15 Peluang Freelance untuk Ibu Rumah Tangga

15 Peluang Freelance untuk Ibu Rumah Tangga- Menjadi ibu rumah tangga memang tidak mudah. Setiap hari kita harus mengurus rumah, termasuk juga membesarkan anak-anak. Biasanya para ibu menginginkan kerja freelance untuk menambah penghasilan atau memang hobi berkarya.

Para ibu sebenarnya bisa memiliki pekerjaan freelance loh! Pekerjaan freelance tidak mengharuskan keluar rumah dan urusan pekerjaan rumah tetap bisa terlaksana.

Daftar Peluang Freelance untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut merupakan peluang freelance untuk ibu rumah tangga yang bisa mom coba:

1. Penulis Lepas

Ini merupakan pekerjaan yang banyak uangnya kalau ibu-ibu mau belajar, membuka jejaring dan terus mengasah keahlian. Penulis lepas artinya menuliskan sesuatu untuk media atau penerbitan. Di zaman digital seperti sekarang, pekerjaan penulis lepas biasanya untuk konten kreator, hiburan, artikel, teks iklan digital dan lain sebagainya.

Awalnya menjadi penulis memang tidak mudah. Namun, kamu bisa berlatih, kok. Kamu bisa melatih diri sendiri dengan menuliskan novel. Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu pilih dalam latihan ini, contohnya adalah Cabaca.

Kamu bisa menuliskan bab-bab novelmu di Cabaca. Kalau kamu semakin lihai dan pembacamu banyak, kamu bisa Ajukan Novel untuk dijadikan premium.

Micin sebutkan pembagian komisinya, ya, kalau kamu jadi penulis resmi Cabaca. Misalkan kamu punya novel sepanjang 30 bab. Tiga bab pertamamu akan dibayar Rp 250.000. Lalu sisa babnya akan dibayar royalti 30% dengan per bab dijual seharga Rp 2.000. Misalkan saja, pembaca per babmu konsisten dibaca sebanyak 1.000 orang, jadi perhitungannya adalah: harga bab x royalti x jumlah baca x jumlah bab = komisimu.

Rp 2.000 x 30 % x 1.000 x 27 = Rp 16.200.000

Banyak juga ya? Kamu bisa mmendownload aplikasi Cabaca di sini.

2. Dropshipper

Pekerjaan ibu rumah tanpa modal lainnya adalah Dropshipper. Cara kerjanya adalah kamu harus mencari pemasok barang. Kemudian setelah menemukannya, kamu mempromosikan barang tersebut kepada pembeli.

Kalau pembeli berminat dan melakukan pembelian, kamu ambil dari pemasok barang. Lalu mengirimkannya ke pembeli tersebut. Mudah sekali, bukan?

3. Affiliate Marketing

Kalau yang ini lebih mudah lagi. Affiliate Marketing adalah bisnis yang membayarkan jasa seseorang untuk menjualkan produk dari sebuah perusahaan.

Cara kerjanya yakni seseorang mempromosikan jualan (biasanya dengan memberikan link ke postingan sosmed). Kemudian apabila pembeli mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, si Affiliate Marketing akan mendapatkan bayaran.

4. Membuka Online Shop

Lowongan kerja online untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu coba yakni membuka online shop. Bisnis ini membuatmu tidak bekerja di bawah orang lain serta kamu bisa melakukannya sesuai keinginanmu sendiri.

Ada banyak sekali peluang dalam membuka online shop, yaitu bisnis frozen food, jualan hasil kerajinan tangan, jualan camilan atau makanan kekinian.

5. Membuka Kursus Online

Apabila kamu mempunyai keahlian dalam suatu bidang, kamu juga bisa membuka kursus online. Kamu hanya perlu mengatur pertemuan via zoom dengan para peserta. Contoh kursus online, yakni kelas bahasa, les pelajaran anak sekolah, les menggambar, dll.

Baca juga: 18 Hobi yang Bisa Jadi Peluang Bisnis, Pasti Cuan!

6. Jasa PPOB

Pekerjaan freelance untuk wanita yang bisa kamu lakukan di rumah adalah membuka jasa PPOB. Apakah itu PPOB? PPOB merupakan singkatan dari payment point online bank.

Artinya kamu menyediakan jasa untuk membayar tagihan maupun top up e-money. Cara kerjanya cukup hanya dengan mengisi saldo saja. Contoh sederhananya adalah menjual pulsa, pembayaran listrik, dsb.

7. Pengelola Akun Media Sosial

Teknologi yang berkembang pesat, membuat perusahaan maupun badan membutuhkan jasa orang dalam mengelola akun media sosial. Akun ini berfungsi untuk memberikan informasi ataupun promosi. Dengan mengelola akun media sosial, kamu hanya perlu punya kemampuan dalam menulis dan mendesain.

8. Life Coach

Jika kamu pandai memberikan solusi untuk orang lain, kamu bisa membuat bisnis Life Coach. Profesi ini mengharuskanmu untuk memberikan konseling atau terapi. Tugasnya adalah membantu orang lain dalam merancang rencana kerja maupun keluar dari permasalahan yang ada.

9. Thrifting

Apakah itu thrifting? Singkatnya thrifting adalah kegiatan membeli barang bekas dengan harga terjangkau, lalu menjualnya kembali. Namun, kamu tetap harus mementingkan kualitas dalam menjalankan usaha ini, ya.

10.  Penitipan Anak (Childcare)

Kamu bisa membuat penitipan anak di rumah. Bisnis ini dapat menjadi penghasilan tambahan karena sekarang ini banyak sekali ibu pekerja yang sedang kebingunan mencari tempat menitipkan anak-anaknya. Anak-anak yang ada di rumahmu bisa menjadi teman bermain untuk anak-anakmu, loh.

11.  Customer Service

Pernah mendengar istilah ini? Pekerjaan customer service mengharuskanmu untuk menyampaikan informasi suatu barang atau jasa kepada consumer. Kebanyakan pekerjaan ini bisa dilakukan lewat jarak jauh atau tidak perlu datang ke kantor.

12.  Jasa Proofreading

Ibu-ibu yang punya kemampuan dalam bidang bahasa bisa menjadi proofreading. Kamu hanya perlu membaca naskah jadi. Kemudian mengoreksi, adakah kesalahan dalam penulisan itu? Pekerjaan ini bisa kamu lakukan ketika mempunyai waktu luang di rumah.

13.  Penerjemah

Pekerjaan yang tidak mengharuskanmu keluar rumah selanjutnya adalah penerjemah. Kamu bisa menerjemahkan buku atau artikel. Untuk memiliki pekerjaan ini, kamu haruslah membangun jejaring.

14.  Fotografi

Kamu hobi memfoto? Kamu bisa menjadikan ladang ini sebagai mencari cuan. Kamu tidak perlu khawatir, meskipun pengalamanmu tidak banyak, bisnis fotografi tidak susah untuk dijalankan. Kamu bisa mempromosikan fotomu ke media sosial atau melisensikannya.

15.  Bisnis Laundry

Mencuci baju adalah pekerjaan sehari-hari. Meskipun demikian, banyak sekali orang yang tidak sempat mencuci karena padatnya aktivitas. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usahamu sendiri.

Baca juga: 10 Rekomendasi Channel Youtube untuk Belajar Bisnis

Itulah beberapa peluang freelance untuk ibbu rumah tangga yang bisa kamu coba. Kira-kira kamu mau coba yang mana nih? Kamu juga bisa menjadi penulis novel online di Cabaca loh! Yuk dapatkan royalti pertama kamu!