20 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi – Liburan ke mana ya enaknya? Gimana kalau ke Banyuwangi aja? Soalnya ada beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang underrated dan wajib kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan daerah di ujung Jawa Timur yang dijamin bisa bikin kamu terpesona. Kamu bisa menikmati hari liburan dengan berkunjung di sini. Nikmati hari-hari indah bersama keluarga atau orang terkasih. Berikut merupakan rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Nasional Baluran

sumber: liputan6.com

Taman Nasional yang sedang hits ini memang jadi magnet tersendiri bagi wisatawan baik lokal maupun asing. Letaknya tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Kamu bisa menikmati savana ala Afrika dan juga bertemu dengan satwa-satwa liar. Tetap perhatikan keselamatan, ya.

2. Pantai Pulau Merah

sumber: tribunjatimtravel.tribunnews.com

Banyuwangi mempunyai banyak sekali pantai loh! Salah satu yang wajib kamu datangi adalah Pantai Pulau Merah. Di pantai ini kamu bisa melihat pulau kecil dengan bukit yang tinggi. Tanahnya pun berwarna merah. Kamu juga bisa bermain selancar dengan bebas karena ombak di pantau pulau merah sangat besar dan menggulung-gulung.

3. Pantai Sukamade

sumber: pesonabromo.com

Wisata di Banyuwangi yang lagi hits yaitu Pantai Sukamade. Tempat ini merupakan konservasi penyu dan hampir setiap malam, kamu bisa melihat penyu mengubur telur-telurnya. Jika sudah masuk waktunya, bayi-bayi penyu tersebut bakal merangkak ke lautan. Pokoknya sangat indah. Kapan lagi kamu bisa melihat penyu di alam bebas, bukan?

4. Pulau Tabuhan

sumber: tribunjatimtravel.tribunnews.com

Keindahan Pulau Tabuhan menghipnotis para pengunjungnya. Kamu bisa menyelam jika mau melihat terumbu karang dan berinteraksi dengan ikan-ikan kecil. Kamu juga bisa hanya sekadar jalan-jalan di pasir putihnya yang halus. Pulau ini berjarak sekitar 40 menit dari pusat kota Banyuwangi. Kabar baiknya, pulau ini merupakan pulau kosong. Tempat ini cocok banget untuk kamu yang ingin menyendiri loh!

5. Taman Nasional Alas Purwo

sumber: banyuwangipaketwisata.com

Area Taman Nasional Alas Purwo masuknya di daerah selatan Banyuwangi. Di sini kamu juga bisa menemukan savana yang luas. Kamu bisa dengan mudah menemukan spesies-spesies langka, seperti Banteng Jawa, Ajak atau Anjing Hutan Asia, Lutung Kelabu, dan sebagainya. Di sini juga dekat dengan tempat wisata lain, sehingga kamu bisa menjelajahi banyak tempat sekaligus.

6. Kawah Ijen

sumber: radarmadura.jawapos.com

Sebagai salah satu tempat unik di Banyuwangi yang tidak dimiliki oleh wilayah lain, Kawah Ijen menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Letaknya berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Di sini kamu bisa melihat fenomena unik bernama blue fire atau api biru. Selain itu, panorama yang ada juga sangat indah dan kamu bisa melihat pertambangan belerang.

7. Taman Blambangan

sumber: facebook.com

Jika kamu berada di Banyuwangi, kamu bisa mengunjungi Taman Blambangan. Letaknya berada di alun-alun kota Banyuwangi. Di sini juga kamu bisa menikmati wisata kuliner Banyuwangi, seperti sego kalak, sego cawuk, pindang koyong, dan sebagainya.

8. Taman Sritanjung

sumber: petualang.travelingyuk.com

Letak Taman Sritanjung juga berada di pusat kota. Kamu bisa menikmati waktu santaimu di sini. Bisa sekadar duduk-duduk atau berjalan kaki di sambil melihat air mancur yang indah. Nikmati suasana santai bersama orang tercinta atau keluarga, supaya liburanmu semakin bermakna.

9. Pantai Teluk Hijau

sumber: kompas.com

Teluk ini berada di Dusun Krajan, Sarangan, Pesanggaran, Banyuwangi. Seperti namanya, teluk ini mempunyai air berwarna hijau turquoise yang indah. Pasir putihnya juga lembut sekali. Di sekitar telur, terdapat panorama pepohonan yang indah sekali. Kamu juga bisa melihat monyet-monyet di sekitar pantai.

10. Pantai Plengkung

sumber: travel.detik.com

Bagi pencinta surfing, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Pantai Plengkung. Ombak besarnya akan memanjakan semua orang. Kamu juga bisa melakukan tube riding di sini. Di pantai ini juga beberapa kali diselenggarakan kompetisi surfing.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Wisata Alam di Bandung

11. De Djawatan

sumber: idntimes.com

Apabila kamu menyukai pepohonan, kamu bisa mengunjungi wisata Banyuwangi pohon yang dikenal dengan nama De Djawatan. Di sini kamu bisa melihat 50 pohon trembesi yang besar dan sangat unik. Ketika memasuki kawasan wisata ini, kamu pasti akan merasa berada di negeri fantasi.

12. Pantai Grajagan

sumber: indonesiakaya.com

Pantai yang terletak di Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi ini mempunyai ombak yang bagus untuk berselancar. Ombaknya bisa mencapai empat meter. Kabar baiknya, belum banyak yang mengenalnya, jadi kamu akan bebas berselancar, seperti pantai milik sendiri.

13. Bangsring Underwater

sumber: atourin.com

Tempat wisata juga bisa menjadi edukasi dan konservasi. Kamu bisa mengunjungi Bangsring Underwater. Di sini kamu bisa melihatkan terumbu karang dan konservasi ikan kepada anak-anak. Ada juga wahana air, wisata bawah laut, fasilitas penyeberangan antarpulau, dan lain-lain.

14. Taman Gandrung Terakota

sumber: tiket.com

Sudah pernah dengar tari Gandrung? Tari Gandrung adalah salah satu kesenian dari Banyuwangi yang bisa dibilang paling ikonik. Oleh karena itu, didirikanlah situs budaya untuk melestarikan ikon seni budaya Banyuwangi tersebut. Di sini ada sekitar 1.000 patung penari Gandrung yang terbuat dari tembikar atau terakota. Keren ya?

15. Pantai Boom Marina

sumber: kumparan.com

Jaraknya cukup dengan alun-alun Kota Banyuwangi. Di sini kamu bisa menikmati dermaga bongkar muat kapal. Kamu juga bisa memancing dan membeli ikan di pasar lelang. Nikmati juga pemandangan matahari terbit atau terbenam untuk melihat keindahan pencipta yang luar biasa.

16. Savana Sadengan

sumber: www.semangatbanyuwangi.id

Padang gembala buatan yang luasnya sekitar 80 hektar ini akan menyuguhkan area hijau yang sangat luas. Kamu bisa melihat hewan-hewan di alam bebas, seperti banteng, kijang, dan juga rusa. Ada juga atraksi satwa yang sedang merumput yang bisa kamu lihat. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan edukasi bagi anak-anak.

17. Air Terjun Kalibendo

sumber: www.viralindonesia.co.id

Ketinggian air terjun ini mencapai 10 meter. Lokasinya berada di kawasan Agro Wisata Kalibendo di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah. Kamu juga bisa melihat perkebunan kopi, karet, dan cengkeh. Pemandangannya sangat asri dan alami, sangat cocok untuk menyegarkan pemikiranmu.

18. Segara Anakan

sumber: bafageh.com

Atau yang dikenal sebagai lautan kecil ini dikelilingi oleh hutan Mangrove Bedul Ecotourism. Meksipun luasnya relatif kecil, tapi kamu bisa melakukan olahraga air. Tetap hati-hati dan selalu utamakan keselamatan.

19. Waduk Sidodadi

sumber: ptpn12.com

Waduk ini mempunyai luas sekitar 2 hektar. Lokasinya ada di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Fungsinya adalah mengairi lahan tebu. Walaupun demikian, kamu juga bisa melihat perkebunan, camping ground, kolam pemancingan, kolam renang, flying fox dan juga penginapan. Nikmati waktu liburanmu bersama keluarga untuk lebih dekat dengan alam.

20. Pantai Wedi Ireng

sumber: travel.detik.com

Pesona pantai memang sangat banyak di Banyuwangi. Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, wedi ireng artinya pasir hitam. Nama ini sengaja diberikan oleh pantai ini, karena di balik pasir putihnya, terdapat pasir berwarna hitam. Menarik sekali, bukan? Kamu bisa berbahagia karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga kamu bisa bersantai dengan leluasa atau hanya sekadar bermain pasir. Pantai ini berada di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Tempat Wisata di Medan

Siap jadikan Banyuwangi sebagai destinasi wisata terbarumu? Jika lelah berwisata, kamu bisa mengistirahatkan diri sendiri sambil membaca novel online. Sekarang membaca novel tidak susah lagi. Cukup install aplikasi Cabaca di Google Play untuk baca lebih dari 400 judul novel karya anak negeri. Mau coba baca? Bisa manfaatkan program Happy Hournya Cabaca alias Jam Baca Nasional pukul 21.00 - 22.00 WIB setiap hari loh! Program ini cuma ada di aplikasi, jangan lupa install dulu aplikasinya. [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Platform baca novel online di Indonesia


Suka baca novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy