Ringkasan Cerita Keong Mas Lengkap!

Ringkasan Cerita Keong Mas Lengkap!

Ringkasan Cerita Keong Mas Lengkap! – Cerita rakyat Indonesia tidak hanya Roro Jonggrang. Namun, ada juga yang paling terkenal dan sukar untuk digantikan. Judulnya adalah Keong Mas. Sudahkah kamu tahu ceritanya? Berikut merupakan cerita Keong Mas lengkap.

Ringkasan Cerita Keong Mas

Keong Mas termasuk dalam lakon cerita panji. Cerita tumbuh dan berkembang di wilayah Jawa, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Barangkali kamu bertanya-tanya. Cerita panji itu apa, sih? Cerita panji merupakan kumpulan cerita yang berasal dari Jawa periode klasik, yakni sekitar tahun 1042-1222 atau dikenal juga sebagai era kerajaan Kediri.

Disebut sebagai cerita panji karena isinya adalah mengenai kepahlawanan dan cinta yang berpusat pada dua tokoh utama, yakni Raden Inu Kertapati (atau Panji Asmarabangun) dan Dewi Sekartaji (atau Galuh Candrakirana).

Karena memang berkembang di masyarakat luas dan dituturkan dari mulut ke mulut, wajar kiranya apabila cerita panji mempunyai banyak versi. Namun, inti dari cerita biasanya hampir sama saja dan tidak berbeda jauh.

Awal mula kisah Keong Mas diawali dari kehidupan di Kerajaan Daha. Pemimpin dari Kerajaan Daha adalah Raja Kertamarta. Dikisahkan dia mempunyai dua orang putri yang cantik dan baik hati, yaitu Dewi Galuh Ajeng dan Candra Kirana.

Suatu hari, Candra Kirana hendak dijodohkan dan bertunangan dengan Raden Inu Kertapati, putra mahkota Kerajaan Kahuripan. Raden Inu Kertapati tidak hanya tampan, melainkan juga baik dan bijaksana. Keduanya saling mencintai.

Di sisi lain, terperciklah rasa iri dalam diri Galuh Ajeng, selaku saudari kandung dari Candra Kirana. Dia juga menginginkan Raden Inu untuk menjadi suaminya.

Karena keinginan yang menggebu itulah, Galuh Ajeng menghalalkan banyak cara supaya Raden Inu menjadi pasangannya. Salah satu cara itu adalah meminta bantuan nenek sihir untuk mengutuk Candra Kirana.

Karena kutukan itu, membuat Candra Kirana berhasil diusir dari istana. Nenek sihir itu pun menjadikan dia seekor keong emas. Sepanjang perjalanan, dia menyusuri pantai dan terkatung-katung. Candra Kirana yang menjelma keong emas itu lalu dibuang ke laut. Konon kutukan tersebut bisa hilang apabila Candra Kirana dapat bertemu dengan tunangannya.

Tapi, bagaimana bisa? Ya, begitulah keindahan dari cerita rakyat. Pasti akan ada unsur ketidakmungkinan, yang nantinya akan menjadi mungkin.

Setelah itu, dalam ringkasan cerita keong mas pdf, dikisahkan nasib keong mas itu pun mulai mengalami keajaiban. Keong yang semula berada di laut, terombang-ambing hingga kemudian berakhir di sungai.

Hingga pada suatu hari, tampaklah seorang nenek baik hati sedang mencari ikan. Dia menemukan keong emas di sungai dan membawanya pulang. Si keong emas diletakkan di tempayan.

Keesokan harinya, nenek mencari ikan lagi di sungai. Dia tidak menemukan satu ekor pun. Dengan perasaan sedih dan gundah-gulana, nenek itu pun kembali ke rumah.

Namun, betapa kagetnya dia ketika melihat di dapur sudah ada banyak masakan enak. Siapakah yang memasak? Siapakah yang menyediakan dia makan?

Kejadian ajaib itu tidak hanya terjadi di hari tersebut, melainkan juga beberapa hari kemudian dan terus terjadi berulang-ulang. Nenek pun semakin penasaran.

Dia memutuskan untuk pura-pura pergi ke sungai, tapi kenyataannya dia mengintip dari balik jendela. Dari sana, si nenek mengetahui kalau keong emas bisa berubah menjadi seorang gadis cantik. Nenek bertambah terkejut. Setelah selesai memasak, gadis cantik jelmaan keong mas atau Candra Kirana kembali ke bentuk semula, yaitu menjadi keong emas.

Di lain kejadian, ketika mengetahui malapetaka yang terjadi, Raden Inu Kertapati merasa begitu terluka. Dia mencari tunangannya yang menghilang. Selama berhari-hari, Raden Inu mencari Candra Kirana, tapi tidak kunjung ditemukan.

Nenek sihir yang mengetahui hal ini mengirimkan burung gagak berbicara. Dia akan memanipulasi Raden Inu. Syukurnya Raden Inu tidak terperdaya.

Hingga, cinta sejati antara Raden Inu dan Candra Kirana menemukan akhir. Nenek yang baik hati mempersatukan mereka berdua dan mereka pun hidup bahagia untuk selama-lamanya.

sumber: www.okelihat.com

Tema Cerita Keong Mas

Cerita Keong Mas berasal dari Jawa. Karena berasal dan berkembang di Jawa itulah, dalam beberapa ceritanya sering dijumpai kebudayaan-kebudayaan Jawa. Misal dari pakaian yang digunakan, tutur kata yang cenderung sopan, latar kerajaan Jawa, dan sebagainya.

Apabila ditarik kesimpulan, keong mas mempunyai tema ketabahan hati. Dalam cerita ini, kita mengetahui bagaimana Candra Kirana yang tidak melakukan apa pun, tetap saja menjadi korban iri dengki, bahkan oleh saudari kandungnya.

Tema seperti ini sangat cocok untuk dibaca oleh generasi muda. Kenapa? Seperti yang kita ketahui anak-anak muda seringkali berkata kasar apabila ada hal yang tidak sesuai dengan keinginannya. Karena hal tersebut, seringnya mereka tidak mempunyai ketabahan hati dan sering gerasah-gerusuh dalam menjalankan hidup.

Pesan Moral Keong Mas

Sebuah cerita pastilah mempunyai pesan moral yang ingin disampaikan. Begitu kiranya dengan Keong Mas.

Sebagai cerita rakyat yang menyatu dengan kearifan lokal, tentunya amanat dalam cerita ini, tidak jauh-jauh dari apa yang berkembang di masyarakat.

Keong mas mempunyai pesan moral, yakni pada akhirnya kebenaran akan mengalahkan kejahatan. Bagaimanapun cara kebusukan yang terjadi, kebaikan tetap akan menang. Dan setiap perbuatan buruk yang kita lakukan, akan berdampak kepada diri masing-masing.

Selain itu, pesan moral yang sangat tampak adalah rasa iri hanya akan membuat diri menjadi tidak terkendali. Rasa iri membuat persaingan tidak sehat dan merusak hubungan persaudaraan.

Supaya rasa iri hati itu tidak ada, sudah sewajarnya untuk bisa menghargai kebahagiaan maupun kesuksesan orang lain. Karena dengan sikap demikian, hubungan terlebih persaudaraan akan menjadi lebih lekat dan tidak ada saling tikam.

Pada akhirnya, sebuah kebaikan hati dan sikap tolong-menolong akan menjadikan kehidupan ini menjadi lebih berwarna. Karena untuk apa cantik secara fisik semata, tapi hatinya buruk. Hal tersebut juga akan membuat kehidupan ternodai.

Karena dengan sikap baik hati akan menumbuhkan rasa tolong-menolong. Dengan tolong-menolong inilah, kehidupan manusia akan menjadi lebih berharga dan tidak memicu pertikaian.

Baca Juga: 7 Cerita Rakyat Indonesia Paling Populer untuk Dibaca Saat Hari Anak Nasional

Bagi kamu yang ingin berkiprah di dunia kepenulisan, kamu harus mengetahui tentang kearifan lokal yang dimiliki Indonesia. Kenapa demikian? Karena dengan kearifan itulah, kamu bisa mencintai ataupun bisa menggalinya untuk dijadikan cerita baru.

Cerita rakyat yang mana tidak punya penulis asli dan merupakan milik negeri, boleh loh kalau kamu ubek-ubek atau menjadi inspirasimu menjadi novel. Kamu juga tidak perlu membubuhkan novelmu apakah terinspirasi dari cerita rakyat mana.

Jadi, tidak ada alasan kan tentang kekurangan ide? Indonesia mempunyai banyak sekali ide cerita yang bisa kamu gali, salah satunya adalah Keong Mas.

Lalu kamu bisa menuliskannya di Cabaca. Menulis di Cabaca tidaklah susah. Kamu hanya perlu install aplikasi atau masuk website. Jangan lupa bikin akun bagi yang belum pernah mendaftar. Setelah itu, tuliskan ceritamu sebaik mungkin. Kalau naskahmu banyak pembacanya, kamu juga akan mendapatkan komisi untuk pasif income-mu, loh. Pasang aplikasi Cabaca di Google Play untuk bisa baca novel mulai dari Rp5 ribu saja! [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka baca novel genre lainnya? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy


Your subscription could not be saved. Please try again.
Kamu telah berhasil subscribe. Jangan lupa buat akun Cabaca ya!

Dapatkan e-book gratis dan promo menarik lainnya!