Biografi dan Daftar Novel JS Khairen Lengkap

Biografi dan Daftar Novel JS Khairen Lengkap-Para penikmat buku pasti sudah tidak asing dengan nama JS Khairen, kan? Penulis ini terkenal dan sempat viral karena pernah menuliskan tentang Nusantara sebagai ibu kota negara. Buku tersebut pernah terbit sekitar tahun 2017.

Lalu beberapa bulan lalu, ketika kabar ibu kota negara akan dipindahkan ke Kalimantan dan dinamakan Nusantara, hal itu menggemparkan jagad dunia maya. Apakah JS Khairen adalah seorang peramal? Apakah dia kongkalikong dengan pemerintahan untuk mendongkrak penjualan buku lamanya?

Namun tentu saja itu dibantah oleh JS Khairen. Kalau kamu mempelajari sejarah ataupun geografi, kamu akan menemukan bahwa Kalimantan Timur berada di tengah-tengah Indonesia. Karena hal tersebut, tempat ini sangat strategis. Tepat berada di tengah inilah dinamakan dengan KM 0.

Sedangkan penamaan Nusantara ada kaitannya dengan sejarah kerajaan dahulu. Intinya, nama Nusantara itu memang melekat dengan Indonesia. Dari cerita ini, sudha terlihat bahwasanya memang JS Khairen adalah penulis berkualitas dengan riset mendalam, bukan?

Biografi dan Daftar Novel JS Khairen Lengkap

Nah, berikut merupakan biografi dan daftar novel JS Khairen:

Pria kelahiran Padang, 23 Januari 1991 ini mempunyai nama lengkap Jombang Santani Khairen. Dia merupakan lulusan dari Universitas Indonesia. Ketika mahasiswa, dia juga pernah menjadi asisten dosen.

Selain menjadi penulis, JS Khairen juga adalah aktor. Pada tahun 2020 silam, JS Khairen pernah bermain dalam film berjudul Humba Dreams, besutan Riri Riza. Dalam film ini, JS Khairen berperan sebagai pemuda asal Sumba bernama Martin. Suatu hari Martin harus kembali ke kampung halaman karena harus memecahkan masalah warisan dari mediang ayahnya.

Di akun sosial media seperti IG js_khairen dan Twitter JS_Khairen, penulis ini sering membagikan kalimat mutiara. Quotes JS Khairen sangat sesuai dengan realita. Pernahkah kamu membacanya?

Menulis Quotes barang kali memang mudah karena pada dasarnya JS Khairen adalah penulis. Per tahun 2022, JS Khairen buku sudah mencapai jumlah 14. Wah, sangat produktif dan menginspirasi sekali, ya.

Baca juga: Cara Menjadi Penulis Novel Online dengan Bayaran Fantastis!

Bukunya terdiri dari kumpulan cerpen dan novel. Seperti novel Kami Bukan Sarjana Kertas, Rinduku Sederas Hujan Sore Itu, Kami (Bukan) Jongos Berdasi, Igauan Kita, Ninevelove, 30 Paspor The Peackeapers’ Journey, Kami (Bukan) Generasi Bac*t, Kami (Bukan) Fakir Asmara, Karnoe, Hal yang Tak Kau Bawa Pergi Saat Meninggalkanku, Tangguh, Setia, 9 Keping Surat dan Melangkah.

Hobi menulis JS Khairen sudah ada sejak kecil. Hal tersebut karena peran besar sang ayah, yang seorang wartawan. Ayah JS Khairen juga pernah mendirikan kelas menulis informal di Padang saat JS Khairen duduk di kelas 4 SD.

Namun, dia mulai menerbitkan karyanya ketika tahun 2013. Semula dia menyukai cerpen-cerpen. Kemudian cerpen itu dia kumpulkan dan bukukan. Kemudian barulah JS Khairen beralih ke novel. Hingga saat ini JS Khairenmasih aktif dalam dunia kepenulisan dan banyak membuat karya berkualitas dan edukatif untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Daftar Penulis Novel Terbaik Indonesia dan Dunia!

Setiap orang mempunyai perjalanannya sendiri ya. Kita tidak akan pernah tahu buku apa yang akan membuat kita terkenal? Pun kita juga tidak akan dapat memprediksi buku mana yang akan mendatangkan banyak royalti?

Karena hal itu, teruslah menulis. Teruslah menebar kebaikan. Teruslah melakukan apa yang kamu suka. Siapa tahu, suatu hari saat tersebut akan datang kepadamu. Mari berkembang bersama Cabaca.

Kenapa harus Cabaca? Karena Cabaca membuka banyak sekali peluang menulis novel. Seluruh novel premiumnya pun diseleksi. Tahu artinya kan? Kamu akan dipilih dari yang terbaik. Bersama Cabaca pula, kamu tidak perlu khawatir. Seluruh novel premiumnya dipromosikan secara adil.

Siapa tahu, tahun depan kamulah The Next JS Khairen.