16 Rekomendasi Novel Tentang Mental Health di Cabaca

16 Rekomendasi Novel Tentang Mental Health di Cabaca
Photo by Anthony Tran / Unsplash

16 Rekomendasi Novel Tentang Mental Health di Cabaca – Untuk meningkatkan awareness tentang kesehatan mental, makin banyak loh novel Indonesia tentang mental health. Ini dia daftarnya!

Novel tentang Mental Health di Cabaca

Setiap dari kita tidak hanya menginginkan sehat secara jasmani saja, melainkan juga secara mental. Kesehatan secara mental itu kerapkali disebut sebagai mental health.

Kesehatan secara mental menjadi penting bagi kehidupan untuk menjadi hidup yang lebih baik. Dengan badan dan pikiran sehat, akan membuat kita menjadi lebih produktif. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai kesehatan mental, kamu bisa membacanya di novel-novel berikut ini.

1. Late Night Talk

novel terbaru Cabaca
novel terbaru Cabaca

Kesara Nanindra mempunyai insomnia serius. Karena insomnia itu, dia selalu terjaga di malam hari. Penyebabnya adalah masa lalu yang sulit dia singkirkan. Untuk mengantasi insomnia itu, Kesa menjalankan akun podcast bernama ‘Bunga Teratai’. Hingga suatu hari, dia bertemu seorang cowok di kampusnya yang akan mengubah hidupnya. Akankah Kesa berdamai dengan masa lalu?

2. My Husband Wants Me to Sleep with Another Man

novel terbaru Amy Sastra Kencana
novel terbaru Amy Sastra Kencana

Novel tentang mental health mengandung 18+ akan mengantarkanmu untuk mengetahui kisah Agnes dan Nicolas. Mereka adalah sepasang sepupu yang menikah terpaksa karena tuntunan keluarga. Mereka memutuskan untuk childfree. Lalu suatu hari, datanglah Reza, mantan pacar Agnes yang dulu kabur meninggalkannya ketika dia hamil. Mungkinkah cinta segitiga hadir di antara mereka?

3. PS. You Need to Revise It!

novel tentang penulis
novel tentang penulis

Di dunia industri penerbitan, biasanya editor mempunyai kendali terhadap suatu naskah. Namun, dalam prosesnya, seorang editor kadang menemukan penulis menyebalkan. Suatu hari, Edlyn harus mengeditori naskah milik keponakan dari tempatnya bekerja. Parahnya lagi, penulis itu sangat menguras kesabarannya. Apa yang harus dia lakukan keluar dari masalah ini?

4. Therapeutic

novel Euis Shakilaraya
novel Euis Shakilaraya

Ranaya mempunyai gangguan panik. Karena gangguan itulah, dia memutuskan untuk beristirahat dan berhenti bekerja. Setahun berlalu, dia pun dicap sebagai pengangguran yang tidak memiliki harapan. Karena tidak ingin terus dikira demikian, Ranaya meminta pekerjaan kepada Rayhan. Mungkinkah Ranaya bisa terbebas dari bayang-bayang masa lalu dan menjadi kehidupan dengan normal lagi?

5. Ruang yang Tak Pernah Berubah

novel Ruang yang Tak Pernah Berubah

Dahulu Rasta mempunyai seorang saudara kembar bernama Riza. Namun, karena suatu kecelakaan, saudaranya meninggal dunia. Sejak saat itu, Rasta merasa kehidupannya sangat bangga. Dia harus bangkit dan mencoba hidup tanpa saudaranya. Mau tidak mau, dia harus melakukan hal itu.

6. There is a Secret Behind Morena’s Life

novel karya Vallencia Zhang

Morea kehidupannya berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan apa pun. Namun, sejak kehadiran si murid baru bernama Sasa, kehidupan Morena berubah. Dia menjadi gadis yang dirundung setiap harinya. Apa alasan Sasa melakukan hal itu? Morena harus berusaha keluar dari perundungan secepatnya.

7. (Don’t) Miss the Rain

novel karya Dedew Lan Hua
novel karya Dedew Lan Hua

Yuan Feng-yu tidak menyukai hujan. Dia bersyukur bisa bekerja di Summer Bakery yang memungkinkannya bisa menghindari hujan. Feng-yu memang bekerja keras demi kehidupan perekonomiannya yang sedang susah. Dalam perjalanan itu, dia bertemu dengan Wang Zhe-zhao. Apa yang akan terjadi kepadanya?

8. The Masturbation’s Case

novel terbaru Qomichi
novel terbaru Qomichi

Sejak adiknya bunuh diri, Yoja merasa kehidupannya acak-kadut. Dia ingin melupakan segala kenangan tidak mengenakan mengenai adiknya. Hanya saja, kepedihan tersebut terus berputar dalam pikirannya. Apa pun yang terjadi, Yoga tidak harus melakukan hal serupa yang dilakukan oleh adiknya.

9. I’m Counting on You

novel terbaru Geanna Kim

Theo Gregory tidak lagi merasakan kebahagiaan dalam permainan voli. Dia selalu dimarahin, dicibir dan juga berharap bebannya dalam kehidupan dapat berkurang. Suatu hari, Theo berkeinginan melompat dari rooftop rumah sakit, tapi sebelum saat itu terjadi, dia bertemu dengan seorang perempuan yang sangat mengenal dia. Apakah ini saat yang tepat bagi Theo untuk membuka lembaran baru? Novel psikologi Indonesia ini bisa kamu baca di Cabaca.

10. Disable

novel karya Sakura Aeri
novel karya Sakura Aeri

Sepanjang hidup, Olivia merasa kehidupan sangat tidak berpihak kepadanya. Dia mempunyai orang tua yang lebih sayang adiknya daripada diri sendiri. Orang-orang asing juga selalu meremehkan dia. Dia pun mengalami gangguan dermatillomania. Hingga suatu ketika, semesta mengirimkan Alexander, seorang penyembuh yang membebaskan Olivia dari perasaan gangguan mental.

11. Before Your Time

novel karya Adelaidan
novel karya Adelaidan

Ava Brown ingin sekali mengakhiri hidup. Toh, ketika dia mati, tidak ada satu pun yang bakalan menangisi dia. Ayah telah mati beberapa tahun lalu. Sedangkan ibu, tidak pernah ada untuknya. Lalu suatu hari, seorang arwah laki-laki menyemangati Ava. Arwah itu tidak ingin Ava melukai diri sendiri. Siapakah dia?

12. Keep My Promise

novel Keep My Promise
novel Keep My Promise

Balin Egan Tunnu selalu dihantui oleh masa lalu. Dia berjanji kepada sahabat masa kecilnya, Mawinne Nala Nua untuk belajar berkuda. Hanya saja, keluarganya membuat Balin tidak bisa mewujudkan keinginannya itu. Balin harus melakukan sesuatu supaya terbebas dari perasaan ini. Buku tentang mental health Indonesia dapat kamu baca di Cabaca.

13. Backstreet on Cinema

novel karya Ardian Yudha
novel karya Ardian Yudha

Silvia mempunya trauma dengan gempa. Gempa telah merebut bapak dari Silvia. Karena hal itu, dia selalu membatasi diri dari laki-laki. Percintaannya selalu gagal. Dia menghabiskan masa muda di ibu kota seorang diri. Suatu hari, dia dijodohkan dengan Agam, seorang pria yang usianya di bawah ini. Mungkinkah segala kesedihan Silvia dapat terobati?

14. You, Wounded Healer

novel karya Fiierureka
novel karya Fiierureka

Masa lalu membuat Greta merasakan takut dan trauma. Kenangan buruk membuatnya harus meninggalkan Indonesia. Namun, selama lima belas tahun, bayangan itu tetap saja ada dalam benaknya. Proses penyembuhan diri memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Novel tentang kesehatan mental ini dapat kamu baca di Cabaca.

15. Enggak ada yang Salah Denganmu

nonfiksi karya Astrid Savitri
nonfiksi karya Astrid Savitri

Buku tentang mental health Indonesia ini akan mengenalkanmu kepada sosok yang sangat membenci diri sendiri. Dia merasa tubuhnya sangat tidak keren dan tidak beruntung. Jauh dalam hati, dia bertanya-tanya, darimanakah perasaan ini? Tokoh itu berusaha untuk mencari jawaban supaya terbebas dari pemikiran negatif tersebut.

16. Generation Why

novel remaja gratis

Kebanyakan para remaja bermasalah karena kekurangan kasih sayang dan komunikasi dari orang-orang terdekatnya. Salah satunya adalah Kimberly Adhara. Dia hanyalah seorang gadis biasa dalam keputusasaan, hingga suatu hari dia berkumpul dengan anak-anak nakal. Mereka menyimpan luka teramat dalam pada kehidupan. Akankah selamanya Kimberly seperti itu? Kimberly hanya ingin didengarkan.

Baca Juga: 18 Novel untuk Anak Sekolah, Gratis dan Lengkap

Dengan mengetahui pentingnya kesehatan mental, kamu tidak hanya menjaga kesehatanmu sendiri, melainkan juga nantinya dapat memahami kesehatan mental orang lain. Yuk, habiskan waktu dengan membaca novel. Bisa dengan menggunakan Happy Hournya Cabaca di program Jam Baca Nasional setiap hari pukul 21.00 - 22.00 WIB untuk baca novel-novel pilihan. Oya, program ini hanya available di aplikasi Cabaca aja ya! Jangan lupa unduh dulu di Play Store. [Lisma]

download Cabaca


Cari novel genre lainnya? Lihat judul lainnya:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy