23 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula di Indonesia

23 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula di Indonesia
Photo by Arnel Hasanovic / Unsplash

23 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula di Indonesia – Jika kamu adalah penulis pemula, inilah daftar penerbit yang mungkin bisa menerima naskahmu.

Penerbit yang Menerima Naskah Pemula

Kamu baru berkecimpung di dunia kepenulisan dan bingung apa sih penerbit itu? Penerbit adalah badan usaha yang akan mencetak naskahmu, kemudian disebarluaskan ke manapun. Seiring berkembangnya zaman, muncul juga platform kepenulisan, seperti contohnya Cabaca.id. Di Cabaca naskahmu bisa dibaca per bab dan menjangkau banyak orang dalam satu waktu, sehingga prosesnya lebih cepat.

Baik penerbit ataupun platform, semuanya sama baiknya. Kalau kamu ingin menjadikan bidang ini sebagai profesi, sudah semestinya untuk mencoba semuanya. Berikut merupakan penerbit yang menerima naskah penulis pemula.

1. Penerbit Deepublish

Penerbit Deepublish menerbitkan buku-buku seperti buku ajar, monograf, referensi, bunga rampai, dan lain sebagainya. Penerbit ini bisa kamu jumpai di alamat Jln. Rajawali Gg. Elang 6 No. 3, Drono, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mengirimkan naskah ke sini, kamu bisa mendatangi kantor penerbit langsung atau secara online.

2. Penerbit Bukunesia

Naskah yang disukai oleh Penerbit Bukunesia adalah yang mengusung tema inspirasi dan keberanian. Jadi, untuk temanya sesuai kreativitas penulis saja. Kamu bisa mengirimkannya ke kantor atau website resminya.

3. Penerbit Haru

Penerbit Haru senang menerbitkan setting Jepang dan Korea. Walaupun demikian, Haru tetap menerima latar lokal. Untuk mengirimkan naskahmu kirim ke alamat [email protected] atau Jln. Sulawesi No. 17, Nurmanan, Mangkujayan, Ponorogo, Jawa Timur Telp. (0352) 481444.

4. Penerbit Inari

Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama penerbit ini, kan? Inari masih berada di bawah naungan Penerbit Haru. Naskah yang disukai adalah genre romance, drama, romance-comedy, romance-fantasy, suspense / thriller. Kirim naskahmu ke alamat email [email protected].

5. Bintang Media

Penerbit mayor ini senang sekali menerbitkan buku-buku dari platform gratis. Meskipun demikian, penerbit ini juga senang menerbitkan buku bukan dari platform. Naskah yang disukai adalah genre untuk kalangan remaja. Alamat email Bintang Media adalah [email protected].

6. Kata Depan

Sudah banyak buku bestseller yang diterbitkan oleh Penerbit Kata Depan. Kamu bisa menghubungi penerbit ini di alamat Perum Executive Village E9 Jln. Curug Agung No. 36, Tanah Baru, Beji Depok 16426. Genre yang disukai adalah romance, dari remaja sampai dewasa.

7. Falcon Publishing

Selain sebagai rumah produksi pembuatan film, Falcon juga menyediakan penerbitan yang mengkhususkan untuk menerbitkan novel. Kirimkan naskah terbaikmu di [email protected].

8. Gradien Mediatama

Gradien Mediatama merupakan penerbitan besar yang berada di alamat Jln. Wora Wari No. A-74, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225. Penerbit ini berfokus kepada fiksi dan nonfiksi. Selain di alamat langsung, kamu juga bisa mengirimkannya ke email [email protected].

9. Penerbit Twigora

Sebagian besar buku di Penerbit Twigora merupakan penulis pemula. Kamu bisa menuliskan kisah terbaikmu. Kirimkan ke website Penerbit Twigora atau ke alamat Jln. Delima Raya, RT 04/RW 02, Malaka Sari, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13460.

10. Penerbit Mizan

Banyak sekali buku yang diterbitkan oleh Penerbit Mizan. Buku yang sering diterima adalah yang bergenre romance dan mempunyai segmen remaja dan dewasa. Kirimkan novel terbaikmu ke alamat Jln. Conambo 135, Cisaranten Wetan, Bandung 40294.

Baca Juga: 17 Drakor tentang Penulis Supaya Tidak Kaget Jadi Penulis

11. Noura Books

Merupakan bagian dari Mizan Group. Noura Books menyukai buku genre fiksi. Untuk mengirimkan naskahmu, kamu bisa kirim lewat email [email protected] atau di alamat Jln. Jagakarsa Raya No. 40 RT 07/RW 04 Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12620.

12. Bentang Pustaka

Selain menerbitkan buku nonfiksi, Bentang Pustaka juga menerbitkan buku-buku fiksi yang sangat banyak. Salah satu yang paling terkenal adalah Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Kirimkan naskahmu di email [email protected] atau dialamat redaksi Jalan Plemburan No. 1 Pogung Lor, RT 11 RW 48 SIA XV Mlati, Sleman, DIY, 55284.

13. Bentang Belia

Penerbit novel terkenal Bentang Belia menjadi rujukan untuk para penulis pemula. Target pembaca dari penerbit ini adalah remaja. Kirimkan naskahmu ke [email protected] atau dialamat Jln. Palagan Tentara Pelajar No. 101, RT 04/RW 035, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

14. Tiga Ananda

Tiga Ananda merupakan penerbit buku anak yang menerima banyak sekali naskah cerita anak. Tiga Ananda juga adalah imprint dari Tiga Serangkai. Kamu bisa mengirimkan naskahmu di email [email protected] atau alamat Jln. Dr. Supomo No. 23 Solo 57141.

15. Tinta Medina

Ini merupakan imprint dari Tiga Serangkai dan berfokus kepada naskah dewasa yang islami. Untuk pengirimannya masihlah sama dengan alamat di tiga Ananda. Cukup lampirkan subjek apabila naskahmu dikhususkan ke Tinta Media.

16. Diva Press

Kalau kamu sering mengikuti lomba menulis, kamu pasti tahu mengenai penerbit satu ini. Kirimkan naskah terbaikmu ke alamat Sampangan Gg. Perkutut No. 325-B Jln. Wonosari, Baturetno, Banguntapan Yogyakarta, 55197.

17. Penerbit Andi

Daftar penerbit buku yang menerima penulis pemula, yakni Penerbit Andi. Penerbit ini sudah berdiri sejak tahun 1980. Penerbit ini masih eksis sampai sekarang dan melahirkan jutaan buku. Kirimkan naskah terbaikmu ke alamat [email protected] atau alamat Jalan Beo No. 38-40 Yogyakarta 55281.

18. Gagas Media

Gagas Media menyukai novel-novel yang mempunyai segmen remaja dan dewasa. Tema yang sering diterima adalah romantis. Kirimkan naskah terbaikmu di alamat Jalan Haji Montong No. 57, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI 12630.

19. Media Kita

Media Kita menargetkan pembaca kalangan remaja. Media Kita termasuk dalam kelompok Agromedia dan merupakan penerbit besar. Kirimkan naskah terbaikmu ke alamat email [email protected] atau alamat di Jln. H. Montong No. 57, RT 6/RW 2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630.

20. Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Penerbit novel terbaik di Indonesia memang susah ditembus. Namun, penerbitannya tetap membuka peluang lebar bagi penulis-penulis pemula. Kamu bisa mengirimkan naskah terbaikmu ke Digital Publishing System (DPS) atau alamatnya di https://dps.gramedia.com/. Tunggu beberapa bulan sampai mendapatkan hasil terbaik.

21. Penerbit Grasindo

Grasindo masihlah dalam Gramedia Grup. Sekarang seluruh grup Gramedia bisa mengirimkan naskahnya lewat DPS. Naskah yang sering diterbitkan banyak sekali, mulai fiksi sampai nonfiksi.

22. Elex Media Komputindo

Elex masih dalam kelompok Gramedia Grup. Elex senang menerima naskah komik dan juga menerima naskah-naskah novel dengan berbagai genre. Usahakan untuk menuliskan cerita terbaikmu.

23. Quanta

Quanta sering menerbitkan buku islami dan motivasi. Karena masih dalam bagian Gramedia Grup, kamu bisa mengirimkan naskah terbaikmu ke DPS. Jangan lupa lakukan swasunting supaya bukumu minim kesalahan.


Baca Juga: 16 Novel Ebook Indonesia di Cabaca


Perbedaan yang mencolok antara penerbit dan platform adalah kalau penerbit naskahmu harus selesai, sedangkan jika ingin terbit di platform digital, naskah masih ongoing bisa diterbitkan. Kamu juga bisa mendapatkan komisi sama seperti penerbit asalkan banyak pembacanya. Sekarang tunggu apa lagi? Tuliskan seluruh kisah indahmu di platform menulis Cabaca dan raih kesempatan mendapatkan royalti pertamamu bersama Cabaca. Jangan lupa install aplikasi Cabaca agar kamu bebas berkarya.[Lisma]

Jadi penulis Cabaca untuk mendapatkan tambahan penghasilan.


Mau baca novel murah? Cek genre novelnya di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy