12 Judul Anime Ghibli Terbaik yang Paling Wajib Ditonton!

12 Judul Anime Ghibli Terbaik yang Paling Wajib Ditonton!
Photo by Emmanuel Denier / Unsplash

Judul Anime Ghibli Terbaik yang Paling Wajib Ditonton!- Sebagai pencinta Anime, kamu pasti sudah tidak asing dengan studio-studio yang mengeluarkan anime favoritmu. Coba sebutkan nama-namanya.

Dari banyaknya studio anime, pasti ada yang namanya anime ghibli, kan? Yuk, lebih lanjut kenalan dulu sama anime-anime dari studio ini.

Apa itu Anime Ghibli?

Ghibli merupakan nama dari studio film. Studio ini terkenal dengan karyanya yang sangat imajinatif dan penuh dobrakan.

Rumah film animasi Jepang ini pertama kali didirikan oleh Hayao Miyazaki sekitar tahun 1985. Dan, kini masuk ke dalam salah satu studio film terkenal yang mempunyai sederet penghargaan.

Daftar Film Anime Ghibli yang Wajib Ditonton

Bagi kamu yang ingin berkenalan dengan anime Ghibli, berikut akan Cabaca rekomendasikan beberapa judulnya:

1. Spirited Away

CNN Indonesia

Anime ghibli terbaik ini pertama kali diproduksi pada tahun 2001 dan menjadi kebanggan. Rekornya dari 2001-2020 mengumpulkan pendapatan kotor sebesar $300 juta atau Rp 4,6 triliun.

Anime Spirited Away menceritakan gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro yang masuk ke dunia fantasi. Di dunia asing itu, Chihiro berusaha keras menjaga identitasnya.

2. My Neighbor Totoro

CNN Indonesia

Kamu pasti sudah tidak asing dengan judul ini, bukan? My Neighbor Totoro menceritakan tentang Satsuki dan Mei yang pindah ke pedesaan.

Di sana dia bertemu dengan makhluk misterius bernama Totoro di hutan. Hanya saja, roh hutan hanya dapat dilihat oleh anak-anak.

3. Nausicaa of the Valley of the Wind

IMDb

Anime ini menceritakan akibat perang, yang membuat hutan beracun. Manusia pun harus beradaptasi dengan hutan beracun itu. Bisakah manusia hidup berdampingan dengan hal berbahaya dalam hidup mereka? Kamu bisa menonton animenya.

4. Princess Mononoke

Brilio.net

Princess Mononoke termasuk judul film ghibli terbaik. Anime ini menceritakan sejarah fantasi periode akhir Muromachi di Jepang. Di sana, menekankan bagaimana manusia dan alam hidup secara harmonis.

5. Castle in the Sky

Kompas

Dari judulnya terlihat menarik, ya? Castle in the Sky menceritakan tentang kisah anak laki-laki bernama Pazu dan seorang gadis muda Sheeta. Mereka berpetualangan dari kejaran bajakk laut udara dan lembaga pemerintah.

6. Grave of the Fireflies

CNN Indonesia

Anime ghibli tersedih yang dapat kamu tonton bersama anak-anak ini berjudul Grave of the Fireflies.

Kisahnya berlatar kejadian perang, yang mana membuat seorang laki-laki berusia 14 tahun bernama Seita hanya hidup bersama saudara perempuannya, Setsuko berusia 4 tahun. Keduanya saling bergandengan tangan melewati satu demi satu kesedihan dalam hidup.

7. The Boy and the Heron

NPR

Anime yang baru rilis tahun 2023 ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang kehilangan ibunya.

Nama anak itu adalah Mahito. Mahito pun mempunyai tempat tinggal baru. Suatu hari, dia tidak sengaja bertemu bangau misterius yang membawanya ke sebuah menara. Menara itu menghubungkan dunia nyata dengan dunia lain.

8. From Up on Poppy Hill

Netflix

Anime yang menyambet penghargaan Japan Academy Prize ke-35 ini menceritakan tentang percintaan rumit antara pasangan laki-laki dan perempuan yang polos. Mereka bernama Umi dan Shun. Latar yang diambil adalah suasana Jepang pada masa lalu.

Baca juga: 15 Anime Terbaik dan Paling Populer Sepanjang Masa

9. Ponyo

GRID

Ponyo merupakan seekor ikan mas yang pergi dari lautan untuk menjadi manusia. Suatu hari, seorang anak laki-laki berusia 5 tahun menemukan dan menyelamatkan Ponyo. Akankah Ponyo berhasil meraih impiannya?

10. Earwig and the Witch

kapanlagi.com

Anime Earwig and the Witch diadaptasi dari novel Diana Wynne Jonnes. Film ini menceritakan seorang anak panti asuhan bernama Earwig.

Suatu hari, Earwig diadopsi oleh pasangan penyihir dan dia diperlakukan buruk. Di sinilah diam-diam Earwig mempelajari sihir.

11. Only Yesterday

IDN Times

Taeko, seorang wanita berusia 27 tahun seharusnya sudah cocok untuk menikah, tapi dia belum memikirkan hal itu.

Hal tersebut karena Taeko menyimpan rasa kecewa dan menjadikannya trauma. Taeko sedang berusaha untuk memperbaiki perasaannya tersebut.

12. Whisper of the Heart

Antara News

Shizuku Tsukishima adalah anak SMP yang gemar membaca. Dia jatuh cinta dengan Seiji Amasawa. Dari pertemuan itu, Shizuku mulai bertekad untuk mencari jati diri.

Kamu pencinta dunia fantasi, jangan khawatir. Cabaca mempunyai banyak sekali novel-novel fantasi yang bisa kamu baca dengan gratis. Install Cabaca dan dapatkan novel-novel baru setiap harinya.

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy