Contoh Sinopsis Novel Singkat dan Cara Membuatnya

Contoh Sinopsis Novel Singkat dan Cara Membuatnya
Photo by Siora Photography / Unsplash

Contoh Sinopsis Novel Singkat dan Cara Membuatnya – Sebagai seorang penulis, kamu diwajibkan untuk membuat sinopsis untuk melengkapi pemberkasan naskah yang akan dikirimkan kepada penerbit atau platform. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, kamu bisa membaca ulasan di bawah ini.

Pengertian Sinopsis

Sinopsis diartikan sebagai ringkasan atau gambaran singkat mengenai suatu isi dari novel. Singkatnya, sebuah sinopsis haruslah mencangkup awal dan akhir dari cerita. Tujuan dari adanya sinopsis adalah memberikan gambaran kepada editor atau pemeriksa naskah supaya dapat mengetahui isi cerita tanpa harus membacanya.

Pada pembuatan sinopsis, kamu haruslah mengetahui tokoh utama, konflik utama, plot serta tema. Dalam penulisannya usahakan seefektif dan seefisien mungkin.

Cara Membuat Sinopsis

Untuk penulis pemula, barangkali membuat sinopsis teramat sukar. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pembiasaan. Meskipun demikian, kamu bisa mempelajarinya dengan cara-cara sebagai berikut.

  1. Kamu harus membaca novelmu secara keseluruhan, apalagi kalau kepenulisanmu dilakukan sudah sejak lama sekali, sehingga kamu lupa cerita awalan. Bacalah secara menyeluruh dan saksama untuk memahami plot, tokoh, konflik, dan tema utama.
  2. Identifikasi setiap tokoh-tokoh yang ada. Tokoh biasanya dikategorikan ke dalam tiga golongan, yakni protogonis, antagonis maupun figuran.

Dalam pembuatan sinopsis, kamu tidaklah harus mencantumkan seluruh tokoh dalam bentuk narasi panjang, melainkan dapat digunakan dalam tabel. Tabel tersebut terdiri dari No, Nama, Fisik Tokoh, dan Sifat Tokoh. Lalu isilah tabel dalam poin-poin singkat dan jelas, sehingga editor mengetahui siapa saja nama-nama tokohmu.

Barulah dalam bentuk narasi, fokuskan untuk menceritakan tokoh protagonisnya. Ceritakan mulai dari awal sampai akhir, beserta segala tantangan yang terjadi.

  1. Pastikan konflik utama terbaca dengan jelas, dari awal kemunculan konflik sampai dengan permasalahan yang terpecahkan.
  2. Pastikan hal-hal berikut terkandung dalam sinopsismu: alur cerita, pengenalan tokoh dan konflik, perkembangan plot sampai penyelesaian cerita.
  3. Fokus pada poin-poin kunci pada momen penting dalam cerita, sambil menjaga kesederhanaan dan kejelasan.
  4. Tidak perlu memberikan terlalu banyak detail maupun informasi. Cukup tuliskan bagian yang kamu rasa paling penting.
  5. Jelaskan tema utama yang diangkat dalam ceritamu. Tentukan juga bagaimana hal itu berkaitan dengan cerita secara keseluruhan.
  6. Sebelum mengirimkannya kepada editor, periksa kembali sinopsis untuk memastikan kesesuaian dan kejelasan. Sekali lagi, pastikan tidak ada informasi yang terlewat supaya naskahmu tetap bagus dan rapi.
  7. Perbanyak latihan supaya kamu andal dalam menuliskan sinopsis.

Baca Juga: Cara Membuat Sinopsis Novel untuk Tim Redaksi

Contoh Sinopsis Novel

Setelah membaca pengertian dan cara membuat sinopsis, tidak lengkap apabila tidak memberikan contoh sinopsis novel. Berikut merupakan contoh yang diambil dari Cabaca. Namun, supaya tidak spoiler, akan dituliskan saja sedikit dari sinopsis yang sebenarnya.

1. Say Out Love

Kalau ada daftar kalimat apa saja yang Rigel benci di dunia ini, ‘lo adalah teman terbaik yang gue miliki’ sudah jelas masuk ke daftar tersebut. Bahkan kalau bisa, kata ‘teman’ ingin pemuda itu hapus saja dari KBBI.

Rigel dan Mishty sudah lama berteman, tapi status friendzone mereka malah meningkat ke ngeneszone. Misthy butuh dihibur akibat putus cinta, padahal Rigel berharap Mishty akan meliriknya sebagai seorang laki-laki….

2. Satu Waktu untuk Sempurna

Di saat temannya membahas pernikahan dan masa depan, Nada justru makin mengokohkan pundaknya. Nada memilih untuk mengesampingkan semua urusan pribadinya untuk menjadi tumpuan keluarga—ibu dan kedua adiknya sejak ayahnya meninggal.

Nada dipaksa tumbuh dewasa oleh keadaan, saat bisnis ayahnya bangkrut, saat kehidupan mewahnya menjadi kekurangan. Sejak saat itu, dalam prinsipnya. Nada tidak mau mengulangi kisah yang sama. Terlibat dengan perebutan kekuasaan antarkeluarga seperti mendiang ayah dan pakdenya.

Namun, kehidupan Nada yang tenang mulai terusik setelah bertemu dengan Wira dan anaknya, Zayn. Wira yang merupakan calon penerus Adhimerta Group sangat berbanding terbalik dengan Nada yang tidak mau sisa hidupnya menjadi rumit. Bagi Nada, berada di lingkungan konglomerat sama dengan terjun ke lubang kemunafikan, banyak kebohongan dan intrik di dalamnya….

3. Tangis Senyap di Balik Kerudung

novel karya Elya Ra Fanani

Yumna Azzahra namanya. Gadis biasa dengan kehidupan yang biasa-biasa saja. Hobinya adalah menulis, merajut mimpi—mempertahankan ‘eksistensinya’. Yumna senang berbagi kisah. Sayang, keluarganya lebih sering membantahnya daripada mendengarkannya. Karena itu, Yumna suka menghadiri berbagai macam diskusi, bertukar pikiran, berbagi emosi sesaat dengan orang-orang yang baru dikenalnya….

4. Evergreen

Evergreen berlatar di Tokyo, Jepang, tahun 2011. Bercerita tentang Rachel Yumeko Riviere, seorang wanita muda dengan sifat egois dan menyebalkan. Suatu saat, dia dipecat dari pekerjaannya sebagai editor fiksi. Hal itu membuatnya begitu marah dan frustasi. Rachel tak henti menyalahkan dunia atas kemalangannya itu.

Namun, kemudian, dia menemukan sebuah kedai es krim cantik bernama Evergreen. Di sanalah dia bertemu para pelayan, pembuat es krim, juga pemilik kedai yang sangat ramah dan menyenangkan. Mereka semua menunjukkan Rachel pelajaran tentang kebaikan hati. Tentang kesederhanaan, persahabat, memaafkan, juga cinta sejati….

5. Winter Tea Time

Winter Tea Time mengambil latar di Inggris pada tahun 90-an. Cerita ini diawali dengan hari ulang tahun seorang gadis bernama Celia Willow. Meski Celia berharap pesta ulang tahunnya akan berkesan, nyatanya hari itu malah menjadi hari terburuk dalam hidupnya. Tak seorang pun temannya yang hadir, dan Cella pun berjanji dirinya tidak akan pernah mengadakan pesta ulang tahun lagi.

Namun, ketika dia terbangun “keesokan harinya”, bukannya mengalami hari yang baru, dia malah kembali melalui hari yang sama—hari ulang tahunnya—dan itu terus terjadi secara berulang-ulang. Celia terus terjebak dalam hari yang sama entah mengapa, dan entah sampai kapan….

6. Tetangga Masa Gimmick

Talhah memulai kehidupan rumah tangga bersama Leni. Mereka tinggal pisah dari orangtua masing-masing. Di rumah barunya, mereka diapit tetangga yang ‘unik’ di kiri dan kanan. Ada Kang Aril yang waktu ketemu pertama kali sama Talhah sudah marah-marah karena motornya baret. Ada juga Bu Vivi, si nyinyir yang punya banyak anak. Hampir tiap pagi, anak pertama dan keduanya berantem bahkan sampai lempar-lemparan piring. Ada juga tetangga baru. Dia mengisi rumah yang ditinggalkan Kang Aril. Tetangga baru ini cukup mengganggu karena kerap kali mengeluarkan suara aneh di malam hari.

Tidak hanya bercerita kehidupan bertetangga yang unik, Thalhah juga mengalami banyak kisah senang dan sedih selama satu tahun berumah tangga bersama Leni. Mulai dari mencari mangga muda di Minggu pagi, hingga terpaksa harus pindah rumah karena renovasi di saat tetangga sedang baik-baiknya….

Baca Juga: 15 Contoh Sinopsis Novel di Cabaca

Sekarang tunggu apalagi? Menulis tidaklah membutuhkan waktu. Kamu hanya perlu install Cabaca dan dapatkan novel-novel baru setiap harinya. Dengan menulis pula, kamu akan mendapatkan penghasilan. Bersama Cabaca, setiap karya akan selalu dihargai dengan semestinya. Baca novel orisinal mulai Rp5 ribu, dengan install aplikasinya di Google Play. [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Platform baca novel digital di Indonesia


Cari novel murah? Cek pilihan genre di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy