7 Novel Tentang Kanker yang Mengharukan

7 Novel Tentang Kanker yang Mengharukan
Photo by National Cancer Institute / Unsplash

7 Novel Tentang Kanker yang Mengharukan – Hari Kanker Sedunia diperingati setiap 4 Februari. Dengan adanya hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi dan pengobatan kanker.

Novel Tentang Kanker

Untuk memperingati Hari Kanker Sedunia, selain bisa memberikan santunan kepada penderita kanker, kamu dapat membaca novel tentang kanker. Berikut merupakan novel tentang kanker yang mengharukan.

1. Surat Kecil untuk Tuhan

C:\Users\planet1\Documents\GAMBAR ARTIKEL 02\GAMBAR 01.jpg
Sumber: bukukita.com

Ini dia salah satu novel sedih Indonesia. Surat Kecil untuk Tuhan menceritakan tentang perjuangan gadis remaja yang menderita kanker jaringan lunak. Dia bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau yang lebih dikenal sebagai Keke.

Sejak didiagnosis kanker, hidup Keke tidak sama lagi. Dia harus rela menerima kenyataan tubuhnya semakin kurus dan hal lainnya. Namun, Keke tidak ingin menjadi gadis cengeng dan menyerah. Dia pun sekuat mungkin tetap bertahan.

Novel ini ditulis oleh Agnes Danovar dan terkenal pada masanya.

2. The Fault in Our Stars

C:\Users\planet1\Documents\GAMBAR ARTIKEL 02\GAMBAR 02.jpg
Sumber: amazon.com

Novel romantis ini menceritakan dua orang remaja yang bertahan demi melawan kanker. Mereka adalah Hazel Grace Lancaster dan  Augustus Waters. Keduanya bertemu di support group bagi pasien kanker.

Hubungan keduanya semakin dekat. Gus bahkan mengajak Hazel ke rumahnya dan bertukar buku favorit. Mereka pun menyukai sebuah buku berjudul An Imperial Affliction karya Peter Van Houten. Sayangnya, buku itu berakhir menggantung.

Karena rasa penasaran, Gus pun menghubungi Peter. Tanpa mereka duga sebelumnya, ternyata Peter mengundang keduanya ke rumah. Bisakah mereka memenuhi undangan Peter tersebut?

3. Secangkir Cinta dan Air Mata

C:\Users\planet1\Documents\GAMBAR ARTIKEL 02\GAMBAR 03.jpg
Sumber: amazon.com

Lisa adalah ibu dari empat orang anak. Suatu hari dia didiagnosis kanker payudara. Untuk kesembuhan, Lisa harus menjalani operasi, penyinaran dan kemoterapi.

Namun, Lisa tidak pernah putus asa. Dia riang dan selalu memberi dampak positif untuk orang sekitarnya. Lisa adalah pejuang sejati yang sebenarnya. Semangatnya untuk sembuh tidak lain dan tidak bukan karena anak-anaknya. Sudahkah kamu membaca novel ini?

4. Life is Beautiful

C:\Users\planet1\Documents\GAMBAR ARTIKEL 02\GAMBAR 04.jpg
Sumber: goodreads.com

Novel ini ditulis oleh Agnes Davonar dan Ronny Irawan. Life is Beautuful mengisahkan seorang gadis remaja bernama Aurelia Carla Tjahjadi. Aurelia didiagnosis menderita kanker langkah yang membuat hidupnya tidak mudah.

Tidak menyerah dengan keadaan adalah hal yang bisa dilakukan Aurelia. Dia bertekad untuk memperjuangkan kesembuhan sambil berharap dapat menjalani hari-hari indah bersama teman-temannya: lulus bersama, berfoto saat wisuda dan memilih universitas terbaik.

Akankah mimpi kecil Aurelia dapat terwujud? Kita doakan saja, ya.

5. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

C:\Users\planet1\Documents\GAMBAR ARTIKEL 02\GAMBAR 05.jpg
Sumber: bukukita.com

Novel ini ditulis oleh Kirana Kejora. Menceritakan seorang ayah tunggal yang berjuang membesarkan anak penderita kanker otak. Sang Ayah, Juna, berjanji akan terus merawat dan memperjuangkan anak satu-satunya yang berharga itu.

6. Alien Itu Memilihku

novel Alien itu Memilihku

Diangkat dari kisah nyata, novel ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Indah yang menderita kanker tulang. Disebutkan kanker yang dialaminya merupakan fenomena yang sudah sangat tua. Indah hanya mempunyai dua pilihan: menciut takut terhadap alien ini atau menatap matanya dengan berani lalu melawannya.

7. Tomorrow I Will Die

novel karya Erwingg

Novel ini berkisah tentang Amanda yang menghabiskan masa remajanya, berjuang melawan kanker darah yang sangat langka, yang dikenal dengan multiple myeloma. Selain penyakitnya, Amanda juga menjadi beban bagi orang tua dan saudari kembarnya, Amelia. Melihat semangat hidup Amanda yang terus menurun, Amelia pun mengusulkan agar Amanda menuliskan mimpi-mimpinya di kertas. Kemudian Amelia akan membantu Amanda mewujudkan mimpi itu satu per satu. Klik di sini untuk baca novel medis gratis.

Baca Juga: 10 Serial Drakor Tentang Dokter yang Menarik Ditonton!


Itulah novel-novel yang menceritakan mengenai perjuangan penderita kanker. Sebagai sesama manusia, sudah seharusnya kita bisa saling support dan memberi semangat.

Kamu juga bisa membaca novel keren lainnya di Cabaca. Dengan memakai aplikasi Cabaca, kamu bisa membaca novel-novel yang melalui proses kurasi sehingga novel yang ditawarkan merupakan novel berkualitas. Bersama Cabaca, kamu bisa baca novel online hanya melalui ponsel pintar, baca melalui website Cabaca di sini. [Lisma]

download Cabaca


Ingin baca novel genre lainnya? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasi