Kumpulan Novel Islami Gratis dan Lengkap

Kumpulan Novel Islami Gratis dan Lengkap
Photo by MATAQ Darul Ulum / Unsplash

Kumpulan Novel Islami Gratis dan Lengkap  – Untuk kamu yang suka baca novel islami, berikut ini novel islami yang bisa dibaca gratis di Cabaca.

Novel Islami di Cabaca

Novel islami adalah novel dengan muatan konten Islam. Biasanya karakter utamanya adalah seseorang yang menjalankan Islam dengan ketat atau tentang perjalanan religius seseorang untuk menjadi muslim yang baik. Selain itu, ada juga yang merupakan novel berlatar pesantren atau bahkan novel tentang cinta beda agama.

Untuk penyuka novel religi atau novel islami, Cabaca menawarkan beberapa judul untuk kamu baca. Berikut ini novel islami terbaik yang bisa dibaca gratis di Jam Baca Nasional atau dengan melakukan Misi Kerang.

1. My Beloved Niqobi

novel My Beloved Niqobi
novel My Beloved Niqobi

Maira, gadis berniqob yang harus mengalami pahitnya kehidupan di luar pondok pesantren. Masyarakat umum sering memandangnya sebelah mata dengan tuduhan teroris, penculik, pezina, dll. Di tengah perjuangannya mendapatkan pekerjaan, dia mendapati fakta orang tuanya terlilit hutang akibat pamannya yang suka berjudi. Terlebih pamannya tersebut memiliki perjanjian hutang dengan Andi, juragan kaya tak taat agama yang sangat ingin menjadikan Maira istri keempat.

Maira dan orang tuanya sangat keberatan, namun lagi-lagi kekuatan uang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam masalah tersebut. Sebenarnya, hati Maira pun masih tertuju pada Ibrahim sosok pemuda alim anak kepala pesantrennya dahulu. Ibrahim meminta Maira menunggu untuk memantaskan diri, namun sampai saat ini pemuda itu tidak kunjung kembali.

Di saat Maira dan kedua orang tuanya terus dipojokkan oleh Andi, Maira ditolong oleh sosok Ali, pria berwajah arab, pemilik perusahaan korporasi besar dan pernah menyukai Maira semasa di pesantren. Namun sayang, Ali tidak peduli agama meski statusnya islam. Akankah Ibrahim kembali? Atau Allah memiliki rencana lain yang lebih indah untuk Maira?

2. Tintingan

novel tentang beda agama
novel Tintingan

Ziani tumbuh dalam keluarga yang membebaskan anak-anaknya meyakini agama mana pun. Meski secara tertulis beragama Islam, hatinya tak pernah benar-benar mengimani kepercayaan itu. Ia jatuh cinta pada Ilash, pemuda Kristen yang menyambut perasaannya dengan lamaran. Ziani direstui menikah dengan Ilash sebagai seorang Kristen, tetapi ayahnya mengikat Ilash dengan janji untuk tak pernah memaksa Ziani mengimani agamanya.

Perbedaan keimanan itu tak menghalangi keduanya menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis. Namun, guncangan tak terduga justru timbul ketika keluarga Ziani datang berkunjung dalam keadaan telah berhijrah. Menyaksikan ayah dan ibunya kini menjadi muslim yang taat, kegamangan bertunas dalam hati Ziani. Dengan izin Ilash ia memutuskan untuk memulai perjalanan batin, berusaha menemukan agama mana yang dengan serius akan ia imani. Meski Ilash mendukungnya, mereka berdua sama-sama tahu, kehidupan rumah tangga mereka tidak akan sama lagi.

3. Rangga Bukan Pujangga

novel berlatar pesantren
novel Rangga Bukan Pujangga

Rangga yang ini bagai langit dan sumur jika dibandingkan dengan peran Nicholas Saputra di film AADC. Walaupun dia sering mengaku sebagai kembarannya. Rangga yang ini hobi merayu perempuan, berutang di warung tetangga, bahkan pura-pura kesurupan jika keinginannya tidak dituruti. Membuat uminya yang seorang ustazah majelis taklim sekaligus tokoh masyarakat itu malu. Orangtuanya kemudian memutuskan untuk memasukkan Rangga ke pesantren baru di kampungnya.

Bukannya tobat, eh, malah semakin menjadi dia merayu para santriwati di sana. Bertepatan dengan jadwal piketnya menjaga gerbang, Rangga lagi-lagi mengeluarkan jurus rayuan mautnya kepada seorang—yang dikiranya—santriwati baru. Seha Sholihah.  Eh, tapi tunggu, sepertinya ada yang aneh. Kok santriwati baru malah mendatangi pimpinan pesantren alih-alih ke bagian pendaftaran?

Waduh, ini mah ustazah baru!

4. Majelis Rindu

novel Majelis Rindu
novel Majelis Rindu

"Aku ingin bertemu denganmu dan mereka. Tapi kata guruku, perbanyaklah salawat. Apakah ada di antara huruf-hururf Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad? Aku tak paham. Tapi, aku tetap melakukannya."

Tulisan pada sebuah balon itu menjadi sebab Qais memulai perjalanan meninggalkan Jogja, dan meninggalkan Layla-nya, Hara, tentu saja.

Di Cirebon, dia dipertemukan dengan jawaban dari doanya yang tak pernah putus dimunajatkan. Namun, bersamaan dengan itu pula, dia dihadapkan pada surel Hara yang memberitahu tanggal upacara perpisahan.

Di Majelis Rindu, Qais diperlihatkan definisi cinta, kasih, dan cahaya semesta. Di Majelis Rindu, ia membaca prosa temu yang baitnya tak memiliki akhir.

5. Tangis Senyap di Balik Kerudung

novel Tangis Senyap di Balik Kerudung
novel Tangis Senyap di Balik Kerudung

Aku telah melalui sejerumus luka yang menyiksaku dalam melodi hujan. Luka akibat mimpi-mimpiku yang terpatahkan. Luka akibat harapanku yang melampaui bintang.

Namun, aku bukan domba betina yang akan menyerah begitu saja ketika tak diberi makan. Aku adalah perempuan yang memiliki keteguhan hati dan kemantapan pikiran. Aku adalah Yumna, anak Abi dan Umi yang telah membesarkanku dalam setiap doanya.

Aku berani bermimpi meski pada akhirnya terjatuh dengan teramat pilu. Aku berani memulai bermimpi lagi saat semua harapanku mengembang layaknya sinar rembulan.

Tuhan mengizinkanku tuk bermimpi. Tuhan mengizinkanku tuk berjuang. Tuhan, selalu menyertai di setiap langkah perjuanganku. Menemaniku berkelana dalam khayalku akan sebuah mimpi melampaui bintang.

***

Yumna Azzahra namanya. Gadis biasa dengan kehidupan yang biasa-biasa saja. Hobinya adalah menulis, merajut mimpi—mempertahankan ‘eksistensinya’. Yumna senang berbagi kisah. Sayang, keluarganya lebih sering membantahnya daripada mendengarkannya. Karena itu, Yumna suka menghadiri berbagai macam diskusi, bertukar pikiran, berbagi emosi sesaat dengan orang-orang yang baru dikenalnya.

Namun, akhirnya dia ketemu batunya. Keberadaan Yovan yang pada saat itu membantunya untuk mengenal pengetahuan yang lebih luas, membuatnya tak bisa mengarang kisah lain pada keluarganya. Demi menggapai segala mimpinya, Yumna harus menguak siapa dirinya sebenarnya. Sanggupkah Yumna?

6. Di Balik Semesta Narulita

Novel Di Balik Semesta Narulita
Novel Di Balik Semesta Narulita

“Mulai saat ini, aku akan mencoba melupakanmu, Naru. Bagaimanapun, kamu sudah menjadi kakak iparku. Terima kasih telah ada dalam semestaku untuk banyak tahun yang sudah kita lewati. Mungkin sekarang saatnya kamu menikmati samudera kehidupan bersama Kak Galant. Semoga kamu selalu berbahagia.”

***

Dalam semesta Ethan, hanya ada satu wanita yang mampu membuat dadanya kembang kempis meski sekadar mendengar suaranya. Dialah Narulita.

Maka, ketika orang tuanya menikahkan Narulita dengan kakak lelaki itu, semesta Ethan seolah berhenti berputar. Ia patah sepatah-patahnya.

Namun, takdir seolah berpihak padanya di kemudian hari. Narulita harus menjadi janda dan Ethan tak bisa hanya diam saja kala melihat perempuan itu ditimpa kemalangan.

Apa yang sebenarnya terjadi pada Narulita? Masihkah api cinta di hati Ethan menyala untuk perempuan itu? Akankah ia bisa mengungkap segala yang dirasanya meski restu orang tua menjadi penghalangnya? Dan, siapakah sebenarnya penyebab kemalangan yang menimpa Narulita?

7. Yang Disesali Sebelum Hari Ini

novel Yang Disesali Sebelum Hari Ini
novel Yang Disesali Sebelum Hari Ini

"Apakah ini, alam kubur?" tanya Basri frustrasi.

"Lebih tepatnya, dunia peralihan antara hidup dan mati. Kami punya teka-teki untukmu. Maukah kamu memecahkannya?"

"Jadi, apakah aku akan mati? Ini seperti dalam film-film."

"Jadi kamu ingin mati, Basri?" Suara itu kembali terdengar.

"Bukankah wajar? Ujian kehidupanku terlalu pelik. Aku lelah, ingin istirahat."

***

Syamsul Basri, 45 tahun dan disleksia. Ketika hidupnya yang penuh kegagalan, utang menumpuk, piutang orang-orang yang lari ketika ia tagih, akibat sebuah kecelakaan tak terduga, ia justru terjebak di dunia peralihan, dunia untuk mereka yang ‘ada’ diantara hidup dan mati. Dalam perjalanan itu Basri dibawa kembali ke masa lalu untuk menjawab teka-teki yang selama ini menghantui pikirannya terkait penyesalan dalam hidup. Apakah Basri bisa menyelesaikan misi? Apakah ia bisa kembali ke dunia nyata dan hidup bersama keluarga kecilnya? Atau justru kembali ke pelukan sang Pencipta?

Adakah novel islami di atas yang menarik perhatianmu? Atau apakah kamu mencari novel Indonesia terbaru tapi ingin baca di HP saja?

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal dalam Bahasa Arab

Gak usah pakai lama, install aplikasi Cabaca untuk baca novel online berkualitas. Kamu hanya perlu menyediakan uang Rp5 ribu, kamu sudah bisa baca novel berkualitas di HP kamu, tentu lebih nyaman dan privat! Download aplikasinya di Play Store dan dapatkan promo menarik lainnya, seperti Jam Baca Nasional, Misi Kerang, dan Flash Sale.

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Platform baca novel berkualitas di Indonesia


Suka baca novel online? Cek pilihan genre di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy