18 Contoh Ringkasan Novel di Cabaca

18 Contoh Ringkasan Novel di Cabaca
Photo by Sophie Elvis / Unsplash

18 Contoh Ringkasan Novel di Cabaca – Jika tidak punya banyak waktu, membaca ringkasan adalah hal yang boleh dilakukan. Berikut ini contoh ringkasan novel untuk mendapatkan gambaran cerita.

Contoh Ringkasan Novel

Yang disebut ringkasan adalah gambaran besar tentang suatu hal. Dalam ringkasan novel, biasanya terdapat satu dua kalimat yang menjelaskan premis atau pun inti cerita. Isi ringkasan novel biasanya berupa usaha karakter utama dalam mencapai tujuannya. Pada beberapa ringkasan, biasanya dituliskan juga data tambahan berupa nama penerbit, tahun terbit, tebalnya, dan seterusnya.

Sebelum membaca novel, wajar kiranya kalau kamu bertanya-tanya, apakah novel ini bagus? Apakah novel ini sesuai dengan seleramu?

Kamu tidak perlu khawatir, berikut merupakan contoh ringkasan novel yang bisa kamu baca terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk lanjut membaca ataukah tidak.

1. Satu Waktu untuk Sempurna

novel Satu Waktu untuk Sempurna
novel Satu Waktu untuk Sempurna

Novel ini ditulis oleh Alina Lin, menceritakan Nada yang lebih mempriotaskan keluarga daripada pernikahan. Hingga suatu hari, bertemulah Nada dengan Wira dan anaknya bernama Zayn. Kedua manusia itu lambat laun mengubah kehidupan monoton dari Nada.

2. Bibit, Bebet, Bobot

novel Bibit, Bebet, Bobot
novel Bibit, Bebet, Bobot

Fara tidak habis pikir dengan Opa. Kakek kesayangannya itu menjodohkan Fara dengan pewaris rekan bisnis dari perusahaan Jayanegara. Masalahnya lagi, Opa belum tahu sosok yang akan dijodohkan dengan cucunya itu. Opa hanya melihat dari foto yang terpajang di ruang tamu. Novel seru ini ditulis oleh Ferisa Danesvaran.

3. The Marriage Rescue

novel The Marriage Rescue
novel The Marriage Rescue

Akhirnya Rima menerima perjodohan keluarganya dengan seseorang bernama Drey. Mereka sudah siap melaju ke jenjang pernikahan, tapi tiba-tiba dibatalkan. Perpisahan keduanya tidak terelakan. Keduanya hidup masing-masing seperti orang asing. The Marriage Rescue ditulis oleh Irma Syarief.

4. Clumsy Girl and Her Adorable Boss

novel Clumsy Girl and Her Adorable Boss

Penulis novel ini, Pesulapcinta, akan membawamu untuk membaca kisah Sri yang sengaja pergi ke Jakarta supaya terbebas dari kejaran para lelaki di desa yang ingin meminangnya. Sri masih tidak kepikiran untuk menikah muda. Sembari berkuliah, Sri bekerja sebagai pelayan di restoran Lestari. Lalu takdir pun membuat mereka bertambah dekat.

5. Yang Disesali Sebelum Hari Ini

novel Yang Disesali Sebelum Hari Ini
novel Yang Disesali Sebelum Hari Ini

Dibatezal akan mengajakmu berkelana dengan tokoh bernama Syamsul Basri. Tahun ini, Syamsul Basri berusia 45 tahun dan dia menderita disleksia. Hidupnya penuh kegagalan, utang menumpuk dan dia mengalami kecelakaan drastis. Sekarang Syamsul Basri terjebak dalam dunia peralihan antara ‘ada’ di antara hidup maupun mati. Apa yang harus Basri lakukan untuk keluar dari semua ini?

6. Evergreen

novel Evergreen
novel Evergreen

Kalau kamu suka dengan novel berlatar Tokyo, Jepang, kamu harus membaca tulisan Prisca Primasari ini. Evergreen menceritakan Rachel Yumeko Riviere yang memunyai sifat egois dan menyebalkan. Suatu hari, dia dipecat dari pekerjaannya sebagai editor fiksi. Karena pemecatan tersebut, Rachel marah, frustasi dan menyalahkan dunia atas segala kemalangan ini. Lalu suatu hari, Rachel menemukan kedai es krim cantik bernama Evergreen. Apa yang terjadi selanjutnya? Apa yang dirahasiakan oleh kedai itu? Kamu bisa melanjutkan kelanjutan kisahnya hanya di Cabaca.

7. From Swipe to My Type

novel From Swipe to My Type
novel From Swipe to My Type

Ree Syira akan mengajakmu untuk membaca kisah Julia atau Jule yang didesak untuk segera menikah oleh kedua orang tuanya. Jule pun mencari calon suami melalui aplikasi pencarian jodoh online. Hanya saja, menemukan seseorang untuk mengisi kehidupannya tidaklah mudah. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya?

8. Kau dan Kopi di Senja Hari

novel Kau dan Kopi di Senja Hari
novel Kau dan Kopi di Senja Hari

Fara, seorang janda penyuka kopi itu tidak hanya cantik, tapi juga mempunyai karier cemerlang sebagai seorang ASN dan berasal dari keluarga kaya raya. Inilah kisah Fara dalam hubungan keduanya dengan seorang brondong berusia 26 tahun. Bisakah kehidupan mereka berjalan bahagia? Kamu bisa membacanya hanya di Cabaca.

9. Barista Sayap Angsa

novel Barista Sayap Angsa
novel Barista Sayap Angsa

Kisah ini terinspirasi dari legenda Joko Tarub dan Tujuh Bidadari, yang mana menceritakan Devan dan Btari Puspa. Diceritakan bahwa Devan mempunyai bisnis coffee shop “Impresso Espresso”. Hanya saja, dalam satu tahun berjalan, usahanya tidak berjalan baik. Dalam perjalanan menuju kopi itulah dia bertemu dengan seorang bidadari Kahyangan yang sedang turun ke bumi. Bagaimana cara si bidadari menemukan sayap angsanya? Lalu apa yang akan terjadi kepada mereka berdua?

10. Kisah untuk Bridgia

novel Kisah untuk Bridgia
novel Kisah untuk Bridgia

Bridgia merasa hidup asing di rumah sendiri. Dia selalu menahan diri untuk tidak dibandingkan dengan adiknya oleh ibunya. Ditambah sebuah fakta yang membuat dirinya semakin terpuruk. Tidak ada hal yang bisa dilakukan Bridgia selain berdiri di kaki sendiri sebagai wanita kuat. Syukurlah, semesta mengirimkannya seorang pria bernama Radit. Siapakah pria itu? Akankah dia bisa menyingkirkan kesedihan dari hati Bridgia?

11. Siniar Merah

novel Siniar Merah
novel Siniar Merah

AKP Arga Wibisana dipindahkan ke ibu kota untuk mengungkap misteri penculikan yang menggemparkan tahun lalu, yaitu kasus Siniar Merah. Jejak yang ada membuat penyelidikan semakin rumit. Arga harus menyusun petunjuk-petunjuk tersembunyi dan memecahkan teka-teki yang ada. Bisakah dia menyelesaikan semua ini?

12. Still the One

novel Still the One
novel Still the One

Aby dan Maya terpaksa menikah karena dijebak teman-temannya delapan tahun lalu. Pernikahan tersebut dilaksanakan satu minggu setelah ujian nasional. Pernikahan muda memang tidak seindah yang dirasakan. Mereka akhirnya mempunyai dua anak kembar yang lucu. Namun, setiap pernikahan pasti mempunyai ujian. Mulai dari ujian terberat sekalipun. Lalu bagaimana mereka keluar dari setiap masalah? Ataukah mereka harus menyerah?

13. Sesuatu tentang Dahulu

cover Sesuatu tentang Dahulu

Menjadi penulis terkenal, berpenampilan cantik, dan elegan membuat Uray untuk tidak takut mendatangi reuni SMA. Namun, dalam reuni itu ada satu sosok yang ingin Uray cari. Dia menginginkan seseorang yang membuatnya penasaran dari tujuh tahun lalu. Seseorang yang mengubahnya sampai seperti ini. bisakah Uray bertemu dengannya?

14. Satu Hari di SMA

novel Satu Hari di SMA
novel Satu Hari di SMA

Masih seputar reuni. Hana yang sudah menikah diajak menghadiri reuni oleh suaminya, Irza. Semula Hana menolak, tapi dia akhirnya ikut juga. Hana juga ingin meluruskan bahwa cintanya hanya untuk Juli semata. Lalu akankah reuni tersebut berakhir indah?

15. Ketika Aku Akan Mati

novel Ketika Aku Akan Mati
novel Ketika Aku Akan Mati

Hari di mana Diana akan mati, tidaklah jauh berbeda dari hari-hari yang telah lampau. Tidak ada tanda-tanda di hari itu. Hingga suatu ketika, kecelakaan menempatkannya antara hidup dan mati. Diana menjadi roh yang hanya menatap. Ketika hal tersebut, Diana mengetahui ibu seperti apakah dirinya selama ini. Anak-anak yang dia kira baik-baik saja, ternyata mempunyai banyak sekali masalah. Bisakah Diana menjadi ibu baik untuk anak-anaknya?

16. Two Jobs, Two Bosses

novel Two Jobs, Two Bosses
novel Two Jobs, Two Bosses

Freya terikat oleh dua pekerjaan sehingga dia mempunyai dua bos. Kebetulannya keduanya juga berusia muda. Terjebak dalam hubungan rumit membuat Freya merasa kesulitan. Di lain sisi dia harus dituntut profesional dalam bekerja. Di sisi lainnya, perasaan cinta mengobrak-abrik dia.

17. Indira

novel Indira
novel Indira

Indira merupakan sahabat semua orang. Dia ditemukan bunuh diri setelah berhari-hari sebelumnya hilang tanpa ada yang tahu ke mana. Sepuluh tahun kemudian, sebuah surat bertuliskan ‘Pembunuhan’ dikirim dari rumah Indira yang tidak terpakai. Apa yang sebenarnya terjadi? Apa yang dilakukan oleh sahabat-sahabat Indira?

18. A Thing Called Us

novel A Thing Called Us
novel A Thing Called Us

Semesta menyatukan aku dan kamu. Kukira pertemuan itu akan menjadi sederhana, tapi nyatanya memupuk rasa dan saling menyembuhkan luka. Hanya saja, terkadang takdir tidak sesuai skenarionya, karena hanya dipertemukan tanpa perlu dipersatukan. Barangkali semesta memang hanya mengajarkan untuk memberikan pelajaran antara satu sama lain.

Baca Juga: 8 Novel Pendek Gratis di Cabaca

Seluruh novel Cabaca ditulis oleh penulis Indonesia. Jadi dengan membacanya, kamu sudah menghargai karya dari anak-anak bangsa. Bersama Cabaca, mari kita tingkatkan budaya literasi Indonesia, cari novel murah dan legal di aplikasi Cabaca, mulai dari Rp5 ribu. [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Platform baca novel online di Indonesia


Cari novel online? Cek pilihan genre di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy