Cara Mengubah Mode Baca dari Scroll ke Swipe Seperti Buku di Cabaca – Setelah kemarin membahas cara mengubah jenis dan ukuran font di Cabaca, sekarang akan dijelaskan cara mengubah mode baca dari scroll ke swipe buku di Cabaca.

Tapi, sebelum itu udah tahu enggak sih, yang dimaksud scroll itu kayak apa?

Beberapa platform baca novel gratis menggunakan mode baca scroll untuk kontennya. Scroll dalam bahasa Inggris artinya menggulir atau sederhananya adalah cara menggeser bagian novel dengan menggerakkan ke atas atau ke bawah pada layar.

Sedangkan swipe berarti geser atau menggeser, yang kalau diaplikasikan ke dalam istilah aplikasi baca novel online artinya kamu bisa menggerakkan bagian novel dengan menggesernya ke kiri dan kanan. Bagi orang yang bosan dengan mode scroll dapat menggunakan swipe supaya tidak bosan lagi.

Oke, sebagai aplikasi baca novel gratis, Cabaca juga mempunyai kedua fitur ini, ditambah satu mode lain. Berikut merupakan cara mengubahnya.

Cara Mengubah Mode Baca di Cabaca

1. Klik novel yang ingin kamu baca.

Selaku aplikasi baca Indonesia, kamu sudah tahu kan kalau jenis bacaan di Cabaca sangat beragam? Persis kayak kebhinekaan tunggal ika kita. Kamu bisa memilih novel bergenre yang kamu suka, baik itu teenlit, romance, sejarah, fan fiction, dan lainnya. Atau novel-novel penulis favorit kamu.

Sehabis menekan satu novel, kamu akan diarahkan ke menu detail. Menu detail biasanya berisi tentang blurb, nama penulis, rating, tagar, dan sebagainya.

Buku Mastercheap di Cabaca

2.  Masuk ke menu bab.

Sebelah kiri menu detail, terdapat menu bab. Tekan bab pertama, kalau kamu baru membaca novel tersebut. Namun, untuk melanjutkan, kamu bisa mengklik bab yang sedang kamu baca.

3. Dari bab yang kamu baca, scroll ke bawah sampai menemukan tombol Setelan.

Tombol setelan terdapat di satu deretan bersama tombol lain, yakni Rating Yuk, Suka, Komen, dan Setelan. Kamu cukup menekan tombol Setelan sekali saja. Tanpa menunggu lama pun kamu masuk ke pengaturan lanjutan.

Klik icon Setelan

4. Klik mode baca sesuai keinginanmu.

Ada empat ketegori di Setelan Baca yakni, Ukuran Font, Warna Latar, Mode Baca, dan Jenis Font. Fokuskan kepada mode baca apa yang kamu inginkan. Lalu tekan mode baca tersebut (apabila memakai gawai) dan cukup klik satu kali jika kamu memakai komputer.

Setelah menekan mode baca sesuai keinginanmu, konten otomatis akan berubah. Untuk menutup Setelan, cukup tekan tombol close atau (x).

Pilih mode scroll, swipe, atau flip book

Selain scroll dan swipe, Cabaca mempunyai setelah lain, yaitu Flip Book. Dalam bahasa Inggris, Flip Book dapat diartikan sebagai membalik buku. Jadi, mode ini seakan-akan diatur untuk memberikan efek atau animasi seperti membuka buku. Kalau kamu menggunakannya, akan ada efek membalik di konten. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menarik ujung kanan atas (pada ponsel) atau cukup klik-kan mouse ke salah satu bagian konten. Halaman akan membalik secara otomatis.

Baca Juga: Cara Mengubah Jenis dan Ukuran Font di Cabaca

Nah, keren, kan? Sekarang kamu mau coba mode baca yang apa, nih?

Oh ya, sebagai salah satu platform baca novel online, Cabaca selalu mencoba menghadirkan nuansa dan pembaruan fitur yang nantinya sangat bermanfaat untuk pembaca maupun penulis. Menurutmu, seharusnya fitur apa lagi yang perlu ada di Cabaca? [Lisma]

Klik untuk cari tahu info lainnya: