Cara Membuat Biodata Penulis Novel dan Contoh

Cara Membuat Biodata Penulis Novel dan Contoh
Photo by Ashlyn Ciara / Unsplash

Cara Membuat Biodata Penulis Novel dan Contoh – Jangan bingung lagi, kamu yang ingin punya karier sebagai penulis, wajib tahu cara membuat biodata penulis novel beserta contohnya berikut ini.

Cara Menulis Biodata Penulis Novel

Menjadi seorang penulis novel adalah pencapaian yang luar biasa. Nah, ketika kamu mencari peluang untuk memasarkan karya-karymu, memiliki biodata penulis yang profesional dan menarik sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara membuat biodata penulis novel yang efektif beserta contohnya.

Bagian-Bagian Biodata Penulis Novel

Biodata penulis novel adalah sebuah dokumen singkat yang memberikan informasi tentang diri kamu sebagai penulis. Ini mencakup sejarah pendidikan, pengalaman menulis, dan karya-karya yang telah dihasilkan.

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ini, sebaiknya terkandung elemen-elemen berikut:

a. Identitas Pribadi

Beberapa hal standar yang biasanya terkandung di sini, antara lain:

Nama lengkap
Nama pena
Alamat
Nomor telepon
Alamat email

b. Pernyataan Visi

Kamu yang baru pertama menulis novel, mungkin bingung dengan ini. Tapi untuk mempermudah, kamu dalam menjelaskan visimu sebagai penulis novel, kamu bisa menjawab pertanyaan berikut ini:

  • Apa tujuan dan misi kamu dalam menulis?
  • Kamu ingin dikenal sebagai penulis yang bagaimana?
  • Apa yang ingin kamu berikan kepada pembaca melalui tulisanmu?


2. Sejarah Pendidikan dan Pengalaman Menulis

Dalam bagian ini, berikan gambaran tentang pendidikan dan pengalaman menulismu. Beberapa poin yang perlu disertakan adalah:

a. Pendidikan

Pendidikan sebenarnya merupakan eleman opsional atau tidak wajib dituliskan, mengingat siapa pun bisa menjadi penulis tanpa harus ambil kuliah sastra atau sejenisnya. Bahkan ibu rumah tangga dan pelajar pun bisa menulis. Namun, jika kamu ingin mencantumkannya, silakan tuliskan:

  • Jurusan atau program studi yang diambil.
  • Universitas atau institusi pendidikan yang kamu ikuti.

b. Pengalaman Menulis

Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan judul dari karya-karya sebelumnya, termasuk novel, cerpen, atau artikel. Ceritakan juga pengalaman menulis di media apapun (blog, majalah, maupun surat kabar).

3. Karya-Karya Terkenal atau Terbaru

Bagian ini memberikan ruang bagi kamu untuk memamerkan karya-karya terbaikmu. Sertakan informasi tentang novel-novel kamu yang telah diterbitkan atau sedang dalam proses penerbitan. Berikan ringkasan singkat dan sinopsis menarik untuk setiap karya.

Contoh Biodata Penulis Novel

Jika sebelumnya kita telah mempelajari elemen-elemen dalam biodata penulis novel, sekarang marilah kita mempraktikannya. Di bawah ini merupakan contoh biodata penulis novel yang dapat kamu gunakan untuk mengirimkan karya ke penerbit maupun platform berbayar.

Contoh 1

Contoh biodata penulis yang standar adalah seperti di bawah ini. Biodata penulis ini juga bisa dipakai untuk kamu yang menulis selain novel.

Nama: Nadia Aulia Pratiwi

Alamat: Jl. Bunga Indah No. 123, Jakarta

Nomor Telepon: 0812-3456-7890

Email: [email protected]

Visi: "Menjadi penulis yang mampu menyentuh hati pembaca melalui kisah-kisah yang inspiratif dan mendalam."

Pendidikan:

S1 Sastra Inggris, Universitas Indonesia

Pengalaman Menulis:

  • Kontributor tetap di majalah sastra Kata Hati sejak 2015.
  • Penulis dua novel: Cahaya Senja (2018) dan Pertemuan Tak Terduga (2021).


Karya-Karya Terbaru:

  • Melodi Hujan (2023)

Novel tentang perjalanan spiritual seorang musisi jalanan.

  • Jejak Awan (Dalam proses penerbitan)

Cerita tentang perjalanan seorang fotografer mencari keindahan di pelosok dunia.


Contoh 2

Atau jika kamu ingin membagikan biodata penulis novel kepada seluruh pembaca atau yang sifatnya promosi, kamu bisa mengubahnya menjadi seperti di bawah ini.

Nadia Aulia Pratiwi dikenal sebagai penulis yang mampu menyentuh hati pembaca melalui kisah-kisah yang inspiratif dan mendalam. Usai menempuh S1 Sastra Inggris, Universitas Indonesia, ia sempat menjadi kontributor tetap di majalah sastra "Kata Hati" sejak 2015.
Nadia Aulia Pratiwi telah menulis beberapa karya di antaranya, novel Cahaya Senja (2018), Pertemuan Tak Terduga (2021), dan Melodi Hujan. (2023). Karya terbarunya yang akan diterbitkan berjudul Jejak Awan, yang bercerita tentang perjalanan seorang fotografer mencari keindahan di pelosok dunia.


Baca Juga: 7 Alasan Perempuan Lebih Suka Novel Romantis

Dengan memiliki biodata penulis yang baik, kamu dapat menarik perhatian penerbit, pembaca, dan pihak-pihak lain yang berpotensi bekerja sama dengan kamu. Pastikan untuk selalu memperbarui biodata kamu sesuai dengan perkembangan karier dan karya-karya terbaru kamu sebagai penulis novel. Semoga contoh biodata penulis novel ini membantu kamu ya!

Ingin mendapat penghasilan dari menulis? Yuk, cobain aplikasi Cabaca. Raih kesempatan mendapat royalti pertama hingga 60% dari menulis novel online. Aplikasi Cabaca berbeda dengan platform menulis yang dibayar yang lain, sebab seluruh novel online yang ditawarkan akan diseleksi dan dikurasi dan melalui proses editorial. Dengan begitu, kamu akan dikenal sebagai penulis profesional dengan kualitas yang tak lagi diragukan. Unduh di Google Play ya! [Asya]

download Cabaca


Mau baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy