14 Novel Tentang Orang Tua untuk Dibaca di Hari Orang Tua Sedunia

14 Novel Tentang Orang Tua untuk Dibaca di Hari Orang Tua Sedunia
Photo by Jonathan Borba / Unsplash

14 Novel Tentang Orang Tua untuk Dibaca di Hari Orang Tua Sedunia – Setiap anak yang lahir di dunia ini pastilah mempunyai orang tua. Laki-laki dan juga perempuan. Maka, dari itu setiap tanggal 1 Juni selalu diadakan hari orang tua sedunia. Berikut ini novel tentang orang tua yang bisa kamu baca.

Novel Tentang Orang Tua

Dalam memperingati hari orang tua sedunia, kamu bisa melakukan beberapa hal, contohnya adalah dengan mengenang jasa-jasa orang tua dengan membaca novel tentang orang tua. Berikut merupakan rekomendasi beberapa judul untukmu.

1. Fastened of Fate

Fastened of Fate ditulis oleh Piko. Bagi Akai, rumah hanya sebatas panggung pertunjukan dan dia merupakan boneka talinya. Sedangkan si dalang adalah ayahnya, Pak Darmawan. Ayah berjanji akan memberikan kebebasan asalkan Akai sudah menikah. Akai percaya suatu hari, saat itu akan datang.


2. Ketika Aku akan Mati

Novel manis bersampul merah jambu ini ditulis oleh Lisma Laurel, merupakan novel tentang ibu yang mengharukan. Dimulai dari Diana yang mengira bahwa dia telah menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya, tapi kenyataannya saat dia menjadi roh, dia tahu ibu seperti apakah dia. Diana ingin anaknya menjadi rukun dan saling menguatkan kembali.


3. Secret Mother: Story of Alena

Alena Velysia (gadis miskin dan malang) harus menanggung kesedihan seorang diri karena dia hamil di luar nikah. Anak yang dia kandung merupakan darah daging Elvano Alterio, pria kaya yang baru dia kenal. Hanya saja, Elvano sudah bertunangan. Meskipun keluarga Elvano mau bertanggung jawab atas kehamilan itu, tapi Alena juga harus melepaskan anaknya. Novel tentang kasih sayang seorang ibu ini ditulis oleh Tyarss.


4. Bagian yang Tak Kuketahui tentang Ayah

Pada suatu malam, Briel mendapat telepon misterius dari seorang wanita yang mengabarkan kalau papa meninggal di rumah sakit. Segera setelah Briel sampai di sana, ternyata kabar itu memang benar. Ternyata papa sudah meninggal sebelum dibawa ke rumah sakit. Anehnya lagi, wanita yang menelepon dia tidak tampak di manapun. Novel yang ditulis oleh verooogabriel ini akan membuat jantungmu berdegup kencang.


5. Merebut Calon Istri Ayahku

Apa jadinya kalau ayah dan anak jatuh cinta kepada seorang wanita sama? Dand tidak ingin Shin menjadi istri baru dari ayahnya, Ryan. Karena Ryan hanya berambisi untuk mengambil keperawanan seorang wanita saja. Apa yang harus Dand lakukan untuk memperjuangkan cintanya? Novel penuh intrik ini ditulis oleh Dwi Sartika Juni.


6. Unexpected to be Mom

Novel tentang ibu yang sudah meninggal ini menceritakan mengenai Raiden (balita berumur dua tahun), yang kehilangan ibu. Hingga suatu hari, bertemulah Raiden dengan Raina. Tidak butuh waktu lama, Raiden pun dekat dengan Raina. Karena balita itu, Raina dekat dengan Galih, ayah dari Raiden. Mungkinkah ini saat yang tepat bagi semesta untuk menyatukan mereka berdua? Galih meminta Raina untuk menjadi ibu sambung Raina. Unexpected to be Mom ditulis oleh Freyay.


7. Single Mother Club

Robin Wijaya akan mengajakmu untuk berkenalan dengan lima wanita tangguh yang menjadi single mother. Mereka adalah Sarah (baru bercerai dan berjuang untuk memulai hidup baru), Alma (ibu dari anak autis), Bella (melawan stigma dan mengalami kesulitan keuangan setelah melahirkan anak tanpa suami), Aisha (berusaha mengatasi perasaan kesepian setelah suaminya pergi tanpa pamit), dan Kania (berjuang dengan penyakit lupus). Mampukah kelima wanita itu menaklukan kehidupan yang keras ini?

8. Portrait

Semua orang menganggap Elang Pramoedya mempunyai kehidupan sempurna. Dia adalah semata wayang dari pengacara kondang, Pramoedya Hoetomo. Hanya saja, bagi Elang dia selalu hidup dalam kengkangan. Ayahnya berambisi banyak hal dalam hidupnya. Dia juga tidak mendapatkan kehangatan sebuah keluarga. Novel yang ditulis oleh Yunathrias ini akan mengantarkanmu untuk menyelami sisi lain dari kehidupan.

9. Prenancy without Husband

Gista ingin mempunyai anak, tapi dia tidak mau punya suami karena memiliki masa lalu kelam bersama ayahnya. Ayah terus saja menyiksa ibu. Hal tersebut menghantui Gista. Namun, jauh dalam hati, Gista sangat menyukai anak-anak. Maka, Gista ingin merasakan hamil. Dia ingin seseorang mendonorkan sperma. Keinginan Gista ini ditentang oleh ibunya. Ibu tidak setuju. Apa yang akan Gista lakukan? Akankah pria yang nantinya menjadi suaminya dapat menyakinkan Gista bahwa dia adalah pria yang tepat. Novel manis ini ditulis oleh Amy Sastra Kencana.

10. Free Child

Meski tidak mau menjadi orang tua, Bara dan Trisha tetap menjalani hubungan dan menikah. Bagi Trisha, anak hanyalah sebuah masalah. Mereka bertahan seperti itu hingga akhirnya sebuah masalah menerpa kehidupan mereka dengan hadirnya orang ketiga. Mampukah mereka berdua bertahan dari beratnya ujian pernikahan?


11. All the Things You've Sacrified

Novel karya Aulia Musla ini bercerita tentang Hanun yang harus rela menunda karier, termasuk melanjutkan sekolah di luar negeri, demi sang buah hati yang mengalami keterlambatan tumbuh kembang. Saat niatnya sudah bulat untuk resign supaya bisa optimal memantau tumbuh kembang putranya, badai rumah tangga yang lebih besar datang tanpa ia sangka.

12. Rewrite

Nana memutuskan untuk bercerai dari Rega. Entah Nana yang terlalu bodoh membiarkan lelaki itu berselingkuh di belakangnya atau karena Rega memang tak lagi menaruh harap apapun pada keluarga kecilnya.

Demi Kimi, anak semata wayang Nana dan Rega, wanita itu memutuskan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga. Tak disangka, pemilik rumah tempat ia bekerja adalah mantan pacar Nana saat kuliah—Juna. Hal-hal yang seharusnya dilupakan, tetap pada tempatnya di masa lalu, kini hadir dalam kehidupan keduanya.

13. A Month with the Baby

Sudah menikah tapi belum punya anak? Berarti kayak Salwa dan Ramdan yang sudah menikah selama tujuh tahun belum juga mendapatkan momongan. Tadinya sih, mereka asyik aja menjalani hidup berdua. Sampai suatu ketika, Salwa merasa kalau hari-hari yang mereka lalui tuh udah kayak ibu dan anak kos. Belum lagi kalau ada seupil masalah, bisa jadi segede ban monster truck dalam hitungan menit.

Salwa takut bila hubungan yang enggak sehat ini berdampak ke usia pernikahannya. Dia pun memaksa Ramdan untuk menuruti saran ibunya yang sebenarnya sudah sering dilontarkan sejak dua tahun yang lalu—mengasuh anak dari kakak Salwa. Tapi benarkah kehadiran bayi membuat rumah tangga mereka makin erat?

14. Revive

Nasib Luna sungguh tidak mujur, saat meninggal arwahnya sama sekali tidak bisa masuk ke dalam pintu akhirat. Kata Asaka—spirit guide yang mendampinginya, sebuah kesalahan besar yang dilakukannya sebelum mati membuat arwahnya terlunta-lunta di alam roh. Namun berkat permohonan seseorang yang tulus, dia diberi satu kesempatan lagi untuk hidup dan memperbaiki kesalahannya supaya diampuni.

Luna diberi batas waktu selama 17 hari untuk menyelesaikan misinya di dunia. Namun kehidupan keduanya pun tidak semudah membalik telapak tangan. Semua ingatan dan kenangannya sewaktu hidup telah dihapus, bahkan semua orang terdekatnya bungkam atas penyebab kematiannya. Apakah ada yang salah dengan dirinya? Apakah dia memang bukan ibu yang baik?

Baca Juga: 16 Novel Ebook Indonesia di Cabaca

Selain membaca perihal novel orang tua atau novel tentang parenting, kamu juga bisa baca novel online dengan beragam genre, mulai dari novel remaja, horor, komedi, dan masih banyak lagi. Kamu hanya perlu install aplikasi Cabaca, karena selalu ada novel keren yang update setiap harinya. Gak perlu lagi cari novel tentang ibu pdf. Modal Rp5 ribu, kamu bisa baca novel Indonesia terbaru mana saja yang kamu suka di HP kamu. Makin banyak promo dan program menarik yang hanya bisa dinikmati di aplikasi. Buruan, download Cabaca di Play Store sekarang. [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Platform baca novel online di Indonesia


Suka baca novel online? Cari genre favoritmu di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy