Kumpulan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal dalam Bahasa Arab – H.R. Muslim meriwayatkan: "Apabila seseorang telah meninggal dunia, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakannya."

Dari Hadits di atas saja kita bisa mengetahui alangkah dahsyatnya sebuah doa, terlebih kepada orang meninggal. Dengan berdoa, segala dosa orang meninggal akan diampuni oleh Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan di sisi-Nya.

Berikut merupakan doa untuk orang meninggal yang bisa kamu lantunkan untuk orang terdekat atau terkasih.

Photo by Milada Vigerova / Unsplash

1. Doa ketika mendengar kematian seseorang

Innalillahi wa innailaihi raajiuun.

Artinya: “Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepadanya kami kembali.”­

2. Doa untuk orang yang sudah meninggal

Allahummaghfirli wa la hu wa’qibni min hu ‘uqbaa hasanah

Artinya: “Ya Allah, ampunilah diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

3. Doa untuk orang meninggal laki-laki

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan dari siksa api neraka."

Baca Juga: 9 Doa Puasa Ramadhan untuk Sebulan

4. Doa untuk orang meninggal perempuan

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.)

Artinya: "Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan dari siksa api neraka."

5. Doa untuk orang yang meninggal dengan Surat Al-Fatihah

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm, al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn, ar-raḥmānir-raḥīm, māliki yaumid-dīn, iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn, ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm, ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

6. Doa untuk orang tua yang meninggal

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Baca Juga: 6 Novel Islami di Cabaca yang Cocok Jadi Teman Ngabuburit!

Setelah berdoa, jangan jelekin orang yang sudah meninggal, ya. Lebih baik membaca novel saja, supaya hidupmu lebih berwarna.

Kini membaca novel tidak perlu ribet lagi. Kamu cukup install aplikasi Cabaca di ponselmu, lalu buat akun. Kamu pasti sudah bisa membaca di mana pun, kapan pun, dan tidak akan bosan karena Cabaca sebagai aplikasi baca novel Indonesia, selalu menghadirkan novel-novel terbaru dari penulis resminya.  [Lisma]