Biografi dan Daftar Novel Tsana Rintik Sendu

Biografi dan Daftar Novel Tsana Rintik Sendu-Pembaca novel, khususnya milenial, pasti tidak asing dengan nama Rintik Sendu, kan? Banyak sekali video-video podcast atau potongan omongan Tsana yang viral di reels maupun Tiktok juga loh!

Jadi sebenarnya siapa sih Rintik Sendu itu? Rintik Sendu merupakan nama pena dari penulis muda berbakat, yakni Nadhifa Aliya Tsana atau biasanya disebut sebagai Tsana. Selain sebagai penulis, Tsana juga mempunya profesi lain, yakni penyiar radio. Tsana juga seringkali membuat podcast di Spotify dan mempunyai banyak sekali pengikut.

Baca juga: Biografi dan Daftar Novel JS Khairen Lengkap

Biografi dan Daftar Novel Tsana Rintik Sendu

Gadis kelahiran Jakarta, 4 Mei 1998 ini mempunyai julukan Paus. Kenapa Tsana disebut paus? Hal itu karena Tsana sangat pandai dalam merangkai kata-kata. Para pembacanya juga kadang menyebutnya dengan panggilan, "Kakak Us", "Us Us", "Kak Rintik" dan "Pak Us". Karena hal itupula, Tsana memberikan nama untuk penggemarnya, yaitu Pasukan Paus.  

Semula Tsana memilih nama Rintik Sendu untuk menyembunyikan identitas diri dari teman-temannya. Namun, seiring bertambah terkenal, Tsana pun akhirnya menampakan diri kepada para penggemar.

Dipilihnya nama pena Rintik Sendu bukan karena alasan loh. Itu dikarenakan ada filosofi tersendiri. Kata Tsana, Rintik bermakna lebih ringan daripada hujan, artinya kalau kamu terkena rintik, kamu akan mudah kering daripada terkena hujan. Sedangkan sendu bermakna isakan orang menangis atau segala sesuatu yang berbau kesedihan. Jadi, Tsana berharap setelah membaca ceritanya, segala kesedihan maupun kegalauan akan berlalu.

Setiap kesuksesan terdiri dari banyak perjuangan. Awal kepenulisan Tsana dimulai dari mengirimkan karyanya ke mading sekolah. Namun, tidak ada satupun ceritanya yang dipanjang.

Tentu saja Tsana merasa kecewa dan sedih. Tapi, tidak cepat menyerah adalah sikap dari Tsana yang patut untuk ditiru. Akhirnya, Tsana pun memutuskan menaruh seluruh tulisannya di blog. Ketika meletakannya di sana, Tsana tidak berpikir apakah akan ada yang membaca ataukah tidak? Bagi Tsana, mempublikasikan ceritanya sudah cukup. Terpenting cerita itu tidak dia simpan sendiri.

Waktu pun berlalu. Beberapa pembaca di blog menyarankan Tsana untuk menulis di platform yang sedang naik daun saat itu, yaitu Wattpad. Hingga cerita berjudul Geez dan Ann pun terkenal sampai sekarang.

Segala hal pasti akan berbuah manis, apabila Tuhan berkehendak. Maka dari itu, jangan putus semangat, ya. Kalau menjadi penulis adalah mimpimu, kejarlah sampai titik penghabisan. Selain Wattpad, ada platform yang bisa menjadi tempatmu berkembang, loh. Namanya Cabaca.

Di Cabaca penulisnya terbagi menjadi dua, yaitu penulis resmi dan non resmi. Penulis resmi akan mendapatkan komisi dari penjualan bab, sementara non resmi tidak akan mendapatkan pembagian komisi (sistemnya serupa dengan Wattpad. Kamu nulis dan pembaca gratis membaca tulisannya).

Meskipun demikian, untuk mengubah status dari penulis non resmi menjadi resmi sangat mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol Ajukan Naskah dan tunggu seleksi dari editor. Naskahmu akan dikabari apakah diterima ataukah tidak.

Baca juga: Sistem Pembagian Royalti di Cabaca

Kembali ke buku rintik sedu. Sudahkah kamu tahu bagaimana urutan buku rintik sedu? Baiklah, akan Micin bisikin untuk Cabucin-cabucin tersayang:

  1. Geez & Ann #1
  2. Geez & Ann #2
  3. Geez & Ann #3
  4. Buku Rahasia Geez
  5. Kata
  6. Buku Minta Dibanting
  7. Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang

Setelah ini siapakah the next Rintik Sedu? Apakah kamu yang akan bertumbuh bersama Cabaca? Ayo tuliskan naskah terbaikmu di Cabaca, karena kita tidak tahu rejeki kita bagaimana, sampai rejeki itu benar-benar datang dan memberikan banyak kejutan.