Cara Menghilangkan Amis pada Daging Hewan Kurban

Cara Menghilangkan Amis pada Daging Hewan Kurban
Photo by Kyle Mackie / Unsplash

Cara Menghilangkan Amis pada Daging Hewan Kurban – Ada banyak cara menghilangkan amis daging sapi atau mengurangi bau prengus daging kambing. Lakukan salah satu dari tips berikut ini.

Cara Menghilangkan Amis pada Daging Kurban

Daging hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba merupakan hidangan istimewa yang sering disajikan dalam perayaan Idul Adha. Namun, banyak orang sering mengeluhkan bau amis yang muncul dari daging tersebut. Bau amis bisa mengurangi kenikmatan saat mengolah dan menyantap daging kurban. Untuk itu, penting mengetahui cara-cara efektif untuk menghilangkan bau amis pada daging hewan kurban. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Cek Dagingnya Masih Segar atau Tidak

Langkah pertama untuk menghindari bau amis adalah dengan memperhatikan kesegaran dagingnya dan mengetahui ciri daging yang segar. Daging segar biasanya memiliki warna merah cerah, tekstur kenyal, dan tidak berbau menyengat. Pastikan kamu mendapatkan daging dari sumber yang terpercaya dan segera olah atau simpan daging tersebut dengan benar setelah mendapatkan jatah daging kurban dari masjid.

Tomahawk steak from RG Foreman, Norham.
Photo by John Cameron / Unsplash

2. Cuci Daging dengan Air Mengalir

Setelah mendapatkan daging yang segar, langkah berikutnya adalah mencuci daging tersebut dengan air mengalir. Proses ini bertujuan untuk membersihkan darah dan kotoran yang menempel pada daging. Cuci daging hingga air cucian menjadi jernih. Namun, jangan terlalu lama merendam daging dalam air karena bisa menyebabkan hilangnya rasa asli dari daging tersebut serta membuat tekstur daging menjadi alot.

3. Gunakan Garam

Garam adalah bahan alami yang sangat efektif untuk menghilangkan bau amis. Caranya, taburkan garam pada permukaan daging, lalu gosok-gosok hingga merata. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Garam tak hanya membantu menghilangkan bau amis, tetapi juga bisa mengurangi lendir dan bakteri yang ada pada daging loh!

Raw beef Short Ribs being prepped for the barbecue
Photo by James Kern / Unsplash

4. Gunakan Air Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis dan lemon memiliki kandungan asam sitrat yang mampu menghilangkan bau amis pada daging. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni peras air jeruk nipis atau lemon, kemudian lumuri daging dengan air perasan tersebut. Diamkan selama 15-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Selain menghilangkan bau amis, jeruk nipis atau lemon juga memberikan aroma segar pada daging.

citrus fruit with knife on cutting board
Photo by Elena Kloppenburg / Unsplash

5. Gunakan Susu Cair atau Yogurt

Susu cair atau yogurt juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Caranya, rendam daging dalam susu cair atau yogurt selama 30-60 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan asam laktat pada susu dan yogurt akan membantu mengurangi bau amis dan membuat tekstur daging lebih empuk.

6. Manfaatkan Bahan Rempah-rempah

Beberapa rempah-rempah seperti jahe, kunyit, daun jeruk, dan serai memiliki sifat antibakteri dan aroma kuat yang bisa menutupi bau amis. Kamu bisa memarut jahe atau kunyit, lalu lumurkan pada daging. Diamkan selama beberapa saat agar rempah-rempah meresap ke dalam daging sebelum diolah. Untuk daun jeruk dan serai, cukup iris-iris dan campurkan bersamaan dengan proses perebusan atau pengolahan daging.

7. Marinasi dengan Bumbu

Marinasi adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bau amis sekaligus menambah cita rasa pada daging. Kamu bisa mulai marinasi dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, kecap, dan minyak zaitun. Lumuri daging dengan bumbu marinasi, lalu diamkan selama beberapa jam atau semalaman di dalam kulkas. Proses marinasi akan membuat bumbu meresap ke dalam daging dan menghilangkan bau amis.

Photo by Nathan Dumlao / Unsplash

8. Teknik Memasak yang Tepat

Cara memasak juga mempengaruhi aroma daging. Beberapa teknik memasak yang bisa mengurangi bau amis antara lain sebagai berikut.

  • Merebus dengan Rempah-rempah: Tambahkan rempah-rempah seperti jahe, serai, dan daun jeruk saat merebus daging. Rebus hingga air mendidih dan daging empuk.
  • Menggoreng atau Membakar: Bau amis seringkali berkurang saat daging digoreng atau dibakar karena panas tinggi membantu menghilangkan bau tidak sedap.
  • Menggunakan Kaldu: Merebus daging dengan kaldu ayam atau sapi yang telah dibumbui juga bisa mengurangi bau amis.


9. Penyimpanan yang Benar

Cara penyimpanan daging juga berpengaruh terhadap aroma daging. Simpan daging dalam wadah tertutup rapat di dalam lemari es atau freezer. Jika daging akan digunakan dalam beberapa hari, simpan di bagian chiller. Namun, jika akan disimpan lebih lama, simpan di dalam freezer agar kualitas daging tetap terjaga.

10. Gunakan Arang Aktif

Arang aktif bisa digunakan untuk menyerap bau tidak sedap pada daging. Cara membuat sate supaya tidak amis yakni dengan meletakkan beberapa potong arang aktif di sekitar tempat penyimpanan daging. Arang aktif akan menyerap bau amis dan menjaga daging tetap segar.

Photo by Eka P. Amdela / Unsplash


Menghilangkan bau amis pada daging hewan kurban memang agak tricky. Namun, hanya dengan beberapa langkah sederhana di atas, kamu sudah melakukan cara efektif menghilangkan bau amis pada daging kurban. Kamu boleh mencoba salah satu saja, entah mengecek kesegaran daging, mencuci dengan air mengalir, menggunakan garam, jeruk nipis atau lemon, susu cair atau yogurt, rempah-rempah, hingga teknik memasak yang tepat. Semoga kamu bisa mempraktikkannya di rumah dan menikmati hewan kurban yang enak tanpa amis ya.

Baca Juga: Ide Bekal Suami Paling Mudah, Bergizi, dan Murah


Saat libur Iduladha, yuk isi waktu dengan baca novel online berkualitas di aplikasi Cabaca. Cabaca adalah aplikasi baca novel online terbaik di Indonesia. Novel yang ditawarkan merupakan hasil kurasi dan sudah melalui proses editing sehingga bakal lebih nyaman baca novel di HP. Yuk, coba baca gratis melalui banyak program menarik, hanya di aplikasi. Unduh di Play Store sekarang ya. [Asya]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Lebih suka baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy