Perayaan Satu Dekade Sewon Screening 10 dengan Tema Persistence di Yogyakarta

Perayaan Satu Dekade Sewon Screening 10 dengan Tema Persistence di Yogyakarta

Yogyakarta, 24 September 2024 – Sewon Screening merupakan eksibisi film pendek yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Film dan Televisi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2015 silam, Sewon Screening terus konsisten dan berpegang teguh pada semangat “Angin Segar” dalam menghadirkan dan mengkritik film dalam hal konten, serta konteks yang berkembang pada setiap tahunnya.

Sewon Screening, salah satu komunitas festival film yang telah menjadi wadah bagi sineas independen, merayakan tahun ke-10 penyelenggaraannya. Mulai dari 24-28 September 2024 digelar di Sewon, Bantul, festival ini bertujuan untuk merangkul keragaman karya film serta memberikan ruang diskusi bagi pelaku industri kreatif, sineas, dan penonton dalam ekosistem film independen di Indonesia.

Dengan tema besar "Persistence", Sewon Screening 10 tidak hanya menyajikan berbagai program pemutaran film, tetapi juga acara non-pemutaran seperti forum komunitas, public lecture, hingga diskusi panel yang menyoroti isu-isu strategis dalam perkembangan industri film lokal. Melalui tema ini, festival ingin menyoroti kegigihan komunitas film dalam bertahan dan berkembang di tengah dinamika industri film yang terus berubah.

Sebagai sebuah festival film, Sewon Screening tidak menutup diri pada sebuah institusi kelembagaan saja. Pada setiap tahunnya, Sewon Screening terus berjejaring dengan komunitas, pengulas film, dan tentunya masyarakat umum untuk menghadirkan festival film yang inklusif.

Program Sewon Screening 10 memulai program dari pre-event yang berjalan dari bulan Juni sampai dengan September, menuju main event terdiri dari program pemutaran dan juga non-pemutaran, berikut program pemutaran yang ada di Sewon Screening 10:

1. Layar Tandang - Program ini mengadakan roadshow pemutaran yang menampilkan arsip Sewon Screening di lima provinsi, antara lain:

- DKI Jakarta
- Jawa Barat
- Jawa Tengah
- Jawa Timur
- Denpasar

2. Layar Lanskap Yogyakarta - Program ini akan menyajikan ragam lanskap D.I. Yogyakarta lewat film pada titik-titik lokasi dalam film tersebut.

3. Layar Fakultas - Layar Seni Rupa dan Seni Pertunjukkan - Program ini menampilkan lintas disiplin seni pada film sebagai sebuah seni media rekam dengan seni rupa & seni pertunjukan dalam ruang akademik Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

4. Layar Tancap Sewon - Program ini bertujuan menjadi bentuk inklusivitas film bagi masyarakat, juga bukti kebermanfaatan Sewon Screening untuk masyarakat sekitar.

5. Layar Pembuka - Program ini akan menjadi layar pertama yang akan membuka makna Persistence di Sewon Screening 10. Dibuka dengan film “Monisme”. Program ini menjadi layar pertama yang akan membuka makna Persistence di Sewon Screening 10. Dibuka dengan film “Monisme”.

6. Layar Utama - Program ini menampilkan film-film submisi yang sudah dikurasi, sekaligus menjadi program yang akan menampilkan berbagai bentuk Persistence di sepanjang berlangsungnya acara.

7. Layar Spesial - Program ini akan menampilkan pilihan-pilihan film tertentu di luar submisi yang akan membahas bentuk Persistence secara khusus.

8. Focus On - Program ini akan menghadirkan salah satu alumni ISI Yogyakarta untuk menilik kembali perjalanan dan Persistence-nya melalui film-film yang pernah ia buat.

9. Layar Penutup - Program ini akan menjadi program pemutaran terakhir sekaligus menjadi penutup makna Persistence di Sewon Screening 10.

Sedangkan program non-pemutaran yang ada di Sewon Screening 10 sebagai berikut:

1. Forum Komunitas: Grebek Komunitas - Program ini bertujuan menyambangi komunitas-komunitas film secara internal untuk menjalin hubungan yang lebih intens.

2. Forum Komunitas - Program ini bertujuan menjadi wadah serta ruang bertemunya komunitas-komunitas yang bergerak di bidang film.

Sesi 1o1 bersama IDN Pictures di Sewon Screening 10
Sesi 1o1 bersama IDN Pictures di Sewon Screening 10

3. Public Lecture - Program yang berbasis edukasi dan diskusi mengenai aspek-aspek di dalam perfilman bersama narasumber yang ahli di bidang tersebut.

4. Kelas Bunga Matahari - Program kelas intensif dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten dalam bidang kritik film.

5. Pameran Arsip - Pameran instalasi arsip Sewon Screening dan pameran kolaborasi dengan seniman dan/atau komunitas seni tertentu sebagai wujud Persistence Sewon Screening selama satu dekade.

Sewon Screening 10 diharapkan menjadi ajang refleksi bagi perjalanan sinema independen di Indonesia sekaligus merayakan persistence-nya komunitas film dalam terus berkarya dan berkontribusi terhadap perfilman Indonesia.

Baca Juga: 8 Film Indonesia yang Membangkitkan Rasa Cinta Tanah Air

Selain menanti event menarik tiap minggunya, kamu juga bisa cari inspirasi dengan membaca novel digital yang berkualitas di HP kamu. Cobain deh install aplikasi Cabaca untuk mendapatkan banyak promo menarik dan baca novel online mulai Rp5 ribu aja loh! Jauhi download pdf novel ilegal, beralihlah pakai Cabaca di ponselmu sekarang! []

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Situs baca novel online di Indonesia


Cari baca novel genre apa? Cek dulu di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy


Your subscription could not be saved. Please try again.
Kamu telah berhasil subscribe. Jangan lupa buat akun Cabaca ya!

Dapatkan e-book gratis dan promo menarik lainnya!