Cara Menambahkan Tagar Saat Upload di Fitur Karya

Cara Menambahkan Tagar Saat Upload di Fitur Karya
Photo by Jan Baborák / Unsplash

Cara Menambahkan Tagar Saat Upload di Fitur Karya – Adakah di antara kamu yang sudah menulis dan tahu cara upload tulisan ke Cabaca? Jika kamu butuh menambahkan tagar, kamu bisa simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menambahkan Tagar di Cabaca

Fitur Karya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan tulisan secara langsung. Atau dengan kata lain, pengguna dapat membuat konten mereka sendiri tanpa ada seleksi maupun kurasi (user generated content). Selain bisa dijadikan ajang latihan menulis, fitur ini berguna bagi kamu yang ingin tes ombak dan mengecek apakah karyamu disukai pembaca. Fitur Karya ini juga bisa membantumu unuk mendapatkan feedback sebelum kamu memonetisasi tulisanmu baik dengan Ajukan Eksklusif maupun dijual mandiri secara non-eksklusif.

Nah, di Karya yang kamu upload, kamu pun bisa menambahkan tagar. Sama seperti di media sosial pada umumnya, tagar merupakan salah satu cara agar penulis dapat mengelompokkan buku atau Karya yang telah ia tulis sesuai dengan topik atau temanya. Tagar juga mewakili sesuatu hal yang sedang hangat di bicarakan dan pembaca akan lebih mudah mencari buku atau Karya yang sesuai dengan topik sedang ingin dieksplor.

Dengan menyertakan tagar pada suatu Karya, maka semua tentang buku yang akan kamu tulis akan teroganisir dan terkelompok, serta dapat terdistribusi menurut topiknya dengan baik dan tepat. Yuk, simak cara menambahkan tagar di fitur Karya.

1. Buka aplikasi Cabaca, pilih tanda (+) pada bagian bawah untuk mulai menulis karyamu.

Pastikan akunmu sudah terverifikasi dan kamu sudah melakukan top up minimal 1x tanpa minimal pembelian, Jika kamu sudah memenuhi semua syarat tersebut, kamu bisa langsung berkarya di Cabaca.


Baca Juga: Cara Menulis di Cabaca dengan Fitur Karya

2. Unggah sampul Karya dan lengkapi detail Karyamu terlebih dahulu.

Agar karyamu terlihat lebih meyakinkan dan menarik, jangan lupa untuk upload sampul karyamu, judul yang sesuai dengan karya yang kamu tulis, dan genre yang sesuai agar pembaca lebih mudah untuk menemukan karyamu.

form saat bikin Karya Baru di Cabaca



3. Untuk menambahkan tagar saat upload fitur karya, pilih Masukkan #Tagar.

Kemudian kamu akan masuk ke halaman tagar. Kamu bisa langsung ketik dan membuat tagar sendiri atau memilih salah satu dari pilihan tagar yang tersedia yang muncul di bawahnya. Kamu bisa memasukkan tagar hingga 10 tagar agar karyamu semakin mudah dicari oleh pembaca.

form Tagar di Cabaca


4. Setidaknya masukkan minimal 1 tagar untuk melanjutkan menulis.

Jika kamu sudah memasukkan minimal 1 tagar, maka akan muncul tombol “Simpan” di pojok kanan atas. Setelahnya, akan muncul toast seperti di bawah ini.


5. Yeay! Tagar tersimpan!

Kamu bisa melanjutkan mengisi hari terbit dan blurb karyamu ya.

Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Aplikasi Cabaca

Apabila kamu menemukan suatu permasalahan saat sedang menggunakan fitur Karya atau masalah apa pun lainnya, kamu bisa melaporkannya di media sosial Cabaca baik melalui Facebook, Instagram, maupun Twitter atau dapat juga via email [email protected] atau isi form di http://bit.ly/KeluhanCabucin. Kami akan berupaya secepat mungkin merespons permasalahanmu dan menyelesaikannya.

Yuk, dukung penulis Indonesia dengan baca novel berkualitas dan legal yang ada di Cabaca. Dengan begitu, penulis kita akan dapat terus berkarya dan menciptakan novel Indonesia berkualitas. []

download Cabaca


Simak penjelasan yang berhubungan fitur Karya lainnya:

  1. Cara Menulis di Cabaca dengan Fitur Karya
  2. Cara Ajukan Eksklusif Karya ke Editor untuk Monetisasi di Cabaca
  3. Cara Mendaftarkan Karya untuk Ikuti Kontes di Cabaca