10 Ide Danus (Dana Usaha) Mahasiswa, Bukan Jualan Gorengan!

Ide Danus (Dana Usaha) Mahasiswa dan Organisasi-Danus atau Dana Usaha Mahasiswa dan Organisasi rasanya sudah tidak asing di telinga, kan? Ada banyak sekali cara dalam mengumpulkan Danus. Dan cara itu tidak hanya sekadar jualan gorengan.

Ada banyak cara untuk mencari dana usaha dengan effort yang kecil namun hasil yang tidak sedikit  loh!

Ide Danus (Dana Usaha) Mahasiswa dan Organisasi

Berikut merupakan jenis usaha yang cocok untuk mahasiswa:

1.   Terima Layanan Jasa

Kamu bisa memanfaatkan ilmumu dalam mencari dana usaha. Contohnya dengan menjadi guru bimbel atau menjual karya untuk anak kesenian. Cobalah untuk mencari peluang dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Tentunya pelayanan ini bisa dikoordinir dengan baik oleh panitia. Sehingga tidak ada beban yang berat sebelah antar panitia.

2.   Pekerja Lepas

Ide danus mahasiswa yang paling mudah diterapkan adalah menjadi pekerja lepas atau freelance. Kamu bisa memanfaatkan kemampuan atau mengambil proyek yang mempunyai waktu fleksibel. Kamu bisa menggunakan layanan situs, seperti sribulancer, upwork, fastwork, dan lainnya.

Namun, sebaiknya lakukan ini secara berkelompok yah! Sehingga tidak ada salah satu panitia yang merasa bebannya sangat berat. Aapalagi mengingat platform-platform freelance seperti ini biasanya menarik klien profesional yang harus di service secara maksimal pula!

3.   Garage Sale

Limbah tekstil menjadi topik yang hangat belakangan ini. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan memanfaatkan pakaian bekas layak untuk dijual kembali. Selain pakaian, kamu bisa mengumpulkan buku atau item lain yang masih layak dijual. Kamu bisa menjualnya secara langsung atau lewat media sosial.

4.    CSR dan Kemitraan

Sebuah organisasi mahasiswa sebisa mungkin haruslah mempunyai relasi, baik itu dari perusahaan maupun pemerintahan. Organisasimu dapat memanfaatkan dana CSR dan program kemitraan. Maka dari itulah, susunlah rancangan kegiatan selengkap dan sebagus mungkin.

Pastikan juga untuk memberikan benefit menarik kepada calon mitra kamu ya! Apalagi jika kemu mau menerbitkan press release atau sounding menarik untuk para mitra.

5.   Live Music

Kalau kamu atau beberapa anggota organisasimu bisa bernyanyi serta musik, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk Danus. Biasanya ada kafe maupun tempat makan yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menghibur pengunjungnya. Kamu bisa menggunakan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: 5 Tugas Ospek yang Seharusnya Ada di Kampus Indonesia

6.   Menyalurkan Bakat Seni Melukis

Kamu dan teman-teman, dapat menyalurkan bakat seni melukis untuk Danus. Jasa ini bisa kamu promosikan lewat sosial media maupun ketika berada di jalanan. Lukisan mempunyai nilai estetika tinggi yang akan membuat siapa pun menyukainya.

7.   Bazar

Ide danus organisasi selanjutnya yang bisa kamu atau kalian lakukan adalah mengadakan bazar. Kamu bisa menjual aneka makanan dan hal menghasilkan lainnya.

Supaya bazarmu mempunyai banyak pengunjung, kamu bisa mempromosikannya lewat sosial media ataupun mengundang organisasi mahasiswa lainnya.

8.   Menyediakan Jasa Food Delivery

Jasa ini menjadi booming akhir-akhir ini. Kamu bisa menggunakan kesempatan itu unuk menyediakan jasa food delivery bagi teman-teman maupun relasi. Kamu bisa menyebarkan usahamu lewat grup WA, selembaran kertas atau dari mulut ke mulut.

9.   Mengajukan Dana Lewat Startup Crowdfunding

Zaman modernisasi ini, kamu bisa menggunakan banyak peluang untuk membantu organisasimu. Kamu bisa mengajukan dana lewat startup crowdfunding, seperti kitabisa, kickstarter maupun wujudkan.com.

Namun, untuk menggunakannya startup ini, kamu harus mempunyai konsep yang jelas dan tidak asal-asalan. Kamu juga harus amanah, ya.

10.   Meminta Dana dari Alumni

Tentunya setiap kampus memiliki alumni yang sudah sukses dan memiliki value untuk berbagi. kamu dapat mengontak mereka untuk memohon bantuan dana. Lebih baik lagi, jika kmau memohon bantuan dana kepada alumni sukses yang dulunya pernnah menjadi panitia di acara yang sejenis juga.

Baca Juga: 15 Aplikasi untuk Membuat PPT Menarik, Mahasiswa Wajib Tahu!

Itulah 10 usaha bagus untuk mahasiswa yang bisa Micin rekomendasikan untukmu. Sembari mengumpulkan Danus, baca novel saja, yuk. Membaca sekarang tidak perlu susah lagi.

Install aplikasi Cabaca di Google Play dan dapatkan novel baru gratis setiap harinya. Bersama Cabaca, mari majukan literasi Indonesia.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lolos kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini.[Lisma]