Sinopsis Novel Hello Tere Liye

Sinopsis Novel Hello Tere Liye

Sinopsis Novel Hello Tere Liye – Ada banyak novel Tere Liye yang best seller. Salah satunya adalah yang berjudul Hello. Novel Hello Tere Liye tentang apa, sih? Novel ini bercerita tentang kisah cinta yang tak mendapat restu orang tua. Berikut adalah ulasannya.

Sinopsis Novel Hello Tere Liye

Novel Hello diterbitkan sekitar tanggal 9 April 2023 di penerbit Sabak Grip. Sampul bukunya yang manis membuat semua pembaca ingin membelinya.

Tidak hanya sampulnya saja yang manis, melainkan kisah yang berada di dalam buku ini. Hello akan mengantarkanmu untuk menyelami kenangan yang pernah ada dalam kehidupan manusia.

Kisah dibuka dengan sosok Ana, seorang perempuan muda yang mempunyai sikap ambisius dan kepribadian teguh. Ana sangat suka merancang bangunan. Hingga pada suatu hari, dia mendapatkan tawaran merenovasi rumah milik milik Ibu Hesty.

Proses persiapan renovasi pun Ana lakukan. Dari proses tersebut, Ana mengetahui kenangan-kenangan yang berserakan di sana. Keluarga Ibu Hesty memang sangat kaya dan mereka keturunan ningrat.

Secara tidak langsung, Ana mengetahui bagaimana kisah hidup Hesty, mulai dari dia yang masih bayi, remaja, dewasa, sampai tentang seorang anak laki-laki yang lahir di hari yang sama.

Anak laki-laki itu bernama Tigor. Selain lahir hampir persamaan, mereka juga tinggal di lingkungan sama. Hanya saja, mereka berada di kasta dan tingkat sosial yang berbeda.

Jika Hesty merupakan anak turunan orang kaya, Tigor adalah kebalikannya. Orang tua bekerja sebagai pembantu dan sopir di keluarga Hesty. Mereka hidup bagaikan bumi dan langit.

Hesty mendapatkan segala fasilitas mewah, dari pendidikan, baju sampai makanan. Sedangkan Tigor sangatlah sederhana, khas dari kalangan orang menengah ke bawah.

Meskipun demikian, mereka bersahabat baik. Hesty dan Tigor saling melindungi dan memiliki. Lambat laun, cinta memekar di hati kedunya.

Namun, hidup selalu hadir dengan kenyataannya. Kisah cinta mereka, tidaklah dapat bersama karena pertentangan orang tua, terlebih dari sisi Hesty.

Perbedaan status adalah alasan dari orang tua Hesty. Mereka menginginkan Hesty mendapatkan orang paling terbaik dan menjadikan Hesty menjadi wanita tidak kekurangan apa pun.

Lalu bagaimana akhir dari kisah ini? Benarkah kenangan yang dihancurkan tidak akan pernah muncul kembali? Kamu bisa membaca kelanjutan kisahnya dengan membaca Hello.

Tokoh Novel Hello Tere Liye

Walaupun sisi yang bercerita dalam novel ini adalah Ana, tapi Ana bukanlah tokoh utamanya. Ana hadir di sana sebagai narator dari kisah cinta Hesty dan Tigor.

Selain mereka bertiga, berikut merupakan tokoh-tokoh lain dan wataknya.

  1. Ana: Berkepribadian tangguh dan ambisius
  2. Hesty: Tidak takut keluar dari zona nyaman, sangat penyayang, dan periang
  3. Rita: Ambisius dan penyayang
  4. Laras: Ambisius dan cuek
  5. Ibu Ida: Baik dan tahu diri
  6. Mang Deni: Setia dan pejuang
  7. Raden Wijaya: Keras kepala, berpendirian teguh, teguh, dan visioner
  8. Patrisia Helenan: Sosok yang lembut dan penuh kasih sayang

Karena perbedaan karakteristik yang kuat inilah, membuat Hello menjadi novel berwarna. Tere Liye memang andal dalam menciptakan tokoh-tokoh yang diingat oleh para pembacanya.

sumber: id.carousell.com

Amanat Novel Hello Tere Liye

Cinta sejati, pernahkah kamu memercayainya? Kebanyakan orang pasti berkata tidak. Dia adalah cinta sejati di dunia ini. Adakalanya, kita hanya menikah karena memang dialah yang cocok untuk kita. Namun, cinta sejati adalah hal sukar untuk masuk ke akal pikiran manusia, terlebih kepada yang sering disakiti.

Hanya saja, dalam Hello kita pembaca diajak untuk menyelami arti cinta sejati. Cinta sejati memang tidak harus pada detik ini saja untuk menemani kita, melainkan juga akan menemukan caranya sendiri untuk kembali.

Begitu pula yang terjadi dengan kisah cinta Hesty dan Tigor. Walaupun semua orang mencegah untuk bersatunya mereka, tapi semesta mempunyai cara tersendiri supaya bisa menyatukan mereka lagi.

Memang perkara cinta merupakan hal pelik. Kadang kita merasa bahwa seseorang adalah cinta sehidup semati kita, tapi kenyataan kemudian menghancurkan semua itu dengan menunjukannya berselingkuh. Kadang juga kita merasa bahwa seseorang bukanlah orang yang pantas untuk kita cintai, padahal dia adalah orang terbaik.

Apa yang bisa kita lakukan di hadapan cinta? Tidak lagi adalah mengikuti arusnya. Lakukan apa yang menurutmu terbaik di detik dan saat ini. Kalaupun seseorang memang ditakdirkan untukmu, dia akan kembali dengan caranya sendiri, yang kita sendiri pun tidak tahu bagaimana caranya.

Analisis Novel Hello Tere Liye

Hal unik dalam novel Hello adalah cara pengambilan sudut pandang penceritaan. Kebanyakan penulis Indonesia, menuliskan buku-bukunya dengan rumus, jika memakai POV 1, tokoh utamanya adalah POV 1.

Padahal kenyataannya, POV 1 bisa dieksplorasi lagi, contohnya dalam novel Hello karya Tere Liye. Penutur dari seluruh kisah di novel ini barangkali adalah Ana, tapi tokoh utamanya Hesty serta Tigor.

Apabila tokoh Ana diganti, novel ini pasti tetap terjalin dengan apik, karena Ana bukanlah tokoh utama. Namun, bila Hesty dan Tigor ditiadakan, novel ini tidaklah menjadi Hello, tapi akan menjadi naskah lain. Inilah uniknya dari POV 1 sebagai narator.

Selain itu, kelebihan lainnya dari karya-karya Tere Liye yaitu mempunyai gaya bahasa mengalir dan tidak bertele-tele. Sehingga bagi pembaca-pembaca awam, mereka tetap mengerti maksud dari cerita yang disampaikan. Orang-orang pun merasa nyaman untuk membaca novel Hello sampai akhir.

Alur yang dibangun juga tampak runut dan padat. Cerita dikisahkan begitu apa adanya. Tidak ada yang terlalu dipanjang-panjangkan maupun dipendek-pendekan. Semuanya dalam porsi pas.

Latar yang ada juga sangat kuat. Setiap elemen dalam latar novel ini bisa dibilang punya andil terhadap keindahan dalam novel Hello. Latar memang mempunyai pengaruh sebesar itu di dalam sebuah novel.

Kemudian pada akhirnya, setiap novel akan berakhir. Akhir dari Hello sangatlah apik. Plot twist yang ada di sini membuat pembaca akan tercengang. Dari plot twist ini mampu menggetarkan hati pembacanya.

Memang dalam sebuah karya sastra termasuk novel, tidak bisa dipungkiri bahwa ada bagian-bagian yang bisa diperbaiki di penulisan selanjutnya. Setiap novel juga tidak bisa memuaskan seluruh pembacanya.

Selayaknya siang-malam, dingin-panas, akan ada yang tidak menyukai buku-buku kita, sekalipun buku tersebut best seller semacam buku-buku Tere Liye.

Tere Liye saja karyanya ada yang tidak suka, bagaimana dengan kita, sebagai penulis pemula? Apa pun itu, setidaknya setiap dari kita sudah berusaha untuk menuliskan karya-karya kita sebaik-baiknya. Bawa santai saja dan terus berkarya. Jika kamu tidak bisa memuaskan semua orang, puaskan karyamu untuk dirimu.

Baca Juga: 6 Cerita Tentang Kesehatan Ini Bikin Kita Jadi Bersyukur

Sekarang membaca novel tidak perlu susah lagi. Kamu hanya perlu install aplikasi Cabaca untuk baca novel online terbaru setiap harinya. Bersama Cabaca, mari kita dukung dan berkarya bersama untuk menciptakan bacaan-bacaan berkualitas bagi pembaca di negeri ini. Jangan lewatkan kesempatan baca novel gratis setiap hari dengan program Jam Baca Nasional yang hanya ada di aplikasi serta dapatkan promo menarik lainnya! [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Cari novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy


Your subscription could not be saved. Please try again.
Kamu telah berhasil subscribe. Jangan lupa buat akun Cabaca ya!

Dapatkan e-book gratis dan promo menarik lainnya!