Rekomendasi Novel Untuk Pemula, Langsung Bikin Suka Baca!

Rekomendasi Novel Untuk Pemula, Langsung Bikin Suka Baca!
Photo by Nguyen Thu Hoai / Unsplash

Rekomendasi Novel Untuk Pemula, Langsung Bikin Suka Baca! – Jika tertarik untuk membaca novel, namun kamu bingung mulai dari mana, kamu bisa membaca novel ringan dan asyik berikut ini.

Dengan membaca bacaan yang tepat, kamu akan gampang untuk jadi seseorang yang suka membaca!

Rekomendasi Novel Untuk Pemula di Cabaca

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi novel untuk pemula yang bisa kamu baca di Cabaca!

1. Catatan Kuliah Si Udin

Sebuah catatan dari seonggok makhluk hitam legam bergigi kuning. Bukan makhluk astral maupun jadi-jadian, tapi diyakini sebagai manusia setengah kebo bernama Udin.

Petualangan bersama teman-temannya yang aneka jenis. Ada jelmaan hantu vacum cleaner, si muka datar, penyuka drama Korea, dan yang paling ganteng di antara makhluk-makhluk tersebut. Cerita mengenai sisi lain keseharian Udin selama kuliah yang tidak lumrah. Namun, perjuangan mencari cintalah yang menjadikannya seorang mahasiswa “luar bi(n)asa”.

2. Let It Flow (Sebelum Menikah)

Dimulai dari pertanyaan sang ibu yang semakin kesepian dan menginginkan teman berbagi di usianya yang tak lagi muda, Arsal Hamada—anak tengah tiga bersaudara Hamada yang berusia hampir kepala tiga—harus mencari calon pendamping di tengah-tengah kesibukannya sebagai pemilik restoran dan ketua RT muda. Padahal, Arsal sudah lima tahun melajang dan masih menikmati masa sendirinya. Riwayat percintaannya tak begitu mulus sebab banyak wanita segan pada mulut pedasnya.

Jihan, warga baru penggila keju di kampung RT 06 yang sedang merintis usaha kue, menjadi wanita kurang beruntung yang kepergok berbuat usil oleh ketua RT yang judes itu. Sejak saat itu, Arsal terus mengganggunya. Segala cara Arsal lakukan untuk membuat mereka selalu dekat, termasuk memanfaatkan kegemaran Jihan pada segala macam makanan berbahan keju.

Apakah itu artinya Arsal memilih Jihan untuk dibawa ke hadapan sang ibu? Namun, akankah Jihan yang terpaut usia satu dasawarsa dengannya, bisa menjadi calon istri yang tepat untuk masa depannya?

3. Little Pa

Sudah jatuh tertimpa tangga, setelah diusir oleh keluarganya karena rumor homoseks, Miku justru dihadapkan dengan bayi yang ditelantarkan di depan pintu rumah barunya. Hari sial itu membuat Miku menjalani lembar baru sebagai orang tua tunggal yang tak jelas kehidupannya.

Hebatnya, setelah lima tahun, anak itu mulai menanyai Miku perihal sang Mama. Teman-teman Miku menyarankan agar dia segera mencari ibu bagi anaknya. Namun, tingkah kemayu yang jauh dari kata macho membuat Miku kesulitan, belum lagi dia hanya ingin menunggu cinta pertamanya—Yolanda—kembali padanya.

Ketika Yolanda tiba-tiba kembali, perempuan itu justru mengaku jika dialah ibu kandung dari anak yang Miku rawat selama ini.

Senang? Mungkin, karena Miku punya kesempatan untuk melengkapi keluarga kecilnya dengan Yolanda. Akan tetapi, bagaimana jika Yolanda kembali hanya untuk menyakitinya lagi?

4. Correct Me If I'm Wrong

Kriteria suami idaman Yumita; gemuk, muka pas-pasan, dan tak perlu kaya asalkan tidak sampai melarat. Yumi ingin punya pendamping yang menerima dia apa adanya. Sebab lelaki yang memandang fisik perempuan biasanya ribet dan banyak menuntut.

Namun, apa jadinya jika mantan Yumita yang kaya, ganteng, dan bertubuh hot tiba-tiba muncul meminta balikan? Padahal sekarang Yumita tidak secantik dulu, bahkan gemuk dan hanya seorang food vlogger yang juga mengelola toko Happy Pastel milik mendiang ibunya.

Apalagi si lelaki iblis itu merupakan alasan utama Yumi punya kriteria pasangan yang berlawanan dengan mantannya itu.

"Di mata kamu saya salah?"

"Ya."

"Selalu salah. Sadar diri, kamu cakep!"

"Tapi, di mana letak kesalahan saya?"

"Kamu muncul lagi setelah kita putus, sok jadi pelanggan di Happy Pastel, dan bahkan bernapas di depan aku. Itu semua salah kamu."

"Kamu masih kekanakan."

5. Marry My Daughter

Athalia lajang. Tidak seperti teman-temannya, ia tidak pernah dicerca pertanyaan "Kapan nikah?" oleh ayahnya. Ia bebas menikmati hidup tanpa perlu mengkhawatirkan jodoh, hingga tahun demi tahun berlalu dan kebebasan itu mencapai tanggal kedaluwarsanya. Ayahnya hanya memberinya ‘tenggat waktu’ hingga usia 30 untuk terbebas dari tuntutan menikah. Pada hari ulang tahunnya yang ke-31, Athalia tidak merasa aman lagi. Ayahnya mulai pantang menyerah mencarikannya jodoh dengan cara menelusuri semua pria yang pernah Athalia kencani.

Adam duda. Ia membesarkan Athalia sendirian sejak istrinya meninggal setelah melahirkan Athalia. Ia dikenal sebagai single father yang hebat dan penuh dedikasi. Sekarang ia seorang pensiunan dan sudah berusia lanjut, tetapi itu tak menghalangi putrinya untuk mencarikannya seorang istri sebagai bentuk perlawanan atas keputusan sepihaknya untuk menjodohkan anak gadisnya itu. "Atha juga mau punya mama," kata Athalia, dan gadis itu serius dengan ucapannya.

Bagaimana akhir dari "perjodohan tandingan" ini? Akankah Athalia berhasil mencarikan jodoh untuk ayahnya? Akankah Adam berhasil mencarikan jodoh untuk anaknya?

Mampukah Athalia menemukan seseorang yang bisa disebutnya cinta sejati tanpa harus menjadi Siti Nurbaya masa kini?

6. Tata dan Surya

Surya yang semula hidupnya nyaman jadi bos sebuah perusahaan, tiba-tiba terancam dimutasi sang ayah menuju cabang lantaran adanya rumor ‘pacar khayalan’ yang berembus di kantor. Sang ayah mengultimatum agar Surya segera mencari pacar ‘real’ dalam tempo satu bulan jika tidak ingin dimutasi.

Kebetulan setelah sekretaris Surya dipromosikan untuk mengelola cabang perusahaan, posisi sekretarisnya pun kosong. Semula Surya berprinsip tidak boleh ada sekretaris wanita untuk menghindari adanya office romance, tapi karena pelamar posisi sekretaris adalah Tata—mantan pacar Surya waktu SMA—Surya pun menghapus peraturan itu.

Dapatkah Surya memenangkan hati Tata dalam tempo sebulan dan menepis rumor ‘pacar khayalan; yang berembus di kantornya?

7. Ready for Tiffany

Kisah cinta tiga sahabat di penghujung umur dua puluhan, siapa yang pertama kali mendapatkan sebongkah Tiffany di jari manis?

Amanda, terlalu berambisi dengan karier dan tidak ada yang lebih memahami dirinya selain Lucas. Pacaran 5 tahun dan menjalani LDR, membuat Amanda bertanya-tanya akan masa depan hubungan ini.

Brit, terlalu sering gonta-ganti pasangan dengan alasan belum menemukan yang cocok. Sosok Ben yang menawan membuat Brit mempertanyakan apa arti cinta yang sebenarnya.

Cantika, editor buku yang selalu menghindar dari spotlight. Meski sudah putus dari pacarnya yang suka main tangan, Tika yang rendah diri merasa tidak pantas untuk kembali bertarung di medan cinta.

Bersama segelas margarita, ketiga sahabat ini bertaruh untuk mendapatkan cincin di jari mereka begitu tahun berganti. Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang?

Baca Juga: Kumpulan Novel Islami Gratis dan Lengkap

Itulah beberapa rekomendasi novel untuk pemula di Cabaca  yang bisa kamu baca secara gratis. Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lulus kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini.

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy