Niat Puasa Ramadhan Lengkap, Doa Sahur dan Doa Buka Puasa Lengkap dengan Artinya Alhamdulillah, kita masih dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan. Untuk menyambut Ramadhan 2021, mari siapkan doa niat puasa ramadhan. Kenapa dalam berpuasa harus berniat? Karena niat adalah hal yang sangat dasar dalam setiap ibadah. Niat tidak hanya berdasarkan lisan saja, melainkan juga hati. Dengan demikian kita berpuasa karena ibadah kepada Allah Swt. Hukum dari niat puasa ini adalah sunnah.

Kapan waktu terbaik untuk berniat puasa? Yang pasti niat tidak boleh dilakukan saat fajar menyising. Kamu bisa niat sahur saat malam hari atau sahur. Lalu untuk berbuka puasa, kamu bisa melakukannya ketika akan berbuka.

Berikut merupakan doa-doa pada puasa Ramadhan.

1. Niat Puasa Ramadhan

Dalam Madzhab Syafi’I, lafadz niat puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Sedangkan menurut Madzhab Hanbali (Hanabilah), siapa yang hatinya terbesit keinginan bahwa besok akan puasa, maka itu sudah dianggap niat.

Baca Juga: 9 Doa Puasa Ramadhan untuk Sebulan

2. Doa Makan Sahur

Dalam kitab-kitab hadits, tidak ada doa khusus ketika makan sahur. Ketika kamu sudah membaca niat puasa ramadhan di malam hari, kamu cukup membaca doa makan saja, yakni:

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Kalau belum membaca niat puasa Ramadhan, kamu bisa membaca niatnya saat sebelum makan sahur dan ditambah doa sebelum makan. Semoga puasa kita diterima oleh Allah Swt.

3. Doa Buka Puasa Arab

Ada beberapa doa puasa dalam kibat-kitab hadits. Kamu bisa menggunakan salah satunya, tidak perlu ketiganya.

Doa Buka Puasa 1

Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-allah

Artinya: “Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah.”

Doa Buka Puasa 2

Allohumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka”

Kebanyakan dari kita menggunakan doa ini untuk berbuka puasa.

Doa Buka Puasa 3

Allohumma innii laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamantu, dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-aLlahu ta’ala. Yaa waa si-al fadhli ighfirlii, alhamdulillaahil ladzii a’aananii fashumtu wa rozaqonii fa-afthortu

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu. Kepada-Mu aku bertawakal dan kepada-Mu aku beriman. Dahaga telah lenyap, urat-urat telah basah dan pahala telah pasti didapatkan, insya Allah. Wahai Tuhan yang luas karunia-Nya, ampunilah dosaku. Segala puji bagi Allah yang telah membantuku sehingga ku dapat berpuasa dan memberiku rezeki sehingga aku dapat berbuka.”

Baca Juga: 11 Amalan Bulan Ramadan yang Bisa Tetap Dilakukan Saat Terjadi Wabah

Dalam berpuasa, selain niat, kurangi juga hal-hal kurang berfaedah yang berpotensi merusak amalan Ramadhan kita ya. Kamu bisa mengaji atau membaca novel-novel keren langsung dari ponselmu. Cukup dengan install aplikasi Cabaca di Google Play, kamu bisa mendapatkan banyak sekali novel-novel keren yang ditulis oleh penulis resmi Cabaca.  [Lisma]