Cara Download Novel atau Baca Offline di CabacaTahukah kamu apa itu Cabaca?

Cabaca merupakan platform penyedia akses baca yang mudah dan murah. Di sini, kamu bisa membaca 3 bab pertama secara GRATIS sebelum memutuskan untuk membeli bab-bab selanjutnya. Selain itu, ada beberapa novel yang seluruh babnya dapat kamu nikmati secara gratis.

Yang unik, Cabaca memiliki fitur baca offline atau yang disebut Mode Unduh. Seperti namanya, kegunaan fitur ini untuk memudahkan kamu yang (akan) berada di tempat miskin sinyal atau fakir kuota. Bagaimanakah caranya? Yuk, baca saja, ya, tutorial di bawah ini.

1. Pilih buku yang ingin kamu unduh.

Sumber: © Screenshot

Baik novel berbayar atau gratis seluruhnya, memiliki fitur mode unduh ini. So, kamu tidak perlu khawatir. Pilih saja yang sesuai keinginanmu. Pilih sebanyak-banyaknya juga tidak apa-apa, asal kamu tidak bingung kapan bacanya.

2. Lalu tekan titik tiga di pojok kanan.

Sumber: © Screenshot

Kelihatan titik tiganya, kan, gaes? Kalau enggak kelihatan, matamu perlu diperiksakan ke dokter. Barangkali ini saatnya untuk memakai kacamata atau barangkali di matamu hanya ada doi seorang, makanya titik tiga itu tidak kelihatan. Bercanda, ya, gaes.

3. Lalu kamu akan menemukan menu ini.

Sumber: © Screenshot

Nah, kalau yang ini pasti kelihatan. Itu dia fitur yang kita cari. Nomor dua dari atas. Namanya Mode Unduh. Simbolnya panah bawah yang dilingkari.

4.  Jarang ragu untuk menekan tombol Mode Unduh.

Udah ditekan, tapi kok tidak keluar apa-apa? Nah loh, nah loh, ada apa gerangan? Kenapa sampai tidak bisa keluar apa-apa?

Sudah, terkadang hal-hal buruk berasal dari ketakutanmu sendiri. Jangan khawatir, gaes. Prosesnya masih terus berlanjut. Kelihatannya memang seperti itu, kok. Tapi lihat langkah selanjutnya, deh.

5. Jika selama ini kamu hanya berada di menu DETAIL, sekarang saatnya untukmu untuk berada di menu BAB.

Sumber: © Screenshot

Tahu perbedaan keduanya, kan? Itu, itu, yang dilingkari merah di-klik, supaya kamu masuk ke proses proses berikutnya.

6. Kamu akan menemukan tampilan seperti ini.

Sumber: © Screenshot

Inilah saat yang tepat bagimu untuk memutuskan bab mana saja yang akan kamu download. Boleh atuh aja, boleh semua. Suka-suka kamu ajalah.

7. Tekan tombol panah ke bawah untuk mengunduh bab.

Yang mana, sih? Itu, yang dilingkari warna hijau atau merah. Tekan-tekan aja sesukamu. Sekadar pemberitahuan, yang warna hijau itu gratis. Kalau merah, kamu harus membayar sesuai dengan harga babnya.

8. Bab yang sudah kamu unduh, akan berubah menjadi centang.

Sumber: © Screenshot

Mari melangkah ke step berikutnya. Pokoknya kalau sudah ada tulisan Successfully Downloaded, itu artinya unduhanmu berhasil, ya.

9. Setelah itu, kembalilah ke Pustaka>Bacaanku.

Sumber: © Screenshot

Apa itu menu Pustaka? Itu loh, yang disimbolkan dengan buku berjajar. Di sana kan ada tiga menu: Pustakaku, Bacaanku, dan Unduhan. Kamu bisa melihat bab yang sudah diunduh di Menu Unduhan.

10. Tampilannya akan seperti ini. Terus klik aja.

Sumber: © Screenshot

11. Pada saat berada di daerah miskin sinyal atau sedang fakir kuota dan sengaja sejak awal gak nyalain paket data, ketika membuka Cabaca, mungkin kamu akan bertemu tampilan ini.

Kalau sudah bertemu ini, kamu bisa klik Baca Offline ya.

12. Dan yang terakhir, taraaa… bab yang sudah kamu unduh, bisa kamu baca walaupun sedang tidak ada sinyal.

Sumber: © Screenshot

Udah deh, tinggal baca saja. Batas untuk unduh ini hanya 30 hari saja, ya, gaes. Jadi, kalau sudah lebih dari 30 hari atau sudah pernah log out akun, kita harus mengulangi step download dari awal lagi.  

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kerang Gratis di Cabaca

Itulah serangkaian cara untuk download novel atau baca offline di Cabaca. Setelah proses ini selesai, kamu bisa mematikan paket kuota (wifi) dan nikmati fitur Mode Unduh ini dengan hati riang gembira. [Lisma]

Cukup satu aplikasi Cabaca dan nikmati baca novel gratis sesukamu!