Cara Mengubah Jenis dan Ukuran Font di Cabaca – Aplikasi baca Indonesia banyak sekali, baik yang datang dari luar negeri ataupun asli dari Indonesia. Salah satunya adalah Cabaca. Cabaca berbasis di Yogyakarta dan dikelola oleh warga negara Indonesia. Tak hanya itu, Cabaca juga mengelola konten dari penulis Indonesia.

Setiap tahunnya, platform baca novel online Cabaca berusaha berkembang demi kenyamanan para pembaca maupun kemakmuran penulisnya. Hal yang senantiasa dilakukan Cabaca, yakni menambah fitur-fitur bermanfaat. Salah satunya adalah jenis dan ukuran font. Adanya fitur ini diharapkan dapat membuat penggunanya lebih nyaman membaca novel online, baik melalui smartphone maupun melalui laptop.

Berikut cara mengubah jenis dan ukuran font di Cabaca.

Cara Mengubah Jenis dan Ukuran Font

1. Masuklah ke novel yang ingin kamu baca.

Cabaca mempunyai baca sekali genre, mulai dari kisah teenlit, sejarah, romantis, thriller dan lainnya. Serta penulis kesayangan Cabaca pun mempunyai teknik, gaya bahasa, dan tema yang sangat beragam. Jadi, kamu tidak akan pernah bosan memilih beragam bacaan di Cabaca.

Kamu hanya perlu mengklik salah satu novel yang ingin kamu baca.

Buku Mastercheap di Cabaca

2. Dari Menu Detail, masuklah ke bab

Klik bab pertama atau bab lain yang kamu mau. Tunggu sebentar sampai proses loading selesai. Setelah itu, scroll ke bagian paling bawah. Kamu akan menemukan fitur Setelan di pojok kanan bawah, bersama dengan deretan Rating Yuk, Disukai, dan Komen.

Klik icon Setelan

3. Aturlah ukuran dan jenis font yang kamu kehendaki

Membaca di aplikasi baca novel online memang berbeda dengan membaca langsung di buku. Setidaknya dengan aplikasi atau website, kamu dapat mengatur sendiri ukuran dan jenis font yang paling nyaman untukmu.

Untuk memilih ukuran font, kamu hanya perlu mengklik tanda titik yang berjejer. Ada tujuh pilihan di sana. Aa- artinya berukuran lebih kecil dari ukuran normal (ukuran yang di tengah). Sedangkan Aa+ artinya berukuran lebih besar dari ukuran normal yang direkomendasikan. Kalau yang udah otomatis sih, sudah ditekankan di titik paling tengah, yakni bernomor empat.

Jenis font di Cabaca juga bisa kamu atur sesuai selera. Ada Default, Sans Serif, dan Serif. Selera kamu dan selera pembaca lain bisa aja berbeda, tapi apa pun itu, tidak ada salahnya dalam memilih jenis font favorit. Banyak yang lebih suka default, tapi jika kamu suka yang ada kaitnya, silakan pilih font Serif.

Klik icon + atau - untuk mengubah ukuran

4. Setelah melakukan pengaturan cukup tekan tombol x (close) yang ada di pojok kanan.

Tidak ada tombol OK untuk pengaturan. Jadi, selesai kamu mengatur jenis dan ukuran font, kamu hanya perlu menekan tombol Close. Kemudian konten bab pun terganti otomatis.

Done!

Gimana? Jadi bahagia nggak sekarang bacanya?

Platform baca novel gratis memang banyak, tapi Cabaca selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk penulis maupun pembacanya. Semisal dengan menghadirkan Happy Hours Cabaca atau yang lebih dikenal sebagai Jam Baca Nasional.  

Ets, jangan khawatir. Meskipun Cabaca dengan Happy Hours menjadi aplikasi baca novel gratis untuk pembacanya, kamu para penulis (atau yang ingin menjadi penulis) tidak perlu merasa resah karena tidak akan dibayar. Kamu akan tetap dibayar sesuai dengan kontrak. Jadi, yuk, semangat promonya supaya banyak yang baca dan passive income kamu jalan terus. Dengan demikian, cuan yang ditransfer ke rekeningmu akan semakin meningkat.

Tetap sehat semua. Tetap semangat berkarya. Kurangi ngomongin orang lain dengan memperbanyak baca buku. Unduh aplikasi Cabaca hanya di Play Store [Lisma]

Klik untuk cari tahu info lainnya: