15 Peluang Freelance untuk Ibu Rumah Tangga

15 Peluang Freelance untuk Ibu Rumah Tangga
Photo by Windows / Unsplash

15 Peluang Freelance untuk Ibu Rumah Tangga- Kehidupan pernikahan memang selalu diuji. Salah satunya adalah perekonomian. Barangkali ibu-ibu rumah tangga juga ingin bekerja. Tapi, kalau bekerja, siapa yang akan mengurus rumah dan anak-anak?

Bu-ibu tidak perlu ragu lagi. Kamu juga bisa bekerja dari rumah kok. Berikut rekomendasi freelancer untuk ibu rumah tangga:

1. Menjadi Penulis Novel

Sekarang banyak sekali platform yang mengundang penulis untuk menuliskan novelnya. Salah satu platform itu adalah Cabaca. Dengan menulis di Cabaca, kamu bisa mendapatkan royalti sampai 60%.

Kalau banyak pembacanya, kamu bisa meraup lima juta lebih dalam satu bulan. Di Cabaca juga, setiap novel akan dipromosikan dengan adil. Jadi, kamu tidak akan merasa menjadi anak tiri deh, di platform berlogo gurita ini.

2. Usaha Catering

Ibu-ibu yang doyan masak, bisa nih menyalurkan hobinya dengan membuka usaha catering. Pendapatan dari usaha ini terbilang banyak, loh. Jenisnya pun banyak. Ada kue atau makanan.

3. Guru Les Privat

Peluang freelancer untuk ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan adalah menjadi guru les privat. Kamu tidak harus membuat murid-murid datang ke rumah. Bisa juga dilakukan lewat virtual, semisal: Zoom Meeting atau Google Classroom.

4. Penulis Lepas

Kalau poin pertama khusus untuk novel, sedangkan penulis lepas cangkupannya sangat luas. Kamu yang jago nulis dapat menjadi konten kreator atau bergabung ke komunitas menulis untuk mendapatkan jaringan kepenulisan, seperti: artikel, skenario dan lain sebagainya.

5. Dropshipper atau Reseller

Dengan ponsel saja kamu bisa menjalankan usaha menjadi dropshipper atau reseller. Carilah pemasok yang kualitasnya bagus dan berharga murah. Kamu juga tidak perlu memasok barang.

6. Online Shop

Kalau kamu punya modal, kamu bisa menjajal peruntungan di bidang online shop. Kamu dapat memasarkan produk di sosial media atau marketplace ternama.

7. Blogger

Daftar freelancer untuk ibu rumah tangga yang masih berhubungan dengan kepenulisan adalah menjadi blogger. Penghasilan dari blog pun terbilang pasif income, yang mana kamu hanya perlu bekerja sekali dan akan terus mendapatkan keuntungan, asalkan blogmu banyak dikunjungi.

8. Bermain Saham

Untuk masuk ke ranah ini, kamu perlu belajar terlebih dahulu. Carilah informasi lewat internet bagaimana bermain saham atau ikuti kelas. Namun, perlu kamu ingat bahwa kalau bermain saham usahakan memakai uang dingin, ya. Perlu diingat pula, saham tidak langsung mendapatkan keuntungan, tapi membutuhkan waktu.

9. Menjahit

Kamu punya keterampilan menjahit? Kamu bisa memanfaatkan keahlianmu itu untuk mencari uang tambahan. Sekarang banyak sekali anak-anak muda yang menyukai jenis rajutan.

10. Remote Customer Service

Pekerjaan ini sekarang tidak harus pergi ke kantor, loh. Pekerjaan customer service seperti call center, email atau live chat. Namun, dalam bidang pekerjaan ini, kamu harus ekstra sabar menghadapi pelanggan yang marah-marah.

11. Momfluencer

Apa itu momfluencer? Artinya ibu-ibu yang menjadi influencer di sosial media. Kamu bisa meng-update pertumbuhan si kecil dan memberikan tips-tips. Semoga pengikutnya banyak dan mendatangkan endors, ya.

12. Jasa Pembayaran PPOB

Tahu ini, kan? PPOB merupakan singkatan dari payment point online bank, yang mana kamu bisa menyediakan pembayaran lewat mengisi saldo. Misalnya: pulsa, kuota, pembayaran listrik, pembayaran air dan sebagainya.

13. Admin Media Sosial

Sekarang sosial media merupakan salah satu tempat perusahaan mempromosikan sesuatu. Kamu bisa menjadi admin yang mana pekerjaannya dapat dilakukan dari rumah. Kerjaan admin sosial media biasanya hanya memposting konten, membalas komen dan membangun kedekatan dengan audience.

14. Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Kamu yang jago berbahasa asing, boleh nih membuka jasa penerjemahan bahasa asing. Kamu bisa menerjemahkan buku atau artikel. Untuk menjadi penerjemah kamu harus membangun jejaring yang kuat.

15. Data Entry

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa data entry. Kamu bisa menggunakan laptop dan mengerjakan dari rumah. Gajinya pun terbilang sangat banyak.

Segalanya memang selalu dimulai dari bukan siapa-siapa dan tidak punya apa-apa. Jadi, bagi kamu yang ingin fokus menulis, tidak perlu khawatir mengenai follower. Tulis aja dengan sebaik-baiknya, nanti follower akan datang sendiri. Bersama Cabaca, mari kita tumbuh bersama. [Lisma]

download Cabaca


Cari novel online berbagai genre? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy