Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan 2 Minggu, Anak Kos Harus Tahu!

Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan 2 Minggu, Anak Kos Harus Tahu!

Cara Menyimpan Rendang Agar Tahan 2 Minggu, Anak Kos Harus Tahu! – Kamu dimasakin rendang banyak dan ingin simpan lebih lama? Perhatikan tips menyimpan rendang berikut ini.

Cara Menyimpan Rendang Supaya Awet

Rendang adalah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasanya yang kaya dan bumbu rempahnya yang kuat. Hidangan ini nggak hanya populer di dalam negeri, tetapi juga di berbagai negara. Banyak warga negara asing bahkan takjub dengan cita rasanya.

Salah satu keunggulan rendang adalah daya tahannya yang lama, menjadikannya pilihan tepat untuk disimpan dan dinikmati dalam jangka waktu panjang. Namun, ternyata agar rendang tetap enak dan aman dikonsumsi, ada beberapa cara menyimpan yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips dan trik cara menyimpan rendang agar tahan hingga dua minggu.

1. Memasak Rendang dengan Benar

Langkah pertama untuk memastikan rendang dapat disimpan dalam waktu yang lama adalah dengan memasaknya dengan benar. Proses memasak rendang memerlukan waktu yang cukup lama agar bumbu meresap sempurna dan daging benar-benar matang. Berikut adalah langkah-langkah memasak rendang yang tepat.

  • Gunakan bahan berkualitas

Pastikan kamu hanya menggunakan daging sapi yang segar dan berkualitas. Usahakan potongan dagingnya yang sedikit berlemak atau 95% daging untuk hasil yang lebih empuk dan lezat.

  • Marinasi dulu dengan bumbu

Biarkan bumbu-bumbu meresap ke dalam daging dengan merendamnya selama beberapa jam sebelum dimasak. Hal ini akan membantu memperpanjang masa simpan rendang.

  • Masak dengan api kecil

Masak rendang tidak boleh dengan api besar. Untuk mendapatkan kematangan sempurna, masak saja dengan api kecil dan aduk secara berkala agar bumbu tidak gosong. Proses ini biasanya memakan waktu 3-4 jam hingga santan mengering dan bumbu meresap sempurna.

Raw beef Short Ribs being prepped for the barbecue
Photo by James Kern / Unsplash

2. Dinginkan Dahulu

Setelah rendang selesai dimasak, langkah selanjutnya adalah mendinginkannya lebih dulu. Jangan pernah membungkus makanan saat masih panas. Hal ini penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan makanan cepat basi. Berikut cara mendinginkan rendang dengan cepat.

  • Pisahkan ke dalam porsi kecil

Bagi rendang ke dalam beberapa wadah kecil agar proses pendinginan lebih cepat dan merata.

  • Biarkan pada suhu ruangan

Diamkan rendang pada suhu ruangan sampai uap panasnya hilang, barulah kemudian dapat dimasukkan ke dalam kulkas.

3. Simpan di Kulkas

Untuk menyimpan rendang agar tahan hingga dua minggu, langkah pertama adalah menyimpannya di kulkas. Pastikan kamu menggunakan wadah yang kedap udara untuk mencegah kontaminasi dan menjaga aroma serta rasa rendang. Berikut beberapa tips menyimpan rendang di kulkas.

  • Gunakan wadah kedap udara

Pilih wadah plastik atau kaca yang memiliki penutup rapat untuk menyimpan rendang.

  • Simpan dalam porsi kecil

Simpan rendang dalam porsi kecil agar lebih mudah diambil dan dipanaskan sesuai kebutuhan.

  • Labeli wadah

Jangan lupa beri label pada wadah dengan tanggal penyimpanan untuk memantau masa simpan rendang.

4. Simpan di Freezer

Jika ingin menyimpan rendang lebih dari dua minggu, kamu bisa menggunakan freezer. Rendang yang disimpan di freezer dapat bertahan hingga beberapa bulan loh! Nggak usah khawatir, kualitasnya tetap terjaga meski masuk freezer. Berikut adalah cara menyimpan rendang di freezer.

  • Gunakan wadah atau plastik kedap udara

Pastikan wadah atau plastik yang digunakan benar-benar kedap udara untuk mencegah freezer burn yang dapat merusak tekstur dan rasa rendang.

  • Vacuum sealing

Jika memungkinkan, gunakan vacuum sealer untuk menghilangkan udara dari dalam wadah atau plastik sebelum disimpan di freezer.

  • Labeli wadah

Masih sama, tulis tanggal penyimpanan dan tempelkan labelnya pada wadah agar kamu tahu kapan rendang tersebut mulai disimpan.

sumber: cookpad.com

5. Pemanasan Ulang dengan Benar

Saat ingin mengonsumsi rendang yang telah disimpan, penting untuk memanaskannya dengan benar agar tetap aman dan lezat. Jika rendang disimpan di kulkas, kamu bisa memanaskannya langsung di atas kompor dengan api kecil. Tambahkan sedikit air atau santan jika rendang terlihat terlalu kering. Namun, jika rendangnya disimpan di freezer dan beku, diamkan terlebih dahulu dengan memindahkannya ke kulkas semalam sebelum dipanaskan. Setelah itu, panaskan di atas kompor dengan api kecil hingga panas merata.

Photo by prananta haroun / Unsplash

6. Jangan Menyentuh Rendang dengan Tangan.

Gunakan sendok atau alat lainnya untuk mengambil rendang dari wadah penyimpanan agar kebersihan tetap terjaga, serta rendang tidak gampang bau.

7. Jangan Mencampur Rendang Baru dengan yang Lama

Siapa nih yang punya kebiasaan asal campur aja? Simpan rendang baru dan lama di wadah yang berbeda untuk mencegah kontaminasi silang.

Baca Juga: Ide Bekal Suami Paling Mudah, Bergizi, dan Murah

Menyimpan rendang agar tahan hingga dua minggu atau lebih memerlukan beberapa langkah yang harus diperhatikan. Mulai dari memasak rendang dengan benar, mendinginkannya dengan cepat, hingga menyimpannya di kulkas atau freezer dengan cara yang tepat. Selain beberapa tips di atas, pastikan untuk cek kualitasnya secara berkala. Sebelum memanaskan ulang, cek tekstur, aroma, dan rasa rendang. Jika kamu merasa ada perubahan yang mencurigakan atau melihat ada ciri-ciri rendang basi, jangan sekali-kali untuk mengonsumsinya ya!

Hiburan anak kos bisa dengan membaca novel online berkualitas loh kayak di aplikasi Cabaca. Cabaca adalah platform baca novel digital karya anak Indonesia. Novel yang dihadirkan di sini sudah melalui proses kurasi dan editing sehingga bacanya jadi lebih nyaman walau di HP. Cobain baca gratis melalui banyak program menarik, hanya di aplikasinya. Install di Play Store sekarang! [Asya]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Platform baca novel berkualitas di Indonesia


Suka baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy