13 Rekomendasi Novel tentang Indonesia di Cabaca

Rekomendasi Novel tentang Indonesia di Cabaca-Berbicara tentang Indonesia, tentu banyak hal yang membuat kita makin mencintai negara ini. Mulai dari kulinernya, lingkungannya, hingga tradisi dan budaya yang ada.

Tak karang seluruh komponen tadi dirangkum dalam sebuah novel loh! Dengan membaca novel-novel ini , maka pengetahuan kamu tentang Indonesia makin meningkat dan membuatmu makin mencintainya.

Baca Juga: 10 Lomba Agustusan Terunik untuk Acara Kampungmu!

Rekomendasi Novel tentang Indonesia di Cabaca

Berikut adalah beberapa rekomendasi novel tentang Indonesia yang bisa kamu baca:

1. Sadirah

Novel ini merupakan salah satu novel terbaik di Cabaca. Sadirah ditulis oleh Johanes Jonaz, menceritakan tentang perjuangan orang-orang dalam membela tanah kelahirannya, Mruwak. Meskipun cara mereka berbeda, tapi ketulusan dan cinta terhadap Mruwak adalah hal sama.

Baca Sadirah disini

2. Kembang Kawisari

Ditulis oleh penulis sama seperti Sadirah, Kembang Kawisari menceritakan tentang Trimasih yang merupakan kembang desa di Kawisari. Banyak orang yang ingin mengawininya.

Suatu hari, sedang ada acara Manten Agung. Akan dipilih seorang Joko Kumolo dan Perawan Sunthi dalam perhelatan tersebut. Namun, Nenek Trimasih melarang keras putrinya. Ada apa sebenarnya? Apa alasan Nenek Trimasih?

Baca Kembang Kawisari disini

3. Titi Kalong

Ini adalah buku baru di Cabaca. Penulisnya yakni Ulfa Khairina. Titik Kalong menceritakan tentang petualangan dosen-dosen muda dalam penelitian Antropologi di Gampung Kalong. Rencananya mereka akan melakukan penelitian selama beberapa pekan saja, tapi ada sesuatu yang aneh sedang mengintai mereka.

Baca Titi Kalong disini

4. Surjan

Membaca buku memang penting. Tapi, bagaimana kalau kamu disuruh membaca terus-menerus dan tanpa diberi kebebasan untuk melakukan apa yang ingin kamu inginkan? Itulah masalah dari teman Ratih yang bernama Toni. Setelah kejadian naas menimpa keluarga Toni, keduanya pun harus berjuang di kerasnya dunia.

Baca Surjan disini

5. Gentiri

Gentiri merupakan mantra supaya kalau maling tidak terlihat. Ini adalah solusi bagi kaum-kaum yang malas bekerja. Namun, segala sesuatu pasti mempunyai resiko. Begitu pula yang akan terjadi kepada Agung serta ketiga temannya. Apakah itu? Baca sendiri gih di Cabaca.

Baca Gentiri disini

6. Ante Meridiem

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan penulis Daniel Ahmad, kan? Penulis ini dikenal dengan kemampuan menulis horor. Membacanya pasti membuat bulu kudukmu merinding. Ante Meridiem menceritakan tentang ritual mistis untuk para gadis. Hingga saat ini Ante Meridiem masih menjadi novel dengan genre horor favorit di Cabaca.

Baca Ante Meridiem disini

7. Purnama Malam Ganjil

Novel dari Ulfa Khairina lagi, nih. Judulnya Purnama Malam Ganjil. Ada apa di malam purnama itu? Buku ini menceritakan tentang pengalaman korban ilmu hitam bernama Mia. Semula dia ingin mengikuti KPM Akbar untuk mengasah kemampuan menulisnya, tapi kejadian-kejadian mistis malah menyambutnya.

Baca Puranama Malam Ganjil disini

8. Sabre

Indonesia yang semula menjadi negara aman sentosa, kini dihujam teror Sabre. Mereka adalah manusia, tapi ciri fisiknya bukanlah seperti manusia pada umumnya. Dan, mereka lapar. Segala yang mereka temui akan dihabisi demi dahaga dan rasa lapar. Awas bulu kudukmu merinding baca buku ini.

Baca Sabre disini

9. Ucup

Baru-baru ini banyak sekali bayi-bayi yang dinamai dengan sebutan kebarat-baratan, padahal Indonesia sendiri mempunyai nama khas, seperti Paijo, Soleh, dan tentu juga Ucup. Ucup merupakan novel yang menceritakan kisah Ucup sendiri pas dia berada di dasar kehidupan.

Baca Ucup disini

10. Latamaosandi

Latamaosandi adalah daun kehidupan yang bisa dijadikan racikan obat. Namun, sayangnya tidak banyak yang tahu di mana letak daun ini. Latamaosandi merupakan novel berlatar sejarah karya G. A. Puspagathy. Novel ini sangat menarik untuk kamu baca!

Baca Latamaosandi disini

11. Suku yang Hilang

Suatu hari Kemuning tertimpa sebuah masalah. Sembari membawa putra semata wayangnya, dia pun pergi ke Kampung Salaka, Bogor. Di sana Kemuning akan melakukan riset novelnya, tapi suatu hal telah mengaitkannya dengan permaisuri bernama Dewi Pohaci Larasti.

Baca Suku yang Hilang disini

12. The Stranger I Met in Bali

Cenderawasih merupakan tarian cinta yang mengisahkan perkawinan sepasang burung. Konon katanya, siapa yang menarikannya akan menjadi kekasih abadi. Ukaysha ingin sekali menarikannya, tapi segala kehidupan ini memang tidak mudah. Ada saja kendala yang harus dia taklukan.

Baca The Stranger I Met in Bali disini

13. > 9 SR

Malam itu, Idris berkejaran dengan waktu. Dia harus menyembunyikan berkas itu secepatnya. Namun, segalanya memang tidak mudah. Idris harus menaklukan rintangan satu demi satu. Mampukah Idris menaklukan itu semua?

Baca >9SR disini
Baca Juga: 12 Fakta Menarik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Itulah 13 rekomendasi novel tentang Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan alam, cerita mistis, budaya dan kearifan lokalnya. Sebagai penulis, kamu bisa mengeksplorasinya menjadi cerita menarik. Sebagai pembaca, mari baca literatur kita, karena bangsa besar adalah bangsa yang menghargai produk dalam negeri. Salah satu contohnya adalah aplikasi Cabaca.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lolos kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini. [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca