Kontes Cerita Indonesia Banget di Cabaca

Kontes Cerita Indonesia Banget di Cabaca
Photo by Jeremy Bishop / Unsplash

Kontes Cerita Indonesia Banget di Cabaca – Lomba menulis novel terbaru yang ditunggu-tunggu hadir kembali! Sudah siap menulis dan raih hadiah jutaan rupiah? Simak penjelasannya berikut ini.

Lomba Menulis Cerita Indonesia Banget

Kontes Cerita Cabaca adalah lomba menulis yang rutin diadakan oleh Cabaca, sebagai platform menulis karya anak Indonesia. Dalam kontes menulis yang diadakannya, biasanya tulisan kalian berkesempatan diterbitkan loh!

Nah, pada lomba menulis novel 2024 kali ini Cabaca menggandeng KG Publishing House untuk memeriahkan acara. KG Publishing House adalah penerbit buku kreatif di bawah rumah produksi KG Pictures yang fokus mencari cerita yang Indonesia banget untuk diterbitkan dan dialihwahanakan menjadi karya visual.

Syarat dan Ketentuan Kontes Cerita Indonesia Banget

Sebelum mengikuti lomba menulis Indonesia ini, pastikan kamu sudah membaca syarat dan ketentuan berikut ini ya.

Ketentuan Umum

  • WAJIB bikin akun di web http://cabaca.id  atau instal aplikasi Cabaca yang ada di Play Store.
  • WAJIB follow @‌cabacaapp di Instagram/Twitter dan like Fanpage FB Cabaca (boleh salah satu).
  • WAJIB follow @‌kgpublishinghouse.id dan @‌kgcommunity.id
  • WAJIB bagikan poster di feed, mention 3 teman, dan gunakan tagar #KontesCeritaCabaca dan #CeritaIndonesiaBanget. Jangan lupa tag @‌cabacaapp @kgpublishinghouse .id dan @‌kgcommunity.id
  • Sebelum mengklik tombol Ikuti Kontes lalu mengisi Formulir Kontes. peserta wajib mempersiapkan data-data seperti Nama Lengkap, Nama Pena, Tanggal Lahir, Email Aktif, Nomor HP, Alamat Surat-Menyurat, Username Akun Media Sosial, Jumlah Keseluruhan Bab (minimal 35 bab), dan Sinopsis maksimal 500 kata.
  • Penting diketahui bahwa data-data tersebut juga akan dibagikan kepada pihak atau partner yang menyelenggarakan kontes bersama Cabaca, dalam hal ini KG Publishing House dan mitranya.
  • Dengan mengklik Ikuti Kontes, mengisi Formulir Kontes, dan klik Kirim, maka peserta dianggap setuju bahwa data-data yang tersebut di atas akan dibagikan kepada pihak atau partner yang menyelenggarakan kontes bersama Cabaca, dalam hal ini KG Publishing House dan mitranya.

Ketentuan Khusus

  • Naskah berupa novel yang terdiri dari 35 bab, tidak ada maksimal jumlah bab. Namun, yang dinilai dalam kontes ini mulai dari bab 1-10 saja.
  • Panjang setiap bab minimal 500 kata, tanpa ada maksimal jumlah kata.
  • Merupakan naskah asli karya sendiri, bukan saduran yang dapat dipertanggungjawabkan, tidak sedang dilombakan di tempat lain, serta belum pernah dipublikasikan baik dalam bentuk buku cetak, e-book, dan platform lain (baik eksklusif maupun noneksklusif).
  • Genre bebas asalkan sesuai dengan tema. Cerita yang diangkat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia dan harus berlatar di Indonesia.
  • Karakter manusia yang diangkat adalah karakter masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Diutamakan menggunakan nama-nama karakter yang terinspirasi dari bahasa Indonesia maupun bahasa daerah yang ada di Indonesia.
  • Boleh ada unsur makanan Indonesia atau pun dialog dalam bahasa daerah sesuai latar tempat yang dipilih, serta menyinggung masalah sosial-budaya-sejarah di Indonesia.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Karya untuk Ikuti Kontes di Cabaca

Tata Cara Upload di Cabaca

Masih ada yang belum tahu caranya menulis di Cabaca? Perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

  • Peserta wajib memiliki akun Cabaca yang sudah terverifikasi dan memenuhi syarat sebelum dapat menulis langsung di Cabaca.
  • Peserta wajib menggunakan tagar #CeritaIndonesiaBanget #KontesCeritaCabaca pada Karya yang akan diikutsertakan.
  • Peserta wajib menulis langsung dan mengunggah 3 bab pertama naskah di Cabaca di fitur Karya seperti biasa. Lihat caranya: https://bit.ly/CaraUploadDiCabaca.
  • Sebelum mendaftarkan Karyanya untuk diikutkan lomba, peserta wajib menyiapkan sinopsis maks. 500 kata, sesuai dengan ketentuan, sebab setelah isi form Ikuti Kontes, sinopsis tidak dapat diedit lagi. Lihat cara menulis sinopsis di: https://bit.ly/CaraBikinSinopsisCabaca.
  • Peserta wajib mengajukan Karya tersebut dengan tombol ‘Ikuti kontes’ dan mengisi formulir kelengkapan naskah. Lihat caranya: https://bit.ly/CaraIkutiKontesCabaca.
  • Peserta mulai mengunggah bab 1-10 dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Cara Menulis di Cabaca dengan Fitur Karya

Timeline Kontes

Biar kamu gak kebingungan, yuk persiapkan dirimu dengan mencatat tanggal penting berikut ini.

  • Pendaftaran: 14 Maret 2024
  • Isi Form dan Sinopsis: 14 Maret - 30 April 2024
  • Unggah Sampai Bab 10: 14 Maret - 30 April 2024
  • Penjurian: 1 April - 1 Mei 2024
  • Voting: 2 - 15 Mei 2024
  • Voting Ditutup: 16 Mei 2024
  • Pengumuman Pemenang: 31 Mei 2024

Hadiah dan Pemenang

Juara 1

Kontrak eksklusif KG Publishing House + saldo e-wallet Rp500.000 + voucher baca di Cabaca senilai Rp100 ribu

Juara 2

Kontrak eksklusif KG Publishing House + saldo e-wallet Rp350.000+ voucher baca di Cabaca senilai Rp100 ribu

Juara 3

Kontrak eksklusif KG Publishing House + saldo e-wallet Rp250.000 + voucher baca di Cabaca senilai Rp100 ribu

Yang Paling Sering Ditanyakan

Ada beberapa hal yang paling sering ditanyakan, cek jawabannya di bawah ini.

Apakah boleh kumpulan cerpen?

Maaf, sesuai judul posternya, harus  berbentuk novel atau novelet ya dengan panjang kurang lebih 35 bab atau sekitar 17.500 kata.

Boleh kolaborasi gak nulisnya?

Bisa aja sih, tapi rela hadiahnya bagi-bagi?

Apakah boleh menulis lebih dari satu judul?

Boleh banget!

Apakah boleh menceritakan lebih dari satu daerah dalam satu judul?

Boleh dong!

Apakah boleh menyertakan bahasa daerah dalam tulisan?

Boleh. Tinggal nanti menuliskan arti atau terjemahannya dalam bahasa Indonesia dengan tanda kurung atau di akhir bab.

Pendaftaran hanya satu hari di tanggal 14 Maret 2024?

Pendaftaran dibuka serentak pada 14 Maret 2024 dan ditutup pada 30 April 2024, bisa cek di poster bagian Timeline Kontes.

Pendaftaran dilakukan di mana?

Hanya di aplikasi/web Cabaca, mulai dibuka tanggal 14 Maret 2024. Tidak di Google Form lain. Yuk, mulai bikin akun dulu!

Bolehkah menulis di Cabaca dari sekarang?

Boleh banget kok! Tinggal klik tanda (+) lalu upload deh. Jadi, begitu form-nya muncul di app/web Cabaca tinggal sat set daftarin aja.

Yang benar update 35 bab atau 10 bab?

Syarat minimal untuk satu naskah di Cabaca sampai ending/tamat adalah 35 bab, tapi yang dinilai 10 bab dulu. Boleh kok kalau mau upload sampai tamat atau sampai bab ke-35.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum daftarin Karya di form Kontes atau klik Ikuti Kontes?

Siapkan ide cerita menarik, data diri, dan sinopsis lengkap yang sudah fixed sampai ending maksimal 500 kata. Jika sudah klik Ikuti Kontes, maka data diri dan sinopsis tidak bisa diedit atau diubah-ubah lagi.

Menulis di Cabaca harus top up dulu?

Jika ingin menulis di Fitur Karya, dipersilakan untuk top up dulu ya. Tapi tenang aja, cukup dengan top up Kerang sekali saja, kamu sudah bisa menulis di Fitur Karya selamanya. Adapun kerang itu bisa digunakan untuk membaca novel-novel di Cabaca, agar memiliki referensi novel-novel yang disukai oleh pembaca Cabaca.

Bagaimana cara tahu akun Cabaca sudah terverifikasi?

Jika di bagian Beranda atau Profile sudah tidak ada peringatan untuk verifikasi, berarti sudah terverifikasi. Apabila ada kendala, boleh DM ya!

Baca Juga: Kirim Naskah ke Cabaca

Nah, gimana? Merasa tertantang untuk mengikuti lomba menulis novelet dari Cabaca ini? Kalau iya, jangan lupa siapkan cerita terbaikmu ya! Dukung penulis Indonesia dengan install aplikasi Cabaca di HP kamu dan jauhi download novel pdf ilegal ya. Apalagi di Cabaca modal Rp5 ribu saja, kamu sudah bisa baca novel Indonesia terbaru. Unduh aplikasinya di Play Store.

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel digital di Indonesia


Suka baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy