17 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta

17 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta

17 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta – Musim liburan sekolah sebentar lagi. Jika kamu kebetulan sedang di Jakarta, inilah rekomendasi tempat wisata gratis di Jakarta.

Tempat Wisata Gratis di Jakarta

Sebuah pusat kota, Jakarta dikenal sebagai daerah metropolitan yang harga-harga barangnya selangit. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ternyata masih ada banyak tempat wisata di Jakarta yang lagi hits dan bisa kamu kunjungi dengan gratis.

Kamu bisa mengunjunginya sendiri saja atau bersama orang-orang tersayang. Berikut merupakan daftarnya.

1. PIK 2

sumber: fimela.com

PIK merupakan kepanjangan dari Pantai Indah Kapuk. Sebagai kawasan pantai pasir putih, PIK 2 menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Hamparan pasir putih bisa menenangkan pikiranmu. Kamu bisa mendatanginya di Jl. Pantai Indah Kapuk No. 2, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470.

2. Tebet Eco Park

sumber: aniesbaswedan.com

Sebuah taman baru di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Di sini selain suasananya adem, Tebet Eco Park juga cocok untuk si kecil bermain. Ada banyak sekali permainan di sini dan juga jembatan infinity yang indah. Alamatnya berada di Jl. Tebet Barat Raya, RT 01/10 Tebet Barat, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820.

3. Taman Literasi Blok M

sumber: kompasiana.com

Rekomendasi tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Literasi Blok M. Selain dapat dikunjungi dengan gratis, kamu juga bisa melakukan piknik di keramaian. Untuk pergi ke sini kamu juga bisa menggunakan MRT atau Busway. Kunjungi Taman Literasi Blok M di alamat Jl. Sisingamangaraja 3, RT 03/01, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160.

4. Hutan Kota GBK

sumber: tempo.co

Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) merupakan tempat terbuka untuk umum. Setelah dilakukan revitalisasi, tempat ini tampak lebih indah dan pepohonannya begitu tinggi. Kamu bisa mengunjunginya di Pintu Tujuh Senayan, Jl. Jenderal Sudirman, RT 01/03, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270.

5. Monumen Nasional

sumber: wisatasekolah.com

Kalau di Jakarta sudah seharusnya kamu untuk mengunjungi Monas atau Monumen Nasional. Monas menjadi ikon di Jakarta. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar tugu dan tidak lupa pula untuk foto-foto. Untuk masuk ke sini, tidak dikenakan biaya sama sekali lho! Alamatnya berada di T 05/02, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.

6. Museum Polri

sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Bagi yang suka mengunjungi museum gratis di Jakarta, kamu bisa mengunjungi Museum Polri. Di sini kamu bisa belajar tentang sejarah kepolisian Indonesia. Kamu juga bisa melihat tentang cara polisi melakukan otopsi dan lain sebagainya. Alamat Museum Polri berada di Jalan Trunojoyo Nomor 3, Kebayoran Baru, Jakarta Indonesia.

7. Museum Fatahillah

sumber: bobobox.com

Dulunya gedung ini adalah Balaikota kedua di Batavia pada 27 April 1626 oleh Gubernur Jenderal Pieter de Carpentier. Museum ini mendokumentasikan sejarah Jakarta dari zaman prasejarah hingga masa kejayaan pelabuhan Sunda Kelapa. Termasuk juga masa penjajahan dan setelah kemerdekaan. Jadi, sangat edukatif. Kamu bisa datang ke  Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, di Jalan Taman Fatahillah No. 1.

8. Museum Bank Indonesia

sumber: kompas.com

Rekomendasi weekend di Jakarta yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Bank Indonesia. Kamu akan melihat bagaimana sejarah uang rupiah. Ada juga koleksi uang kerajaan nusantara, evolusi uang dari masa kolonial hingga yang modern. Kunjungi alamatnya di Jl. Pintu Besar Utara No. 3, RT 04/06, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110.

9. Museum Joeang 45

sumber: dinaskebudayaan.jakarta.go.id

Sejarah kemerdekaan merupakan hal yang harus kita ingat sepanjang masa. Di museum ini kamu bisa melihat barang-barang peninggalan para pejuang Indonesia, mulai dari mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama, sampai pengeboman di Cikini. Alamatnya berada di Jalan Menteng Raya 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

10. Museum Betawi

sumber: kompas.com

Suku yang terkenal di Jakarta adalah Betawi. Di sini kamu akan mengetahui segala hal tentang Betawi. Ada seni, tradisi, makanan, dan juga adat istiadat. Kunjungi Museum Betawi di alamat Jl. Situ Babakan No. 47, RT 13/08, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12640.

11. Taman Menteng

sumber: orami.co.id

Taman yang mempunyai luas sekitar 30 hektar ini dihiasi oleh tanaman-tanaman yang indah. Uniknya di sini juga kamu bisa mampir ke rumah kaca yang sering jadi tempat pameran seni dan foto. Pokoknya di sini sangat instagramable. Kamu bisa mendatangi Taman Menteng di alamat Jl. HOS Cokroaminoto, RT 03/05, Menteng, Jakarta Pusat.

12. Taman Situ Lembang

sumber: idntimes.com

Tempat healing di Jakarta yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Situ Lembang. Keunikan taman ini adalah sebagian besar area tamannya dipenuhi danau. Danau ini sering dialihfungsikan sebagai tempat memancing. Di sekelilingnya juga ada pepohonan sehingga sudah pasti terasa lebih sejuk. Kunjungi Taman Situ Lembang di Jl. Lembang Terusan No. D-59, RT 06/05, Menteng, Jakarta Pusat.

13. Taman Suropati

sumber: smartcity.jakarta.go.id

Taman yang ada air mancur di bagian tengahnya ini sangat teduh, sejuk dan segar. Ada juga fasilitas gazebo, bangku taman, dan pojok membaca sehingga kamu bisa beristirahat dengan tenang di sini. Alamatnya berada di Jl. Taman Suropati No. 5 RT 05/05, Menteng, Jakarta Pusat.

14. Taman Cattleya

sumber: kompas.com

Apabila kamu menyukai tanaman hias, kamu harus mengunjungi taman ini. Taman Cattleya akan memanjakan matamu dengan pohon rindang yang terdiri dari beringin, trembesi, yangliu, dan glondongan tia. Di depannya juga ada mall. Kamu bisa mendatanginya di alamat RT 15/01, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.

15. Taman Tabebuya

sumber: limakaki.com

Tatebuya adalah pohon yang berasal dari Brazil. Pohon ini mempunyai bunga berwarna merah muda, selayaknya bunga sakura, menambah estetika untuk berfoto. Di sini juga ada aktivitas olahraga, toilet, area parkir, dan gazebo. Kamu bisa numpang berteduh dengan mendatangi alamat Jalan Muhammad Kafi No. 1 RT 01/02, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan.

16. Kawasan Kota Tua Jakarta

sumber: jawapos.com

Tempat di Jakarta yang sangat cocok untuk digunakan rekreasi adalah Kawasan Kota Tua Jakarta. Kamu bisa mengelilingi sejumlah gedung tua dan menempati sejarah yang telah lalu. Alamatnya berada di Jl. Kali Besar Timur, Jakarta 11470.

17. JPO di Jakarta

sumber: marjayatrans.com

Pemandangan malam di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di Jakarta sangatlah cantik. Apalagi kalau kamu menyukai fotografi, kamu pasti menyukai tempat ini. Baru-baru ini viral mengenai JPO Phinisi Sudirman, yang berwarna oranye dan latar gedung-gedung tinggi memukaunya. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi JPO Dukuh Atas, JPO Polda Metro Jaya, JPO Gelora Bung Karno (GBK), JPO Bundaran HI, dan JPO Bundaran Senayan.

Baca Juga: 11 Kafe Buku di Jabodetabek, Semuanya Masih Buka!

Gimana? Sudah ada ide kegiatan liburan sekolah di Jakarta? Kalau capek keliling-keliling Jakarta, istirahatkan diri dengan makan-minum enak dan membaca novel. Sekarang membaca novel tidak perlu susah lagi. Kamu hanya perlu install Cabaca di Google Play dan dapatkan novel-novel baru gratis setiap harinya. Jika ingin baca gratis, kamu bisa akses Cabaca di Jam Baca Nasional alias Happy Hournya Cabaca pukul 21.00 - 22.00 WIB. Program ini hanya ada di aplikasi, jadi install dulu aplikasi Cabaca, di Google Play. [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy