Cara Mengecek Jumlah Kerang di Cabaca

Cara Mengecek Jumlah Kerang di Cabaca
Photo by Mick Haupt / Unsplash

Cara Mengecek Jumlah Kerang di Cabaca – Untuk yang baru mengenal dan pakai aplikasi Cabaca, pasti bingung, kerang Cabaca itu apa sih?

Kerang Cabaca adalah alat tukar virtual atau semacam poin yang dibutuhkan untuk membaca novel di Cabaca. Setiap pengguna aplikasi baca novel gratis Cabaca harus memiliki kerang untuk menukarkannya dengan akses baca dari novel yang tersedia. Biasanya tiap buku atau tiap bab yang ada di Cabaca memiliki sejumlah nilai kerang tertentu, misalnya 10 kerang, 15 kerang, 20 kerang, dan seterusnya. Secara umum, kerang dibedakan menjadi Kerang Reguler dan Kerang Bonus.

Kerang Bonus dan Kerang Reguler di Cabaca

Apa itu Kerang Reguler? Kerang Regular adalah kerang yang kamu dapatkan dari membeli. Kerang ini tidak memiliki expired date atau tanggal kedaluwarsa. Contohnya, ketika kamu membeli 100 ribu, kamu akan mendapatkan 1000 kerang dan kamu bisa menimbunnya atau menghabisnya sebulan ke depan, dua bulan ke depan, tanpa masa aktif atau masa kedaluwarsa dan tidak akan hangus.

Sedangkan Kerang Bonus adalah kerang yang kamu dapatkan dengan cuma-cuma. Bagaimana cara dapat kerang gratis di Cabaca? Untuk mendapatkannya kamu bisa melakukan misi kerang, seperti memberikan komentar, rating, share buku, dan membaca setiap hari dalam durasi yang ditentukan. Berbeda dengan Kerang Reguler, Kerang Bonus mempunyai expired date atau tanggal kedaluwarsa sehingga wajib bagi kita untuk selalu mengeceknya.

Cara Mengecek Jumlah Kerang di Cabaca

Setelah mengetahui tentang kerang, sekarang akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengecek jumlah kerang di Cabaca.

1. Di bagian Beranda, setelah Login, ada bagian yang menunjukkan jumlah Kerang Reguler dan Kerang Bonus.

Setelah login, di bagian Beranda, jumlah kerang sebenarnya bisa langsung terlihat, baik yang Kerang Reguler ataupun Kerang Bonus. Tombol cek kerang letaknya berada di bawah jumlah kerang, yakni yang warnanya abu-abu. Tombol Klik & Cek Riwayat berfungsi untuk mengetahui riwayat kerangmu.

2. Setelah klik pada tulisan Klik & Cek Riwayat, kamu akan dibawa ke halaman Riwayat Kerang seperti ini.

Pada halaman Riwayat Kerang ini, kamu bisa melihat detail Kerang Reguler yang masih kamu miliki. Kerang reguler tidak punya tanggal kedaluwarsa.  Selain itu, kamu juga bisa melihat Semua Riwayat. Jadi, kamu akan tahu kerang yang kamu miliki digunakan untuk buka Bab atau buka Buku yang mana saja.

Cara Mengecek Jumlah Kerang Reguler di Cabaca

Sebelum mengeceknya, kamu perlu tahu Perbedaan Kerang Bonus dan Kerang Reguler di Cabaca. Cara mengecek Kerang Reguler adalah sebagai berikut.

1. Untuk tahu detail Kerang Reguler, kamu bisa klik pada tab Kerang Reguler.

Di bagian ini akan terlihat riwayat kapan kamu Top Up Kerang Reguler, berapa jumlah Kerang Reguler yang masuk, dan metode pembayaran apa yang kamu gunakan untuk top up.

2. Kamu boleh klik untuk lihat detail pada setiap pembelian Paket Kerang.

Setiap pembelian Paket Kerangnya bisa kita lihat detailnya lho! Jadi kalau diklik akan muncul tampilan seperti invoice.

Cara Mengecek Jumlah Kerang Bonus di Cabaca

Sedangkan cara mengecek Kerang Bonus adalah seperti di bawah ini.

1. Jika ingin cek Kerang Bonus, tinggal geser ke kiri card yang paling atas.

Pastikan kamu mengetahui kapan tanggal kedaluwarsa Kerang Bonus yang kamu punya ya!

2. Untuk tahu detail Kerang Bonus, kamu bisa klik pada tab Kerang Bonus.

Di bagian ini akan terlihat riwayat kapan kamu mendapat Kerang Bonus, berapa jumlahnya, dan sumbernya (misal dari melakukan Misi Harian, Misi Pengguna Baru, atau lainnya). Per 28 Februari 2023, ada Perubahan Syarat & Ketentuan Akumulasi Kerang Bonus. Jadi, semua Kerang Bonus akan terakumulasi dan expired serempak di tanggal yang sama. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat Kerang Bonus lebih banyak untuk baca novel gratis dan menggunakannya sebelum kedaluwarsa.

Perlu diketahui, Syarat dan Ketentuan termasuk pemberian Kerang Bonus di Cabaca dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan kamu selalu baca pemberitahuan atau update-nya ya!

Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Aplikasi Cabaca

Itulah cara mengecek jumlah kerang di Cabaca. Apabila kamu menemukan suatu permasalahan atau kecurigaan terhadap pengeluaran kerang (yang tidak kamu lakukan) atau masalah apa pun yang menyangkut kerang, kamu bisa melaporkannya di media sosial Cabaca baik melalui Facebook, Instagram, maupun Twitter atau dapat juga via email [email protected] atau isi form di http://bit.ly/KeluhanCabucin. Kami akan berupaya secepat mungkin merespons permasalahanmu dan menyelesaikannya.

Mari terus memberikan dukungan kepada penulis Indonesia sehingga mereka bisa menciptakan karya-karya terbaik dan semoga ke depannya literasi Indonesia semakin maju. [Lisma]

download Cabaca