Cara Mengganti Warna Latar pada Halaman Baca Cabaca

Cara Mengganti Warna Latar pada Halaman Baca Cabaca – Salah satu kelebihan membaca dengan aplikasi baca novel online adalah kita bisa leluasa mengganti warna latar. Warna latar itu apa? Warna latar adalah warna background layaknya warna kertas pada novel cetak.

Di aplikasi baca Cabaca, ada tiga warna latar yang bisa kamu manfaatkan dan ubah-ubah sesuai preferensi. Apa sajakah itu? Putih, krem, dan hitam.

Cara Mengganti Warna Latar pada Halaman Baca

Sebelum masuk ke cara mengganti warna latar pada halaman baca, berikut akan dijelaskan seputar ketiga warna tersebut.

Kalau kamu menggunakan warna latar putih, tulisan novel akan menjadi hitam. Seperti yang sudah jelasin di atas, warna latar putih merupakan warna default yang sering ada aplikasi baca novel gratis.  

Apabila kamu memakai warna krem, tulisan novel akan menjadi hitam. Warna ini sangat soft sehingga tidak akan menimbulkan efek menyilaukan seperti jika memakai warna latar putih. Ini warna latar favorit banyak pengguna Cabaca. Di beberapa platform baca novel gratis lainnya, warna krem masih belum banyak digunakan.

Yang terakhir, yakni hitam. Tahu kan kalau di beberapa ponsel ada mode malam? Nah, warna hitam pada latar halaman baca berfungsi seperti itu. Fungsinya latar hitam ini bisa seperti mode malam. Menenangkan banget di mata saat dibuka dalam kondisi kurang cahaya di sekitarmu. Jika kamu menggunakan warna latar hitam, tulisanmu akan berubah putih.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai warna latar. Berikut merupakan cara mengganti warna latar di aplikasi baca Indonesia Cabaca.

1. Seperti biasa, pilih judul novel yang ingin kamu baca.

Kamu akan masuk ke menu detail yang berisi blurb novel dan sebagainya. Lihatlah tab menu di samping menu detail, yakni menu bab. Masuklah ke bab yang ingin kamu baca.

Klik buku pilihanmu

2.  Scroll bab sampai ke bawah atau lihatlah deretan fitur di bawah sendiri. Tekan tombol setelan.

Tombol ini berada satu deret dengan Rating Yuk, Suka, dan Komen.

3. Setelah kamu menekan tombol setelan kamu akan melihat beberapa pengaturan yang bisa diganti.

Beberapa yang bisa diubah-ubah setelannya adalah Ukuran Font, Warna Latar, Mode Baca, dan Jenis Font.

Klik icon Setelan

4.  Pada deretan tombol Warna Latar, kamu akan menemukan pilihan warna dalam tiga warna. Kamu hanya perlu menekan salah satu warna.

Warna yang kamu pilih akan memunculkan tanda centang. Setelah itu, konten bab yang sedang kamu baca akan berubah secara otomatis.

Pilih warna putih (default), krem, atau hitam

5.  Sehabis memilih warna, kamu hanya perlu menekan tombol x atau Close yang berada di pojok kanan.

Selesai! Oya, setelan warna latar yang telah kamu lakukan ini akan berlaku dan diterapkan otomatis ke novel lainnya (yang akan kamu baca di kemudian hari). Tetapi tenang, selalu bisa diubah kapan saja kok!

Pilih warna krem agar lebih soft di mata

Baca Juga: Cara Mengubah Mode Baca dari Scroll ke Swipe Seperti Buku di Cabaca

Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Warna latar ini akan langsung diterapkan ke konten novel. Warna latar juga tidak akan berubah kalau tidak kamu ganti. Namun, ada pengecualian, yakni kalau aplikasi baru proses update, biasanya setelan akan kembali ke default. Barulah kamu harus melakukan pengaturan sesuai keinginan.

Ada banyak sekali platform baca novel online, tapi Cabaca selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pembaca maupun penulisannya, yakni dengan menambahkan fitur-fitur keren di aplikasi maupun situs website. Menurutmu fitur apalagi yang harus ada di Cabaca? [Lisma]