Cara Membuat CV yang Menarik dan Disukai HRD - Lapangan pekerjaan semakin lama, semakin menipis. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah banyaknya lulusan siap kerja per tahunnya, baik para sarjana maupun lulusan SMA/SMK yang memutuskan untuk bekerja dan tidak berkuliah.

Dari sini, kita bisa mengetahui bahwa persaingan untuk mendapatkan pekerjaan terasa semakin berat. Kita dituntut untuk menambah keterampilan. Kita juga dituntut sekreatif mungkin.

Untuk itulah, sebagai proses saing antarsesama pekerja, kita harus lebih unggul. Salah satunya dengan membuat curriculum vitae atau CV yang menarik.

Photo by Van Tay Media / Unsplash

Apa itu Curriculum Vitae atau CV?

Secara sederhana,  curriculum vitae atau CV adalah daftar riwayat hidup. Isinya berupa daftar singkat mengenai pendidikan, riwayat pengalaman, prestasi, dan beberapa kualifikasi terkait pekerjaan yang dilamar untuk ditunjukkan kepada sebuah perusahaan.

Cara Membuat Curriculum Vitae atau CV yang Menarik

Cara membuat CV yang menarik, tidaklah terlalu sulit. Kita bisa menggunakan aplikasi membuat CV, seperti Canva, Easy Resume Builder, CV Engineer, CV Library, CV & Resume Creator, CV Maker Resume Builder PDF, Pathsource Resume, dan banyak lainnya.

Tapi apakah dengan menggunakan Template CV menarik bisa mempercepat mendapat pekerjaan?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, yang perlu kamu ketahui, CV kreatif biasanya memiliki desain yang lebih inovatif dan berwarna ketimbang CV biasa.

Dikutip dari Irene Anastasia, Talent Engagement & Senior Associate, di MullenLowe Group Indonesia, CV kreatif seperti memiliki dua sisi yang bisa menjadi nilai plus dan bisa juga menjadi nilai minus di mata perekrut.

Sebelum membuat CV menarik, kamu harus mengenali perusahaan atau instansi yang kamu tuju. Kebanyakan perusahaan multinasional justru lebih menghargai CV standar yang tidak memiliki desain rumit. Dalam kasus ini, subjektivitas dari pihak perekrut sangat berpengaruh. Perusahaan yang seperti ini biasanya melihat pengalaman maupun skill yang mereka butuhkan dari si pelamar.

Lain halnya jika kamu melamar ke sebuah lowongan pekerjaan yang membutuhkan skill di bidang desain kreatif, misalnya menjadi Desainer Grafis di sebuah perusahaan periklanan. Dengan menggunakan CV kreatif, tentu bisa menambah poin untukmu.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Paling Mudah

Tips Membuat Curriculum Vitae atau CV yang Menarik

Dalam menuliskan CV, kamu harus menghindari kesalahan-kesalahan, seperti:

1. Jangan cantumkan hobi.

Perusahaan tidak peduli apa hobi kamu, apalagi kalau hobinya tidak relevan dengan pekerjaan. Lebih baik tidak perlu dicantumkan.

2. Jangan berbohong.

Menurut survei yang dilakukan CareerBuilder, mengajukan pertanyaan pada 2.000 orang manager perekrutan terkait kesalahan pada CV, kebanyakan dari mereka menjawab kebohongan. Jadi, lebih baik menulis apa adanya dirimu, ya.

3. Jangan cantumkan pengalaman kerja yang tidak relevan.

Cantumkan pekerjaan atau keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Bila pengalamanmu itu tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan yang kamu lamar, lebih baik tidak dituliskan.

4. Jangan cantumkan akun media sosial, jika….

Kamu boleh mencantumkan akun media sosial jika relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

5. Gunakan format lamaran yang mudah dibaca.

Menurut Amanda Augustine, pakar karier dan juru bicara TopResume, format CV terbaik adalah yang memudahkan manajer HRD membaca CV kamu dengan cepat, tapi tetap bisa mengidentifikasi kualifikasi penting dan tujuan kariermu.

6. Jangan bertele-tele.

Jangan membuat lamaran pekerjaanmu terdiri dari berhalaman-halaman. Usahakan hanya menjadi satu halaman saja.

7. Perhatikan ukuran huruf.

Standar dalam menulis CV, yakni memakai jenis font semacam Arial atau Times New Roman dan size font antara 11 dan 12. Jadi, hindari menggunakan font Comic Sans atau jenis font lain yang membuat tulisannya tidak terbaca ya!

Baca Juga: 10 Aplikasi yang Berguna untuk Work From Home

Itulah cara membuat CV menarik dan disukai HRD. Sambil menunggu ada panggilan kerja, kamu bisa menghabiskan waktu luangmu dengan membaca buku online di aplikasi Cabaca. Ada banyak novel baru setiap harinya yang bisa kamu baca, langsung dari penulis-penulis muda Indonesia. [Lisma]

Baca novel GRATIS tanpa ribet dan penulisnya dibayar!