6 Perpustakaan Terkeren di Dunia

6 Perpustakaan Terkeren di Dunia
Photo by Emil Widlund / Unsplash

6 Perpustakaan Terkeren di Dunia – Bagi pencinta buku, perpustakaan merupakan surga dunia yang akan membuatnya lama-lama di tempat itu. Perpustakaan bisa dikatakan sebagai belahan jiwa. Berikut merupakan perpustakaan terkeren di dunia.

Perpustakaan Terbaik di Dunia

Perpustakaan adalah tempat terbaik bagi kamu pembaca. Nah, inilah daftar perpustakaan terbaik di dunia yang kamu wajib tahu.

1. Library of Congress – Washington D.C., USA

Sumber: afar.com

Library of Congress disebut sebagai Perpustakaan terbesar di dunia dari segi luas rak buku dan total koleksi buku. Ada sekitar 32 juta judul bahan pustaka yang ditulis dalam 270 bahasa. Perpustakaan ini juga menyimpan 61 juta manuskrip serta mengoleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan Kitab Gutenberg. Selain itu, perpustakaan ini juga menyimpan jenis bacaan lain seperti komik, gulung microfilm, surat kabar, dan masih banyak lainnya. Karena banyaknya rak buku, pantaslah jika perpustakaan ini menempati 3 buah gedung di Washington, D.C. Perpustakaan ini juga dijuluki perpustakaan terlengkap di dunia.

2. Bodleian Library – Oxford, United Kingdom

Sumber: cherwell.org

Bodleian Library menjadi perpustakaan riset utama Universitas Oxford, salah satu perpustakaan tertua di Eropa. Koleksi perpustakaan ini lebih dari 11 juta barang. Di perpustakaan ini juga, terdapat koleksi-koleksi berharga, semisal: Ashmole Manuscripts, Carte Manuscripts, Douce Manuscripts, Laud Manuscripts, Al Kitab Gutenberg, Folio pertama dari Shakespreare, dan masih banyak lagi.

3. National Library of ST. Mark’s – Venice, Italy

Sumber: gotravelly.com

Perpustakaan Marciana atau Perpustakaan Saint Mark merupakan perpustakaan umum di Venesia, Italia. Dinamai demikian dengan maksud sebagai santo pelindung kota. Perpustakaan ini menyimpan salah satu koleksi teks klasik paling signifikan di dunia.

Perpustakaan ini didirikan pada 1468 dengan menyimpan koleksi terdiri dari 13.117 manuskrip, 2.887 incunabula, 24.060 cinquecentine, dan 1.000.000 buku pasca-abad keenam belas.

4. Vatican Library – Vatican City, Rome

Sumber: visitvatican.info

Adalah perpustakaan milik Takhta Suci yang berada di kota Vatikan. Perpustakaan ini mengoleksi tulisan-tulisan bersejarah. Perpustakaan Vatikan memiliki sekitar 75.000 buku dan 1,1 juta buku cetakan, termasuk 8500 incunabula. Salah satu koleksinya yang terkenal adalah Codex Vaticanus, yakni manuskrip kitab suci yang hampir lengkap dan tertua.

5. Reading Room at The British Museum – London, England

Sumber: theguardian.com

British Museum Reading Room terletak di tengah Great Court di British Museum, digunakan sebagai ruang membaca utama British Library. Perpustakaan ini dirancang oleh Sydney Smirked dan dibuka pada 1857. Kemudian pada tahun 1997, tempat ini ditutup sementara karena renovasi. Dibuka kembali pada tahun 2000. Lalu dari 2007 sampai 2014, tempat tersebut digunakan untuk menggelar pameran sementara. Namun, sekarang perpustakaan ini ditutup lagi dan pemanfaatannya masih didiskusikan.

6. Thomas Fisher Rare Book Library – Toronto, Canada

Sumber: fisher.library.utoronto.ca

Perpustakaan ini memiliki desain yang menarik dan unik sehingga kamu tidak terasa telah menghabiskan waktumu di sini. Untuk masuk ke dalamnya, seluruh tas harus dititipkan, kemudian kamu akan mendapatkan tiket masuk seharian. Ada banyak koleksi bukunya, termasuk buku-buku langka.

Baca Juga: 10 Akun TikTok yang Wajib Difollow Kutu Buku


Bagi kamu yang suka membaca, tapi malas keluar dari kamar dan rumah, sekarang kamu bisa membaca buku langsung dari gawai. Kamu bisa membacanya di manapun dan kapan pun. Cukup install aplikasi Cabaca di Google Play dapatkan novel-novel baru setiap harinya.  [Lisma]

download Cabaca


Mau baca novel digital berbagai genre? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy