Cari Tempat Donasi Buku? Cek di Sini Yuk! – Mendonasikan buku kini tidak perlu susah lagi. Seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan komunitas atau tempat donasi buku untuk kamu menyumbangkan buku kesayanganmu yang sudah tidak dibaca lagi. Berikut merupakan tempat donasi buku yang Cabaca rekomedasikan untukmu.

1. Lemari Bukubuku

Sumber: Instagram @lemaribukubuku

Akun @lemaribukubuku ini bisa kamu temukan di Instagram. Di sini, selain bisa mendonasikan buku, juga menyediakan penerima donasi buku. Jadi, bukumu tidak akan menganggur begitu saja karena akan dialihkan kepada orang lain.

2. Book for Mountain

Sumber: Instagram @bookformountain

Book for Mountain lebih berfokus kepada bacaan anak. Jadi, bagi kamu yang memiliki pictbook, boardbook, kumcer anak atau novel anak, kamu bisa mendonasikannya ke IG bookformountain. Berbagi itu indah, terutama kepada anak-anak.

3. Sedekah Buku

Sumber: sedekahbuku.id

Untuk kamu yang punya banyak koleksi buku dan tidak tahu ingin disumbangkan ke mana, kamu bisa mengunjungi website http://www.sedekahbuku.id/.

Selain menyumbangkan buku, di website ini juga terdapat data lembaga atau taman baca yang membutuhkan buku bacaanmu.

4. Yayasan dan Komunitas 1001buku

Sumber: kitabisa.com

Awal pembentukan komunitas donasi buku ini didasarkan pada rasa prihatin terhadap kurangnya ketersediaan akses bacaan yang berkualitas. Di komunitas ini kamu bisa bertemu dengan relawan lain. Apabila tertarik donasi, kamu bisa mengirimnya ke alamat Jln. Rusa Raya no. 16A RT 07/08, Manggarai Selatan, Jakarta 12860, Indonesia.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang Buku yang Wajib Diketahui Kutu Buku!

5. Drive Books, Not Cars

Sumber: tamanbacaanpelangi.com

Drive Books, Not Cars merupakan kerja sama antara Sahabat Anak dan Taman Bacaan Pelangi. Tempat ini hanya khusus untuk buku berbahasa Inggris. Buku ini nantinya akan dijual kembali, yang keuntungannya digunakan untuk program beasiswa sampai membangun perpustakaan di Jakarta dan NTT. Drop box untuk tempat buku biasanya ditaruh di tempat-tempat ramai, seperti Starbucks dan Anomali.

6. Indonesia Mengajar

Sumber: indonesiamengajar.org

Untuk mendonasikan buku ke Indonesia Mengajar, kamu bisa mengirimkannya ke alamat Kantor Indonesia Mengajar (a.n. Indonesia Menyala) Jalan Galuh II No. 4 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110. Buku yang sangat dibutuhkan di antaranya buku pelajaran, buku cerita, atlas, dan majalah anak.

7. Kutu Buku Sahabat Anak

Sumber: thevoiceofsahabatanak.wordpress.com

Drop box untuk mendonasikan buku di Kutu Buku Sahabat Anak, biasanya tersebar di Restaurant Ocha & Bella (Hotel Moorisey), Bank Royal Indonesia, Kopitiam Living World dan The Little Things She Needs di beberapa mall Jakarta. Atau bisa langsung dikirimkan ke alamat ini: Sekretariat Sahabat Anak, Jln. Tambak II, RT 06/05, No. 23, Kel. Pegangsaan, Jakarta Pusat 10320. Buku yang kamu sumbangkan nantinya akan didistribusikan ke taman bacaan, komunitas belajar, dan perpustakaan di berbagai wilayah terpencil di Indonesia

Baca Juga: 10 Cara Menerapkan Gaya Hidup Zero Waste

Selain mendonasikan bukumu dengan percuma, kamu juga bisa jual buku bekas ke pasar loak. Lumayan untuk membuat rak bukumu sedikit lebih lega.

Untuk kamu yang ingin mendukung zero waste, kamu juga bisa beralih membaca e-book. Salah satunya dengan membaca novel di aplikasi Cabaca. Setiap harinya, Cabaca selalu mengupayakan novel baru untuk seluruh penggunanya. Tunggu apa lagi, bersama Cabaca waktu luangmu akan menjadi lebih berharga. [Lisma]

Aplikasi untuk yang suka baca novel Indonesia gratis!