10 Daftar Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa

Daftar Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa-Menjadi mahasiswa artinya kamu harus berwawasan luas. Kenapa harus demikian? Karena wawasan luas sangat berguna, entah dalam mencari kerja atau menjalin relasi. Wawasan luas dapat kamu dapatkan dengan membaca buku.

Buku apa saja yang bisa dibaca? Banyak sekali. Kamu bisa membaca biografi, sejarah ataupun novel. Bacalah apa yang kamu suka.

Daftar Buku yang Wajib Dibaca Mahasiswa

Berikut merupakan daftar buku yang wajib dibaca mahasiswa biar wawasan kamu makin luas:

1. Madilog

Sumber: www.goodreads.com

Buku ini ditulis oleh Tan Malaka. Tan Malaka adalah tokoh penting Indonesia yang memiliki gagasan tentang kebangsaan. Dia jugalah yang menulis konsep Republik Indonesia dalam Narr de Republiek Indonesia tahun 1925. Madilog sangat menginspirasi Ir. Soekarno dalam memulai perjuangan.

2. Bumi Manusia

Sumber: id.wikipedia.org

Bumi Manusia adalah novel karya Pramoedya Ananta Toer. Kenapa Bumi Manusia menjadi bacaan wajib mahasiswa? Karena Bumi Manusia menceritakan tentang perjuangan Minke dalam melawan ketidakadilan. Dalam buku ini juga kita bisa mempelajari kisah sejarah Indonesia.

3. Catatan Seorang Demostran

Sumber: www.goodreads.com

Seo Hok Gie merupakan penulisnya. Dalam Catatan Seorang Demostran kamu akan menemukan pemikiran kritis dan juga pandangan tentang demokrasi ataupun aktivisme.

4. Sapiens

Sumber: www.goodreads.com

Kalau kamu ingin mempelajari bagaimana kedudukan manusia hingga menjadi puncak predator, kamu bisa membaca buku karya Harari ini. Dalam Sapiens kamu juga akan menemukan sedikit mengenai Neaderthal dan penjelasan kenapa mereka punah. Sapiens akan memberikanmu pengetahuan baru.

5. Filosofi Teras

Sumber: www.goodreads.com

Bacaan wajib kampus yang harus kamu baca, yakni Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Buku ini akan mengajarkan tentang filsafat. Namun, kamu tidak perlu khawatir, filsafat tidak selalu berat kok. Buku ini sangat relevan dengan kehidupan Generasi Milenial dan Gen-Z.

6. Burung-burung Manyar

Sumber: www.goodreads.com

Y.B. Mangunwijaya adalah penulis Burung-burung Manyar. Buku ini akan membahas seputar masa kemerdekaan yang tidak lantas diketahui oleh semua orang. Dengan buku ini kamu akan mempelajari sejarah. Semoga mulai sekarang kamu lebih memahami makna kemerdekaan yang sebenarnya.

7. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Sumber: /id.wikipedia.org

Micin udah baca buku ini dan suka sekali. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat membuka wawasan baru untuk Micin. Penulisnya adalah Mark Manson. Buku ini cocok untuk kamu yang sering overthinking atau mudah cemas. Dengan buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, kamu akan diajari untuk memilih mana kalimat yang harus kamu dengar atau kamu abaikan.

8. 1984

Sumber: www.goodreads.com

Ini adalah karya fiksi karya George Orwell, menceritakan bagaimana sebuah ideologi komunisme menguasai hampir seluruh negara. Di buku ini kamu akan menemukan bagaimana tatanan sosial itu ada dan siapa yang membuatnya.

9. Wild

Sumber: www.goodreads.com

Cheryl Strayed menuliskan Wild untuk menggambarkan bagaimana rasa kehilangan, kekecewaan hingga kemampuan memaafkan dan menyembuhkan diri sendiri. Wild menceritakan kisah seorang self-discovery yang hiking seorang diri sejauh 1.100 mil di Pacific Crest Trail.

10.  Who Rules The World

Sumber: www.goodreads.com

Buku tulisan Noam Chomsky ini menceritakan tentang kekuatan global dan keburukan negara Amerika Serikat. Dengan membaca buku ini kamu akan menemukan sisi lain dari pemerintahan Amerika Serikat. Apa itu? Kamu bisa membacanya sendiri.

Baca juga: 10 Buku Karya Pramoedya Ananta Toer yang Wajib Kamu Baca

Membeli buku memang tidak murah, tapi akan selalu ada jalan keluar atas setiap masalah. Bagaimana caranya? Yakni bekerja. Dengan bekerja kamu akan mendapatkan uang. Sekarang ada banyak sekali jenis pekerjaan. Salah satunya adalah menjadi freelance penulis novel.

Di Cabaca setiap bulannya dibutuhkan penulis-penulis baru untuk dapat berkarya bersama. Kamu hanya perlu menuliskan novel. Kemudian tinggal tunggu ada yang membelinya. Setiap beberapa bulan sekali, kamu boleh mencairkan komisi. Enak sekali, bukan? Waktu kerjanya pun tidak terikat. Bersama Cabaca, mari kita tumbuh bersama.