Penulisan Ucapan HUT RI yang Benar

Penulisan Ucapan HUT RI yang Benar
Photo by Inna Safa / Unsplash

Penulisan Ucapan HUT RI yang Benar – Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang  diperingati setiap tanggal 17 Agustus, mungkin kamu akan membuat konten ucapan HUT RI. Begini cara penulisan yang benar!

Penulisan Ucapan HUT RI

Beberapa dari kita mungkin kerap membuat konten ucapan HUT RI dengan menuliskan kata-kata di bawah ini.

  • HUT RI ke-79
  • Dirgahayu RI ke-79
  • Dirgahayu RI 79
  • Dirgahayu HUT RI

Ternyata semua penulisan di atas adalah kurang tepat. Penulisan ucapan dirgahayu Indonesia yang benar adalah sebagai berikut.

  • HUT ke-79 RI
  • Dirgahayu RI
  • Dirgahayu Republik Indonesia


Rupanya, masih banyak  orang yang bingung bagaimana menuliskan ucapan HUT (Hari Ulang Tahun) RI yang benar. Apakah harus menggunakan HUT RI ke-79 atau HUT ke-79 RI?

Ternyata penulisan yang benar adalah HUT ke-79 RI.

Frasa ke-79 digunakan untuk menerangkan Hari Ulang Tahun atau HUT, bukan untuk menjelaskan jumlah Republik Indonesia. Oleh karena itu, jika kita menuliskan HUT RI ke-79, akan muncul makna ganda, yakni makna 'HUT RI yang ke-79' dan makna 'HUT untuk RI yang ke-79' (sedangkan Republik Indonesia hanya satu di dunia, tidak ada yang ke-79).

💡
Ternyata yang benar adalah HUT ke-79 RI.

Arti Kata Dirgahayu

Selain itu, masih banyak orang yang berasumsi bahwa kata dirgahayu bermakna 'selamat ulang tahun'. Padahal, dalam KBBI terbaru, definisi dirgahayu adalah:

/a/ berumur panjang (biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang memperingati hari jadinya)

Dari situ, diketahui dirgahayu merupakan kata sifat yang maknanya mengandung doa 'panjang umur', bukan 'selamat ulang tahun' atau 'selamat hari jadi'.

Jadi, kata Dirgahayu RI ke-79 dan Dirgahayu RI 79 adalah kurang tepat. Karena itu, cukup gunakan Dirgahayu RI atau Dirgahayu Republik Indonesia.

💡
... cukup gunakan Dirgahayu RI atau Dirgahayu Republik Indonesia.

Baca Juga: Penulisan Swt., saw., as., dan ra. yang Benar

Gimana? Sudah gak bingung lagi kan untuk membuat kata-kata ucapan selamat hari ulang tahun Indonesia. Supaya lebih yakin, kamu juga dapat mengecek Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ya, semoga membantu!

Untuk kamu yang suka menulis, KBBI akan banyak membantumu. Yuk, salurkan bakat menulismu novel dan cobain upload novelmu di aplikasi Cabaca. Siapa tahu akan banyak pembaca berdatangan dan mengapresiasi karyamu. Mau dapat tambahan penghasilan dari menulis? Monetisasi langsung pun bisa loh! Atau bisa juga Ajukan Eksklusif untuk mendapatkan royalti pertamamu di Cabaca. Buruan deh, download aplikasi Cabaca di Play Store. [Asya]

download Cabaca


Ingin Cari Novel Murah Berbagai Genre? Klik di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy


Your subscription could not be saved. Please try again.
Kamu telah berhasil subscribe. Jangan lupa buat akun Cabaca ya!

Dapatkan e-book gratis dan promo menarik lainnya!