10 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula di Indonesia

10 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula di Indonesia-Karya paling bagus di dunia adalah karya yang sudah selesai dituliskan. Lalu setelah diselesaikan, harus diapakan? Tentu step selanjutnya adalah menerbitkannya, bukan?

Tentu saja ada banyak tantangan untuk menerbitkan sebuah novel. Apalagi menerbitkan novel untuk penulis pemula lebih susah dibandingkan dengan penulis yang sudah berpengalaman. Mayoritas penerbit memilih naskah penulis terkenal yang sudah punya follower besar.

Sejujurnya banyak sekali penerbit konvesional yang menerima naskah dari penulis pemula. Sejujurnya lagi, sekarang itu sudah zaman maju banget. Menerbitkan buku tidak harus di penerbit konvesional saja. Kamu bisa menerbitkan karya-karya di platform online berbayar.

10 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula di Indonesia

Penasaran kan? Apa penerbit penerbit yang menerima naskah penulis pemula? Berikut ulasannya:

1.   Cabaca

Cabaca sangat terbuka dengan penulis pemula. Bagi Cabaca, yang terpenting adalah kualitas naskahmu. Selebihnya, seluruh promosi naskah kamu akan dibantu oleh Cabaca. Menjadi penulis Cabaca juga mempunyai banyak sekali keuntungan, seperti dapat komisi dan upgrade ilmu, baik dari komunitas atau sharing editor, dan hal-hal bermanfaat lainnya.

Royalti di Cabaca juga terhitung lebih besar jika dibandingkan dnegan platform kompetitornya loh! Jadi, apa kamu siap menulis di Cabaca?

Baca juga: Sistem Pembagian Royalti di Cabaca

2.   Mizan Pustaka

Mizan merupakan salah satu penerbit tertua di Indonesia. Mizan sudah berdiri sejak tahun 1983 lalu. Di bawah naungan Mizan pun, ada bermacam-macam anak penerbit, seperti Noura, Bentang, dll dan seluruhnya menerima naskah dari penulis pemula. So, jangan khawatir. Kalau kamu sudah merasa yakin naskahmu ciamik, kirim saja. Apabila rejekimu, naskah itu akan kembali dengan kabar baik.

3. Gramedia Pustaka Utama

Penerbit novel terbaik di Indonesia yang jadi banyak incaran penulis ini juga menerima naskah dari penulis pemula, loh. Namun, proses seleksinya memang super duper ketat. Kamu tidak perlu khawatir. Kirim saja naskah terbaikmu. Kalau jodoh dan rejeki tidak akan ke mana.

4. Bentang Pustaka

Kamu pasti sudah sering dengar nama penerbit ini, kan? Bentang Pustaka tergabung dalam Mizan Grup. Penulis andalannya seperti Andrea Hirata dan Dewi Lestari. Meskipun demikian, Bentang Pustaka tetap menerima lebar naskah dari penulis pemula kok.

5.  Penerbit Republika

Novel andalan dari Penerbit Republika adalah karya Habiburrahman El Shirazy, Tere Liye, Asma Nadia, Hanum Rais, Fahd Pahdepie dan lain sebagainya. Walaupun begitu, kamu sebagai penulis pemula tetap bisa mengirimkan naskah kok. Terus asah ketrampilan menulismu dan terus mencoba untuk mengirim naskah sampai diterima.

Baca juga: 21 Aplikasi Baca Novel Gratis Paling Recommended Buat Kamu! Lengkap!

6.  Penerbit Andi

Andi merupakan daftar penerbit buku di Indonesia yang sudah berdiri lama sekali. Setiap tahunnya, Andi melakukan penjaringan naskah buku. Kelebihannya seluruh hasil naskah, baik diterima atau ditolak, tetap mendapatkan pemberitahuan kok. Jadi kamu tidak akan dighosting.

7. Penerbit Andam

Ini adalah anak penerbitan dari Bumi Aksara. Selain menerima naskah dari penulis terkenal, Andam juga menerima novel dari penulis pemula. Tentunya pastikan naskahmu memang berkualitas agar diterima ya!

8. MNC

MNC seringkali menerbitkan komik. Tapi, MNC juga menerbitkan novel kok. Beberapa diantaranya best seller. Cara memasukkan novel ke penerbit MNC bisa lewat dps atau langsung ke email yang tertera di official instagram mereka.

9. Elex Media Komputindo

Elex masih tergabung di grup Gramedia. Koleksi novelnya pun sangat banyak. Kalau kamu punya naskah bagus, kamu bisa mengirimkannya ke sana. Siapa tahu berjodoh, kan? Namun, pastikan naskah kamu memang berkualitas ya!

10. Grasindo

Novel di Grasindo lebih bervariasi lagi loh. Ada K-Fiction (Korean Fiction), Novel Komedi, Novel Islami, Wattpad Fiction, Novel Lokal dan lain-lain. Itu artinya lowongan naskah masih terbuka lebar. Sering-sering saja kamu melatih kemampuan, ya.

Baca juga: 12 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang dan Cara Daftarnya!

Sebenarnya masih banyak lagi penerbit yang menerima naskah penulis pemula, baik itu penerbit mayor ataupun skala kecil. Mekanisme penjaringan naskah biasanya sama aja, sih.

Kalau kamu kurang terkenal dan tidak mempunyai banyak follower, maka kekuatan naskahmu haruslah berada di eksekusi. Maka dari itu, perbanyak berlatih dan membaca, ya, karena membaca adalah makanan bagi penulis.