Ini Lho Perbedaan Antara Cerpen dan Novel yang Wajib Kamu Ketahui!

Ini Lho Perbedaan Antara Cerpen dan Novel yang Wajib Kamu Ketahui!
Photo by Sophie Elvis / Unsplash

Ini Lho Perbedaan Antara Cerpen dan Novel yang Wajib Kamu Ketahui! – Masih bingung dengan apa perbedaan novel dan cerpen? Simak penjelasannya berikut ini sebelum melanjutkan menulis.

Perbedaan Cerpen dan Novel

Apa kamu tahu perbedaan cerpen dan novel? Secara harfiah, baik cerpen maupun novel masuk ke dalam golongan prosa, yakni karya sastra yang di dalamnya berisi tulisan naratif dan terdiri dari unsur-unsur cerita. Unsur-unsur cerita terdiri dari tema, latar, alur, penokohan, watak dan konflik. Berikut merupakan perbedaan cerpen dan novel.

1. Dilihat dari Pengertian

Novel adalah karangan prosa panjang yang menceritakan kehidupan seseorang atau beberapa orang, yang pada akhirnya akan membuat pembacanya memetik amanat dari perjuangan mereka dalam mendapatkan keinginan atau perjuangan mereka keluar dari suatu masalah. Umumnya novel terbagi dalam beberapa bab atau chapter.

Cerpen adalah karangan prosa pendek yang umumnya mengisahkan satu tokoh saja. Ciri-ciri cerpen lainnya, yakni haruslah singkat, padat, langsung tertuju pada tujuan, dan terkadang hanya memiliki satu amanat saja.

2. Dilihat dari Tokohnya

Ditilik dari tokohnya, novel mempunyai tokoh yang cenderung banyak daripada cerpen.

Dalam penulisan novel, tidak hanya tokoh utama saja yang memiliki karakter maupun sikap, melainkan tokoh sampingan juga. Sementara untuk cerpen, hanya memiliki satu atau dua tokoh utama, dengan tidak boleh memiliki tokoh sampingan lebih dari lima.

3. Dilihat dari Alurnya

Pada novel, alurnya bisa sangat kompleks. Dengan memiliki range panjang, alur novel bisa diperumit dan dinamis, sehingga penulis diberi keleluasaan dalam mengolah konflik dalam novelnya sampai ke akar-akarnya.

Sedangkan dalam cerpen, penulis terbatas dalam jumlah halaman sehingga penulis harus mampu menghadirkan alur yang sederhana, tapi mengena di hati pembaca.


Baca Juga: Cara Membuat Sinopsis Novel untuk Tim Redaksi


4. Dilihat dari Latarnya

Latar pada cerpen dan novel, terdiri atas tempat, waktu, dan suasana.

Perbedaannya terletak pada banyaknya latar yang dapat diceritakan. Pada novel, penulis bisa menggali latar dengan mendetail, sedangkan cerpen tidak bisa demikian karena memiliki ruang terbatas.

5. Dilihat dari Karakter Tokoh

Secara umum, tokoh dalam karya prosa, dibedakan menjadi dua, yakni utama dan pendukung. Kedua macam tokoh ini, biasanya memiliki karakterisasi atau watak.

Pada novel, watak dari tokoh, diungkapkan sedikit demi sedikit, tersebar ke keseluruhan cerita, sedangkan cerpen kebalikannya. Tokoh pada cerpen haruslah diungkap secara jelas, singkat, dan terarah.

Di penulisan novel, tokoh pendukung (bisa terdiri dari tokoh antagonis dan tritagonis) dapat digali wataknya secara mendetail, sementara cerpen, kebanyakan tidak digali dan diceritakan seperlunya saja.

6. Dilihat dari Konfliknya

Setiap karya prosa, pasti memiliki permasalahan yang nantinya akan menggerakkan poros cerita itu sendiri. Konflik cerita bisa dari keinginan tokoh utama atau permasalahan yang tiba-tiba terjadi.

Dalam novel, konfliknya bisa terdiri dari beberapa titik klimaks, yang akan membuat tokoh utama terjatuh, bangkit, terjatuh lagi, bangkit lagi, sampai dia akhirnya menemukan jalan keluar dari masalahnya atau mencapai tujuannya.

Sedangkan cerpen, cenderung hanya memiliki satu konflik dan satu titik klimaks, yakni setelah seorang tokoh terjatuh, dia akan bangkit dan akhirnya menemukan jalan keluar dari masalah atau mencapai tujuan.

7. Dilihat dari Jumlah Katanya

Jumlah kata dalam cerpen, biasanya kurang dari 10.000 kata, sedangkan novel bisa lebih dari 35.000 kata.


Baca Juga: 7 Karya Sapardi Djoko Damono yang Wajib Dibaca

Itulah perbedaan cerpen dan novel. Semoga sudah lebih jelas dan mudah membedakannya. Apakah kamu suka baca novel digital? Gak usah khawatir, kini kamu juga bisa membaca banyak novel di aplikasi Cabaca. Jelas berkualitas karena setiap judulnya sudah dikurasi. Install aplikasinya di Google Play. [Lisma]

download Cabaca


Suka baca novel online? Cek pilihan genrenya di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy