Rekomendasi Channel Youtube untuk Self Development

Rekomendasi Channel Youtube untuk Self Development
Photo by Roberto Nickson / Unsplash

Rekomendasi Channel Youtube untuk Self Development – Butuh wawasan baru untuk meningkatkan kualitas diri? Ini dia channel Youtube self-improvement yang perlu kamu tonton.

Channel Youtube Self-Development

Zaman semakin maju. Sekarang tidak perlu susah lagi dalam mengembangan diri. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berkembang, salah satunya adalah Youtube.

Di Youtube terdapat orang-orang yang membuka salurannya. Kamu tidak hanya mempelajari keterampilan baru, melainkan juga bisa meningkatkan pola pikir maupun menambah pengetahuan. Berikut merupakan Channel Youtube untuk Self Development.

1. TED Talks

Banyak sekali video seminar inspiratif di sini. Kamu bisa mempelajari topik-topik, seperti: teknologi, desain, hiburan, sains, bisnis, isu-isu global, seni, bahkan segala sesuatu yang berhubungan dengan akal pikiran manusia. Pembicaranya pun cukup beragam, mulai dari aktor, penulis, dan tentunya para pakar di bidang masing-masing.

2. Maya Rahma

Public speaking merupakan keterampilan yang tidak bisa didapatkan seseorang sejak lahir. Kemampuan ini haruslah dilatih. Supaya mempermudahkanmu untuk mempelajarinya, kamu bisa mengunjungi channel Maya Rahma. Di sini kamu akan diberikan tips, teknik, etika dan segala sesuatu yang berhubungan dengan public speaking. Keterampilan ini mempunyai manfaat untuk mencari lapangan pekerjaan, semisal: menjadi MC atau membuat kontenmu sendiri.

3. Satu Persen

Channel ini mempunyai nama unik: Satu Persen. Kamu bisa mempelajari seputar kehidupan di sini. Topik yang dibahas pun terbilang tidak usang, misalnya kemampuan dasar dalam menjalani kehidupan, personal finance, pemahaman diri, hubungan, karier, sampai produktivitas. Dengan melihat channel ini, kamu akan memaknai kehidupan dari segala sisi.

4. Sukses Daily

Channel YouTube bermanfaat yang bisa kamu tonton selagi punya waktu luang adalah Sukses Daily. Seperti yang kita ketahui, setiap kesuksesan seseorang, pastilah mempunyai pembiasaan. Dari sini, kamu akan mempelajari bagaimana jalan-jalan orang hebat dalam menjalani kehidupan. Secara tidak langsung, kamu juga akan mempelajari bahasa Inggris karena kebanyakan narasumbernya berbicara bahasa Inggris. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada terjemahan Indonesianya.

5. Felicia Putri Tjiasaka

Investasi merupakan topik yang sering digemari oleh kawula-kawula muda. Apakah kamu juga? Kalau iya, kamu bisa mengunjungi channel Felicia Putri Tjiasaka. Kamu tidak perlu khawatir dengan segala istilah seputar investasi, karena Felicia mampu menyederhanakan segala istilah sulit itu. Buktinya channelnya sudah diikuti oleh 1,15 juta subscribers.

6. Greatmind

Menjalani hari dengan penuh mindfulness adalah hal berharga. Di kanal ini, kamu bisa melihat cerita influencer dalam mencari ide, aspirassi dan advokasi dengan beragam topik menarik. Kamu bisa mengetahui pemikiran mereka atau cara mereka dalam memandang sesuatu. Durasi video dalam channel ini pun tidak terlalu lama, hanya sekitar 3-17 menit saja.

7. Analisa Channel

Setiap orang mempunyai perjuangan masing-masing dalam menjalani hidup. Konten self development Analisa Channel akan memberikan pengalaman bagimu untuk mendengarkan cerita-cerita ringan dari orang-orang di dalam kehidupan. Dengan adanya ini, kamu bisa mempelajari bagaimana pola pikir maupun cara dalam menangani permasalahan-permasalahan itu.

8. Menjadi Manusia

Kita manusia. Setiap dari kita pasti mempunyai sisi-sisi yang tidak terungkap atau yang menyesakan. Karena hal itulah, konten ini dibuat. Dalam Menjadi Manusia konten yang ada akan menyuguhkan seputar latar belakang mereka dalam menjalani hidup. Di sini juga akan membahas kesehatan mental, sehingga kamu bisa merefleksikan diri sendiri. Pada akhirnya, kehidupan terdiri dari satu pembelajaran ke pembelajaran lainnya.

9. The School of Life

Kanal ini akan berfokus pada pembahasan seputar psikologi, filsafat, dan juga pengembangan diri. Secara keseluruhan, kontennya seputar membantu orang-orang dalam mengatasi masalah kehidupan sehari-hari. Kamu juga bisa membangun hubungan yang lebih baik, baik untuk diri sendiri maupun orang terdekatmu. Apabila sekolah mempunyai masa supaya bisa lulus, tapi di kehidupan ini, tidak ada kata lulus. Kita hanyalah menjalani satu masalah ke masalah lain.

10. Lana Blakely

Channel YouTube pengembangan diri luar negeri ini dipandu oleh Lana Blakely. Lana merupakan seorang penulis, pengusaha, dan penasihat keuangan yang basisnya berada di Amerika Serikat. Dari kanal ini, kamu bisa belajar seputar tips dan strategi untuk bisa dalam tahap kebebasan finasial dan menjalani kehidupan lebih baik lagi. Belajar dari ahlinya merupakan hal paling terbaik.

11. Gitasav

Gitasav atau Gita Savitri Devi merupakan salah satu Youtube channel self improvement Indonesia. Di kanal Youtube-nya, Gita yang kini tinggal di Jerman bersama suaminya kerapkali berbagi seputar opini mengenai isu-isu sosial yang terjadi. Dia juga sering membagikan vlog harian dan serial pagi-pagi, bersama Paul. Gita juga selalu menyisipkan data-data yang dibutuhkan.

12. Rowena Tsai

Bila kamu merasa kehilangan diri sendiri, cobalah untuk menonton kanal Rowena Tsai. Di sini kamu bisa menemukan banyak hal, seperti cara untuk mengatur waktu dan produktivitas. Dia juga sering berbagi seputar pengembangan diri, penemuan jati diri, self care, tips untuk kesehatan, entah itu jasmani atau rohani. Termasuk juga untuk mengikuti kegiatan sehari-harinya.

13. Catwomanizer

Mempunyai nama asli Andrea Gunawan. Topik yang dibahas sangatlah beragam. Kamu bisa mempelajari seputar relationship, mengolah finance and fashion. Termasuk juga mengembangkan diri supaya lebih berkembang dan meninggalkan segala toksik dalam hidupmu.

14. Alivia D’Andrea

Semula dia terkenal karena serial Glow Up diary. Seperti namanya, video-video yang ada akan memotivasi dirimu untuk memberikan yang terbaik dari dirimu. Tidak hanya seputar mengubah fisikmu semata, melainkan juga mengenai pola pikir dan pandanganmu terhadap sesuatu. Dari sini, rasa cinta terhadap diri sendiri akan jauh lebih besar. Karena bagaimanapun, satu-satunya orang yang tidak akan meninggalkanmu adalah dirimu sendiri. Jadi pupuklah rasa itu sebanyak mungkin.

15. Crash Course

The Green Brothers yang terdiri dari John Green dan Hank Green, membuat kanal video pembelajaran yang bisa kamu tonton di waktu luang. Mereka berbagi informasi seputar ilmu pengetahuan atau juga hal-hal sederhana dalam hidup. Selain itu, kanal ini juga sangat ramah untuk digunakan oleh anak maupun remaja.

16. Lavendaire

Dia adalah konten kreator dan entrepreneur asal Los Angeles. Dia mendirikan channel Youtube untuk berbagi kisah-kisah menyulitkan dalam hidupnya. Lavendaire juga sering membagikan pengalaman yang digunakan dalam menjalani hidup maupun kisah yang lebih positif. Kamu juga akan diajari untuk mengatur hal-hal dasar, misalnya tips mengatur tidur, waktu, kebiasaan, dan keuangan yang cepat habis.

17. Kok Bisa?

Manusia mempunyai rasa penasaran dan hal itu sangatlah alamiah. Terkadang pertanyaannya pun terbilang bisa sangat bodoh atau aneh. Konten edukasi ini akan mencoba menjawab untuk pertanyaan-pertanyaan yang terlihat dalam pemikiran penontonnya. Contohnya adalah "Kenapa rendang bisa tahan lama?" atau "Apakah kita langsung meninggal kalau jantung berhenti berdetak?"

Baca Juga: Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang dan Cara Daftarnya

Setelah mempelajari keterampilan baru, kamu bisa melatih diri sendiri dengan kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan membaca novel online.

Membaca novel digital tidak perlu susah lagi. Kamu hanya perlu install aplikasi Cabaca di Google Play dan nikmati banyak kisah indah dari penulis Indonesia. Kualitasnya pun terjamin karena sudah melalui seleksi editor. Kapan lagi bisa baca novel mulai dari Rp5 ribu aja. Hanya dengan install aplikasinya di Play Store kamu pun bisa baca gratis loh! Buktikan sendiri keseruannya. [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel digital di Indonesia


Cari novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy


Your subscription could not be saved. Please try again.
Kamu telah berhasil subscribe. Jangan lupa buat akun Cabaca ya!

Dapatkan e-book gratis dan promo menarik lainnya!