Rekomendasi Novel untuk Tugas Sekolah Gratis dan Lengkap

Rekomendasi Novel untuk Tugas Sekolah Gratis dan Lengkap
Photo by Jeswin Thomas / Unsplash

Rekomendasi Novel untuk Tugas Sekolah Gratis dan Lengkap – Lagi ada tugas sekolah untuk membuat resensi novel? Yuk, pakai daftar novel berikut untuk jadi bahan tugas sekolahmu.

Tugas Resensi Novel

Apakah saat ini kamu kebagian tugas sekolah membuat resensi novel? Jika iya, kamu perlu tahu dulu apa itu resensi novel. Resensi adalah ulasan suatu karya yang berisi kelebihan dan kekurangannya. Jadi, saat menuliskannya, kamu tidak hanya menceritakan ulang isinya tetapi juga memaparkan pendapat mengenai hal positif dan negatif dari karya tersebut.

Rekomendasi Novel untuk Tugas Sekolah

Tugas sekolah terutama dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, biasanya mewajibkan membaca buku dan novel. Berikut ini adalah novel Indonesia terbaru yang bisa dijadikan bahan tugas sekolah.

1. Nada-Nada Hujan

novel karya Penulis Rahasia
novel karya Penulis Rahasia

"Saya anak hukum, saya termasuk orang yang nggak mudah percaya dengan orang yang nggak saya kenal. Termasuk, kamu." (Yoga)

"Gue ini anak psikolog. Tapi kenapa sih, di antara semua orang yang gue kenal, cuma elo yang nggak bisa gue pahamin!" (Nada)

***

Yoga itu dingin, Nada itu cerewet. Yoga kaku, Nada yang sok tahu. Bagi Nada, Yoga itu seperti hujan, yang terlampau dingin meski sudah berlalu. Bagi Yoga, Nada itu seperti petir, berisik! Yoga paling males meladeni hujan, karena ada atmosfer kenangan di setiap tetesannya. Namun, Nada suka hujan, karena hujan nggak pernah salah, cuma Yoga aja tuh, yang terlalu dirasuki oleh kenangannya.

2. Heart from The Past

novel Shella Novia
novel Heart from The Past di Cabaca

Bagi kebanyakan remaja yang baru lulus SMA, apa yang lebih buruk dari ditolak universitas impian setelah mengikuti semua ujian masuknya? Kegagalan demi kegagalan yang pada akhirnya memaksa kita untuk berhenti sejenak, menjalani gap year sembari belajar lebih keras lagi untuk mengikuti ujian tahun depan. Ya, aku—Kalisya Agung—mengalami itu. Bahkan, aku juga mengalami yang lebih buruk.

Ayahku ditangkap KPK. Rumah tempatku dibesarkan disita. Meski hidupku sudah banyak berubah sejak Ibu meninggal, rupanya kehidupan masih punya banyak kejutan untuk menimpaku dengan kesedihan. Setelah terusir dari tempat tinggalku sendiri, Bapak menitipkanku untuk tinggal di rumah Bu Lestari, salah seorang teman lamanya yang memiliki dua anak laki-laki. Tomi, yang masih kelas satu SMA, dan Timur, yang semester tiga jurusan Arsitektur.

Dengan kehadiran mereka, untuk kesekian kalinya hidupku dibolak-balik. Tak hanya dihadapkan pada masa depan dan segala hal tentang cita-cita yang belum pernah benar-benar kurangkai, tetapi juga masa lalu. Masa lalu yang mengintai kami semua seperti macan yang hendak menerkam dari belakang tanpa ampun. Masa lalu yang meremukkan hati, tetapi sekaligus menguatkannya.

3. A To Z Karya Dikahalsadi

novel tentang keluarga
novel A to Z di Cabaca

Adam datang terlambat lagi ke sekolah. Ia terlalu masa bodoh untuk berusaha tepat waktu. Setahun terakhir ini, Adam memang hidup dalam ketidakpedulian. Ia bahkan terlalu masa bodoh untuk tetap tinggal bersama ayahnya. Rumah mereka tak pernah sama lagi sejak ibunya meninggal. Sebab, tak hanya kehilangan satu orang yang sangat berharga, ayahnya seolah-olah menghapus tempat ibunya dengan menikahi wanita lain. Dan dengan masuknya wanita itu ke rumahnya, maka keluarlah Adam dari sana untuk tinggal bersama kakeknya yang memiliki usaha toko roti.

Namun, Adam terpaksa mengubah sikapnya setelah ditunjuk menjadi ketua kelas 2-3. Tak hanya itu, kelasnya kedatangan seorang siswa baru, cowok bernama Zaki yang datang ke SMA Dahuri Krana bersama ibu tirinya. Dan, mereka berdua menjadi sasaran siswa berandalan bernama Erik, yang tak mau terima posisinya sebagai penguasa terancam oleh keberadaan Zaki. Apalagi Zaki tampak tertarik pada Erika, saudara kembar Erik yang pintar dan berprestasi. Erik tahu Zaki adalah saudara tiri Adam. Ia berusaha memanfaatkan kemarahan Adam untuk menyingkirkan Zaki.

Di balik keindahan masa SMA, perselisihan dan kesalahpahaman terus terjadi. Akankah Adam terjebak dalam kebencian yang semakin disulut ulah-ulah Erik? Atau, akankah ia belajar menerima keluarga barunya dan pulang ke rumah?


4. After School Investigation Karya Merinda Lounita

novel After School Investigation

“Cara terbaiknya kita harus nyelidiki teror ini di bawah pengawasan The Genk. Mungkin aja The Genk yang pergaulannya memang mengarah ke hal-hal berbahaya, bisa tahu sesuatu tentang teror ini. Kita bisa dapat petunjuk dari mereka. Dan kalau teror ini mengarah ke kekerasan, kita punya The Genk.”

***

Cheating Spouse Investigators (CSI) spesialis pengusut kasus perselingkuhan di lingkungan SMA Dharma diteror habis-habisan oleh orang tak dikenal. CSI yang beranggotakan Meina, Atri, Seven, Gea dan Alan mendapati kode aneh melalui kehadiran balon merah dan topeng Pennywise di rumah Meina.

Tak berhenti di situ, beragam teror mulai menggangu anggota CSI tanpa henti. Demi mendapat perlindungan dari teror yang sedang menyerang mereka, CSI terpaksa membantu segerombolan anak nakal bernama The Genk untuk memecahkan kasus pembobolan markas dan pencurian motor anggotanya.

Lantas, siapa yang sebenarnya telah meneror anggota CSI dan membobol markas The Genk? Akankah CSI berhasil menangkap pelaku teror sekaligus pencuri tersebut?

5. The Masturbation's Case Karya Qomichi

novel karya Qomichi

Sebagian besar, orang yang depresi memiliki tendensi bunuh diri. Sebagian besar, individu yang orang terdekatnya bunuh diri, juga memiliki tendensi untuk melakukan hal yang sama.

*

Video masturbasi itu terus berputar di kepala Yoja. Di mana adiknya, Riko—yang masih belia—dipaksa teman-teman atau lebih tepatnya iblis sekelasnya untuk melepaskan celana dan merangsang diri. Mereka merekamnya, lalu video itu disebar dan ditonton satu Indonesia.

Riko mendapat perlakuan tidak pantas setelahnya. Kemudian bunuh diri.

Setelah Riko tak ada di sisinya, Yoja merasa kewarasannya goyah. Dia ingin mencari kebahagiaan dengan menyelesaikan perkara ini menggunakan caranya sendiri. Mencari keadilan untuknya dan untuk Riko.

Hanya saja, bagaimana jika semua usaha yang Yoja kerahkan hanya membuatnya berjalan di tempat? Tidak bergerak sama sekali seperti jasad Riko saat ia temukan.

*Cerita ini mengandung muatan tentang : Suicide Tendention, Depression, Self Harm, Aggressive, Bullying(verbal, physical, cyber), and Sexual Harrashment.

6. The Blooming Dreams Karya Kimchiroll

novel The Blooming Dreams

“Kebetulan, teman saya buka usaha pet sitter. Kamu tahu? Seperti baby sitter, tapi ini untuk hewan. Kebetulan, banyak pemilik hewan yang liburan atau dinas ke luar kota dan memilih jasa ini daripada menitipkannya di pet hotel. Teman saya kewalahan karena kekurangan karyawan sebagai pengasuh hewan. Mungkin nggak sangka kalau bakal banyak pelanggan gini. Kamu tertarik nggak, kerja sampingan kayak gini?”

***

Demi mengumpulkan dana untuk menyelamatkan kucing jalanan, Wening yang masih duduk di bangku SMA menerima tawaran menjadi pet sitter. Namun, siapa sangka, keputusan besarnya ini memberikan dampak yang luar biasa bagi hidupnya. Mulai dari terkuaknya rahasia keluarganya, sampai bertemu dengan Ronald, si playboy sekolah yang ternyata juga seorang pet sitter seperti dirinya! Lantas, bagaimana kehidupan Wening akan berjalan setelahnya?

7. Evelyne Karya Honey Dee

novel karya Honey Dee

Beverly membenci adiknya setengah mati. Ini memang aneh. Seharusnya semua kakak mencintai adiknya, terutama jika adiknya merupakan idola keluarga besar dan hampir semua orang yang melihat gadis kecil itu. Bagi Beverly, Evelyne telah merebut semua yang dimilikinya. Setiap hari Beverly berharap Evelyne menghilang.

Namun, saat Evelyne benar-benar hilang, Beverly tidak melihat dunia jadi lebih baik. Sebaliknya, semua orang menuduh sahabatnya yang memperkosa Evelyne kecil. Pada saat yang sama, dia mendapat ancaman dari seseorang yang akan menyebarkan foto telanjangnya. Bisakah Beverly menghadapi semua tekanan ini dengan selamat?

8. Bagian yang Tak Kuketahui tentang Ayah Karya Veronica Gabriella

novel Bagian yang Tak Kuketahui tentang Ayah
novel Bagian yang Tak Kuketahui tentang Ayah

Semua terjadi begitu tiba-tiba. Malam itu Briel mendapat telepon dari wanita misterius jika papanya meninggal di rumah sakit. Dokter mengatakan papanya sudah meninggal saat dibawa ke rumah sakit, padahal papa tidak punya riwayat penyakit serius. Apalagi wanita misterius yang mengantar papanya ke rumah sakit menghilang begitu Briel dan mamanya tiba.

Saat Briel dan Alvaro—kekasihnya—masih bertanya-tanya kenapa dan bagaimana papa Briel bisa meninggal, datanglah seorang wanita yang mengaku sebagai ‘kekasih gelap’ papanya. Meski terpukul dengan fakta itu, Briel berniat menyelidiki skandal dan misteri yang papanya tinggalkan. Ditemani sang kekasih, Brielle mengungkap banyak kebohongan dalam kematian ayahnya yang penuh teka-teki.

Baca Juga: 5 Novel Tentang Olahraga yang Harus Kamu Baca

Semoga daftar novel untuk tugas sekolah ini bisa benar-benar membantu. Adakah novel lain yang sedang kamu cari? Kamu bisa cari novel murah di Cabaca.
Cabaca adalah platform baca novel online yang menawarkan novel berkualitas karena adanya sistem seleksi atau kurasi. Selain novel teenlit, ada banyak novel genre lain yang bisa kamu baca gratis, yakni novel romantis, novel horor, novel action, dan lain-lain. Gak usah ragu lagi, install aja aplikasi Cabaca, hanya di Play Store. [Asya]

download Cabaca


Cari novel genre lainnya? Lihat judul lainnya:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy