Cara Mengecek Jumlah Kerang di Cabaca – Untuk yang baru mengenal dan pakai aplikasi Cabaca, pasti bingung, kerang ini apaan sih? Apakah kerang bisa mengabulkan semua permintaan? Eh, kalau kerang itu cuma ada di SpongeBob SquarePants.

Kerang Cabaca adalah alat tukar virtual atau semacam poin yang dibutuhkan untuk membaca novel di Cabaca. Setiap pengguna aplikasi baca novel gratis Cabaca harus memiliki kerang untuk menukarkannya dengan akses baca dari novel yang tersedia. Biasanya tiap buku atau tiap bab yang ada di Cabaca memiliki sejumlah nilai kerang tertentu, misalnya 10 kerang, 15 kerang, 20 kerang, dan seterusnya. Secara umum, kerang dibedakan menjadi Kerang Reguler dan Kerang Bonus.

Kerang Bonus dan Kerang Reguler di Cabaca

Apa itu Kerang Reguler? Kerang Regular adalah kerang yang kamu dapatkan dari membeli. Kerang ini tidak memiliki expired date atau tanggal kedaluwarsa. Contohnya, ketika kamu membeli 100 ribu, kamu akan mendapatkan 1000 kerang dan kamu bisa menimbunnya atau menghabisnya sebulan ke depan, dua bulan ke depan, tanpa masa aktif atau masa kedaluwarsa dan tidak akan hangus.

Sedangkan Kerang Bonus adalah kerang yang kamu dapatkan dengan cuma-cuma. Bagaimana cara dapat kerang gratis di Cabaca? Untuk mendapatkannya kamu bisa melakukan misi kerang, seperti memberikan komentar, rating, share buku, dan membaca setiap hari dalam durasi yang ditentukan. Berbeda dengan Kerang Reguler, Kerang Bonus mempunyai expired date atau tanggal kedaluwarsa sehingga wajib bagi kita untuk selalu mengeceknya.

Cara Mengecek Jumlah Kerang di Cabaca

Setelah mengetahui tentang kerang, sekarang akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengecek jumlah kerang di Cabaca.

Setelah login, di bagian Beranda, jumlah kerang sebenrnya bisa langsung terlihat, baik yang Kerang Reguler ataupun Kerang Bonus. Tombol cek kerang letaknya berada di bawah jumlah kerang, yakni pada tulisan Klik & Cek Riwayat. Warnanya abu-abu. Tombol Klik & Cek Riwayat berfungsi untuk mengetahui riwayat kerangmu. Kalau kamu ingin menggunakan fitur ini, kamu cukup menekan tombolnya. Lalu akan mengarah ke pengaturan lanjutan seperti di bawah ini.

Riwayat Kerang

Kamu bisa mengecek riwayat kerang yang terdiri dari Kerang Reguler, Kerang Bonus, Kerang Keluar, dan Semua Riwayat.

1. Kerang Reguler

Di bawah ini adalah tampilan riwayat Kerang Reguler. Seperti yang sudah dijelaskan, karena kerang ini didapatkan dari membeli, jadi warnanya pun hijau, seperti warna utama dari Cabaca. Semua transaksi beli Paket Kerang akan muncul di sini. Begitu pula dengan metode pembayarannya.

Setiap pembelian Paket Kerangnya bisa kita lihat detailnya lho! Jadi kalau diklik akan muncul tampilan seperti invoice.

2. Kerang Bonus

Selanjutnya adalah Kerang Bonus. Jika kamu mengkliknya, kamu akan menemukan tombol:

Pilih Jenis Bonus yang ingin kamu lihat riwayatnya. Bonus Kerang ini terdiri dari Misi Harian, Bonus Level, Bonus Ajak Teman, Bonus Lainnya, dan Semua Bonus. Bonus-bonus tersebut mempunyai jumlah kerang dan masa kedaluwarsa berbeda.

Berikut ini adalah contoh dari Bonus Misi Harian. Sesuai dengan namanya maka Kerang Bonus yang didapatkan dari Misi Harian didapat setelah melakukan Misi Harian, seperti memberi komentar, share buku, rating buku, dan baca harian. Biasanya masa berlaku Kerang Bonus dari Misi Harian ini adalah sekitar 7 hari dari tanggal didapatkannya. Namun, ketentuan ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi alangkah baiknya untuk dicek di sini dan lihat tanggal expired-nya.

Dengan adanya riwayat kerang ini, kamu bisa mengetahui kapan batas akhir pemakaian dari kerang, sehingga kamu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

3. Kerang Keluar

Tombol berikutnya adalah Kerang Keluar. Semua pembelian baik itu beli bab maupun beli buku yang kamu lakukan bisa dilihat di sini. Jadi, kamu akan tahu kerangmu itu kamu gunakan untuk beli atau baca bab buku apa saja di Cabaca.

4. Semua Riwayat

Tombol terakhir, Semua Riwayat, akan memaparkan semua aktivitas kerangmu, baik pembelian, bonus dan pengeluaran. Dari satu tombol ini, kamu bisa mengetahui detail lengkap mengenai kerang jenis apa saja yang sudah masuk di akunmu baik Kerang Reguler maupun Kerang Bonus serta digunakan untuk apa saja kerangmu itu.

Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Aplikasi Cabaca

Itulah cara mengecek jumlah kerang di Cabaca. Apabila kamu menemukan suatu permasalahan atau kecurigaan terhadap pengeluaran kerang (yang tidak kamu lakukan) atau masalah apa pun yang menyangkut kerang, kamu bisa melaporkannya di media sosial Cabaca baik melalui Facebook, Instagram, maupun Twitter atau dapat juga via email [email protected] atau isi form di http://bit.ly/KeluhanCabucin. Kami akan berupaya secepat mungkin merespons permasalahanmu dan menyelesaikannya.

Mari terus memberikan dukungan kepada penulis Indonesia sehingga mereka bisa menciptakan karya-karya terbaik dan semoga ke depannya literasi Indonesia semakin maju. [Lisma]

Simak penjelasan lainnya: