Ini Lho Perbedaan Antara Cerpen dan Novel yang Wajib Kamu Ketahui! - Apa kamu tahu perbedaan cerpen dan novel? Baik cerpen maupun novel masuk ke dalam karya sastra yang di dalamnya berisi tulisan naratif. Persamaan cerpen dan novel lainnya adalah keduanya sama-sama memiliki unsur-unsur cerita yang terdiri dari tema, latar, alur, penokohan, watak, dan konflik.

Berikut merupakan perbedaan cerpen dan novel sebagai bekal untuk menulis.

1. Dilihat dari Pengertian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Novel juga dapat menceritakan kehidupan beberapa orang, yang pada akhirnya akan membuat pembacanya memetik amanat dari perjuangan mereka dalam mendapatkan keinginan atau perjuangan mereka keluar dari suatu masalah. Umumnya novel terbagi dalam beberapa bab atau chapter.

Cerpen adalah akronim dari cerita pendek, yaitu karangan prosa pendek yang umumnya mengisahkan satu tokoh saja. Ciri-ciri cerpen lainnya, yakni haruslah singkat, padat, langsung tertuju pada tujuan dan terkadang hanya memiliki satu amanat saja.

2. Dilihat dari Panjangnya

Hal ini merupakan elemen yang paling terlihat sekaligus yang paling mencolok sebagai pembeda antara cerpen dan novel. Jumlah kata dalam cerpen, biasanya kurang dari 10.000 kata, sedangkan novel bisa lebih dari 35.000 kata.

3. Dilihat dari Latarnya

Latar pada cerpen dan novel, sama-sama terdiri atas tempat, waktu, dan suasana.

Perbedaannya terletak pada seberapa panjang latar yang dapat diceritakan. Pada novel, penulis bisa menggali latar secara mendetail, sedangkan cerpen tidak bisa demikian karena memiliki ruang terbatas. Cerpen seringnya hanya menjabarkan latar tempat dan waktu secara garis besar saja, misalnya hanya dengan menuliskan "di taman dekat rumahnya" atau "pada saat matahari terbenam".

Baca Juga: Cara Membuat Outline Novel, Mudah Dipraktikkan!

4. Dilihat dari Jumlah Tokohnya

Ditilik dari tokohnya, novel mempunyai tokoh yang cenderung lebih banyak daripada cerpen.

Dalam penulisan novel, tidak hanya tokoh utama saja yang memiliki karakter maupun sikap, melainkan tokoh pendukung juga. Sementara untuk cerpen, biasanya hanya memiliki satu atau dua tokoh utama, dengan tidak boleh memiliki tokoh pendukung lebih dari lima.

5. Dilihat dari Karakter/Penokohan

Secara umum, tokoh dalam karya prosa, dibedakan menjadi dua, yakni utama dan pendukung. Kedua macam tokoh ini, biasanya memiliki karakterisasi atau watak.

Pada novel, watak dari tokoh, diungkapkan sedikit demi sedikit, tersebar ke keseluruhan cerita, sedangkan cerpen kebalikannya. Tokoh pada cerpen haruslah diungkap secara jelas, singkat, dan terarah.

Di penulisan novel, tokoh pendukung (bisa terdiri dari tokoh antagonis dan tritagonis) dapat digali wataknya secara mendetail, sementara cerpen, kebanyakan tidak digali dan diceritakan seperlunya saja.

6. Dilihat dari Alurnya

Pada novel, alurnya bisa sangat kompleks. Dengan memiliki range panjang, alur novel bisa diperumit dan dinamis sehingga penulis diberi keleluasaan dalam mengolah konflik dalam novelnya sampai ke akar-akarnya.

Sedangkan dalam cerpen, penulis dibatasi dengan jumlah halaman sehingga penulis harus mampu menghadirkan alur yang sederhana, tapi mengena di hati pembaca. Oleh karena itu, alur dalam cerpen umumnya tunggal, hanya terdiri dari satu urutan peristiwa yang diikuti sampai cerita berakhir.

7. Dilihat dari Konfliknya

Setiap karya prosa, pasti memiliki permasalahan yang nantinya akan menggerakkan poros cerita itu sendiri. Konflik cerita bisa dari keinginan tokoh utama atau permasalahan yang tiba-tiba terjadi.

Dalam novel, konfliknya bisa terdiri dari beberapa titik klimaks, yang akan membuat tokoh utama terjatuh, bangkit, terjatuh lagi, bangkit lagi, sampai dia akhirnya menemukan jalan keluar dari masalahnya.

Sedangkan cerpen, cenderung hanya memiliki satu konflik dan satu titik klimaks, yakni setelah seorang tokoh terjatuh, dia akan bangkit dan akhirnya menemukan jalan keluar dari masalahnya.

Baca Juga: 7 Kumpulan Cerpen yang Wajib Dibaca di Cabaca

Itulah perbedaan cerpen dan novel yang perlu kamu ketahui sebelum menulis. Selain berlatih, kamu juga perlu membaca banyak novel untuk dijadikan bahan pembelajaran. Baca di aplikasi Cabaca GRATIS kok. Install aplikasinya di Google Play. [Lisma]

Nikmati pengalaman baru baca novel di Cabaca, GRATIS!