Cara Membuat Biodata Penulis Novel dan Contoh!

Cara Membuat Profil Penulis Novel-Biodata penulsi novel biasanya terletak di akhir halaman suatu novel. Biodata ini bisa digunakan untuk menghubungi penulis maupun mendekatkan antara penulis dan pembaca. Oleh karena tu, biodata penulis novel ada suatu hal yang penting.

Cara Membuat Profil Penulis Novel

Berikut adalah beberapa cara membuat profil penulis novel yang bisa kamu coba:

1. Terangkan dengan Padat dan Jelas

Sebenarnya prinsip menulis segala sesuatu dengan padat dan jelas harus diterapkan dimana saja, termasuk dalam membuat profil penulis. Pastikan untuk menuliskan profil secara relevan. Kamu juga bisa membayangkan terlebih dahulu, kiranya apa yang ingin pembaca ketahui tentang kamu.

Bhakan, jika kamu lebih memilih untuk merahasiakan dirimu dengan meminimalisir info mengenai biodatamu, juga diperbolehkan kok! Pada dasarnya tidak ada patokan khusus bagaimana menulis profil penulis novel yang paling baik.

2. Jelaskan Profil yang Relevan dengan Isi

Alangkah lebih baiknya untuk membuat profil kamu selaras dengan isi novel yang dibuat. Hal ini akan membuat pembaca mengakui kredibilitas dari karya kamu. Sayangnya masih banyak penulis yang membuat profil merek adegan panjang, namun tidka memiliki relevansi dengan novel yangs  edang mereka tulis.

Misalnya  jika kamu adalah seorang penulis novel fantasi, maka kamu bisa menceritakan profil kamu yang ada kaitannya dengan fantasi, seperti pengalaman menjuarai kompetisi novel fantasi dan lain lagi.

3. Gunakan Gambar yang Jelas

Jika kamu tidak keberatan memberikan fotomu dalam karya, maka sekalian saja gunakan gambar yang jelas. Hal ini untuk menghindari penurunan resolusi foto setelah buku naik cetak. Apalagi jika kamu diterbitkan menggunakan hard copy, bukan digital.

Baca Juga: Cara Membuat Novel di HP, Bisa Dapat Bayaran!

Tips Membuat Profil Penulis Novel

Selain cara membuat novel, berikut adalah beberapa tips membuat profil penulis novel yang kamu perlu tahu!

1. Menggunakan Penulisan Pihak Ketiga

Mengapa harus menggunakan POV orang ketiga? Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus dalam hal ini. Hanya saja menggunakan sudut pandang orang ketiga akan menghindarkan kamu dari kesan sombong atau berlebihan dalam menjelaskan sesuatu.

2. Menulis Motto Hidup

Menuliskan motto hidup dalam karya  kamu akan membuat pembaca lebih mudah untuk mengetahui value yang kemungkinan merekan kan dapatkan jika mengikuti karya-karya milikmu.

Terlebih jika kamu telah memiliki niche market yang memang sesuai dengan value yang kamu tawarkan. Biasanya pembaca akan dengan senang hati mengikuti seluruh karya karena sudah cocok dengan value atau style yang dibawakan oleh seorang penulis.

3. Sertakan Sosial Media

Biasanya pembaca suka terhubung lewat penulis favoritnya menggunakan sosial media. Selain bisa mempererat hubungan dengan pembaca, media sosial yang juga bisa menjadi ajang promosi karya kamu yang lain. Oleh karena itu, lebih baik sertakan media sosial kamu dalam profil atau biodata penulis ya!

Contoh Profil Penulis Novel

Azira Afna merupakan wanita kelahiran Bali 17 Oktober 1991. Dia mulai suka menulis sejak SMA.

Azira terlahir dari keluarga seniman yang juga sangat menyukai bidang sastra. Azira suka menulis novel romance, karena ia sering mendapatkan cerita-cerita percintaan teman-teman nya yang malah membuatnya terinspirasi.

Hingga kini Azira telah  mendapatkan 10 penghargaan dalam dunia kepenulisan, utamanya untuk karya fiksi.

Baca Juga: Cara Membuat Novel Menarik Untuk Pemula

Itulah beberapa cara membuat biodata penulis novel dengan benar dan jelas. Profil penulis novel yang baik juga mencerminkan keprofesionalitasanmu dalam dunia tulis menulis loh!

Saat ini kamu juga dengan mudah bisa membuat karya secara mandiri loh! Bahkan ada kesempatan untuk di monetisasi. Bagaimana caranya? kamu hanya perlu menulis di Cabaca. Cabaca merupakan salah satu platform kepenulisan novel yang memiliki bayaran penulis sangat tinggi. Cara menulis disana juga mudah loh! Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Download aplikasi Cabaca (khusus android) atau buka website Cabaca.id lalu buatlah akunmu. Download disini
  2. Verifikasi akunmu melalui link yang secara otomatis dikirimkan ke email kamu setelah registrasi
  3. Setelah itu, kamu tinggal masuk ke aplikasi Cabaca atau website Cabaca.id lalu klik tombol plus (+) di bagian tengah bawah beranda
  4. Selanjutnya, kamu tinggal menulis cerita kamu