Kenapa Oktober Menjadi Bulan Bahasa

Kenapa Oktober Menjadi Bulan Bahasa
Photo by Anggit Rizkianto / Unsplash

Kenapa Oktober Menjadi Bulan Bahasa? – Bulan Oktober di beberapa lembaga, baik universitas, komunitas, maupun perusahaan, disebut-sebut sebagai bulan bahasa. Oleh karenanya, di bulan Oktober ini pun banyak diadakan acara yang berhubungan dengan kebahasaan maupun apresiasi sastra.

Apa itu Bulan Bahasa?

Bulan Bahasa adalah istilah yang sering kita dengar begitu memasuki bulan Oktober. Ternyata ada sejarah dan asal-usul penetapannya loh!

Dikutip dari situs Kemdikbud, Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia yang menjadi landasan kegiatan setiap Oktober ini berkaitan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Bulan Bahasa sudah dilaksanakan sejak tahun 1980 hingga saat ini.

Tegalalang rice terrace, Ubud
Photo by Paolo Nicolello / Unsplash

Sejarah Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pada bulan Oktober, tepatnya pada 28 Oktober 1928, ada peristiwa penting yang terjadi di Indonesia. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa Sumpah Pemuda. Di hari itu, seluruh pemuda berkumpul dan mengumandangkan yang disebut “Ikrar Sumpah Pemuda”.

Ikrar Sumpah Pemuda tersebut berbunyi sebagai berikut.

Pertama:

Kami putera dan puteri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua:

Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari ikrar tersebut, tepatnya pada poin ketiga naskah Sumpah Pemuda itulah, yang kemudian melandasi terbentuknya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Oleh karena itu, sesuai dengan Sumpah Pemuda yang dahulu diikrarkan, masyarakat Indonesia kemudian menjadikan bulan Oktober sebagai peringatan Bulan Bahasa dan Sastra.

Diharapkan, dengan adanya peringatan Bulan Bahasa dan Sastra setiap bulan Oktober sendiri, kita bisa selalu mengingat bahwa Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional merupakan landasan kuat kita sebagai bangsa. Tanpa bahasa, sebuah bangsa bisa jadi tidak diakui. Bahasa pun bisa menjadi alat perjuangan.

Bagaimana? Sudah tahu kan sekarang kenapa Oktober menjadi bulan bahasa? Semoga setelah tahu, kita tak hanya memperingati Bulan Bahasa dan Sastra sebagai formalitas ya. Seharusnya, kita terus belajar dan merawat Bahasa Indonesia. Karena kalau bukan kita yang melestarikannya, siapa lagi?

Baca Juga: 10 Fakta Unik di Balik Sumpah Pemuda

Tak hanya itu, untuk merawat bahasa nasional, kita pun harus terus memperkaya diri dengan literasi. Salah satunya dengan membaca novel berkualitas di Cabaca. Cabaca adalah situs baca buku online favorit di Indonesia. Di dalamnya terdapat banyak sekali pilihan bacaan yang bisa dipilih sesuai selera. Selain bisa baca gratis, kamu juga bisa Top Up Kerang untuk punya akses baca lebih leluasa. Yuk, pakai aplikasi Cabaca di HP kamu sekarang! Tersedia di Google Play ya. [Asya]

download Cabaca


Cari novel online genre lainnya? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasi