orang yang akan mendoakan. Tidakkah ananda sering mendengar di berbagai upacara petugas sering mengucap doa: Ya Allah, lindungilah para pemimpin kami? Jarang sekali kita mendengar doa: Ya Allah lindungilah anak-anak buah kami.

Baca Juga: Sinopsis Novel Salah Asuhan Karya Abdul Muis

Sudah tahu cerita Laskar Pelangi? Yuk baca lebih lengkap dengan beli novel orisinalnya, jangan cari Laskar Pelangi pdf yang bajakan!

Nah, sekarang membaca novel tidaklah susah lagi. Kamu bisa cari novel Indonesia terbaru kapan pun dan di manapun. Install saja aplikasi Cabaca dan kamu bisa membaca sesuka hatimu. Jangan lewatin kesempatan baca novel legal hanya dengan Rp5 ribu. Install sekarang ya! [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Situs baca novel online di Indonesia


Cari baca novel genre apa? Cek dulu di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy