Biografi Boy Candra dan Karyanya Lengkap!

Biografi Boy Candra dan Karyanya Lengkap!-Kamu pencinta buku maupun penulis pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Boy Candra, kan? Namun, sudahkah kamu tahu biografi Boy Candra?

Biografii Boy Candra

Boy Candra merupakan laki-laki kelahiran Agam, Sumatra Barat, pada tanggal 21 November 1989. Wuah, masih mudah sekali, ya. Tidak berbeda jauhlah sama Micin.

Boy Candra menyelesaikan pendidikan SD sampai SMA di tempat kelahirannya. Lalu melanjutkan studi ke Universitas Negeri Padang jenjang S-1 program studi Administrasi Pendidikan dan lulus pada tahun 2013.

Saat kuliah, Boy Candra aktif menjadi ketua di organisasi komunikasi dan radio (UKKPK UNP) periode 2010-2011. Tahun 2011 itulah, Boy Candra mulai menulis di blog pribadinya yang bernama rasalelaki.blogspot.com.

Bakat kepenulisan Boy Candra memang sudah terlihat sejak SD. Sewaktu sekolah dasar, dia seringkali menuliskan puisi. Lalu ketika sudah bertambah besar, barulah masuk ke segmen romansa.

Kecintaan Boy Candra memang dimulai dari hobi membaca komiknya yang berjudul Petruk. Buku itu dibelinya dengan uang yang ayahnya berikan. Bagi Boy, penulis Petruk, Tatang S sangat berpengaruh dalam karirnya. Selembar Boy Candra membaca Petruk, dia tidak akan berhenti sampai lembar terakhir.

Alasan lain Boy Candra menjadi penulis yakni karena dia tidak bisa menjadi pegawai umum, yang harus bekerja setiap hari mulai pagi sampai malam.

Baca juga : 8 Tips Menulis Ala Ika Natassa, Penulis Wajib Tahu!

Perjuangan Boy Candra untuk Menjadi Penulis

Tidak ada yang instan di dunia ini. Begitu pula perjuangan Boy Candra dalam kepenulisan. Sejak memutuskan untuk tidak menjadi pegawai, Boy berusaha untuk menjadi penulis. Dia mulai mengirim tulisannya ke media massa. Namun, tulisannya tidak kunjung dimuat karena tulisannya bukanlah selera “orang koran”.

Meskipun demikian, dia tidak berhenti berusaha. Dia mulai berganti media dan menjadi novelis. Hasilnya tetap saja ditolak. Pada tahun 2012, Boy pun menerbitkan bukunya secara independen. Barulah tahun 2013, Boy Candra debut dengan novel berjudul Origami Hati.

Kesukaan Boy Candra dalam Menulis Quotes

Boy Candra quotes banyak sekali dia tuliskan dalam akun sosial medianya, baik IG, Facebook maupun twitter. Sebagian besar quotes itu dia ambil dari buku yang dia tulis. Sedangkan sisanya adalah pemikiran yang memang tidak bisa dijadikan menjadi buku.

Menurut Boy Candra, menulis quotes di media digital menjadikannya sebagai interaksi dengan pembaca. Cara ini juga bisa melebarkan sayap supaya dirinya yang bukan berasal dari kota besar, dapat dikenal oleh pembaca.

Dan, sepertinya cara ini cukup berhasil. Karena kekonsistensinya dalam mengolah sosial media serta terus berkarya, membuat nama Boy Candra maupun bukunya dikenal oleh pembaca.

Karya Boy Candra

Sejak awal debut sampai sekarang, Boy Candra novel sudah terdiri dari banyak judul, yang terdiri dari:

1. Origami Hati (2013)

2. Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang (2015)

3. Senja, Hujan, dan Cerita yang Telah Usai (2015)

4. Sepasang Kekasih yang Belum Bertemu (2015)

5. Sebuah Usaha Melupakan (2016)

6. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi (2016)

7. Pada Senja yang membawamu Pergi (2016)

8. Jatuh dan Cinta (2017)

9. Malik & Elsa (2018)

10.  Malik & Elsa 2 (2019)

11.  Ingkar (2020)

12.  Trauma (2020)

13.  Getir (2021)

14.  Kita Semua Pernah Sedih (2021)

15.  Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik (2021)

16.  Menikmati Manis Racun di Bibirmu (2022)

Sementara kumpulan cerpen Boy Candra, berjudul:

1. Setelah Hujan Reda (2014)

2. Satu Hari di 2018 (2015)

3. Surat Kecil untuk Ayah (2015)

4. Satu Hari di 2018 – Edisi Revisi (2017)

5. Cinta Paling Rumit (2018)

Selain cerpen dan novel, Boy Candra juga menerbitkan kumpulan puisi, yakni:

1. Kuajak Kau ke Hutan dan Tersesat Berdua (2016)

2. Dongeng-dongeng yang Tak Utuh (2019)

Kepopuleran seseorang terkadang ditentukan oleh sebanyak apa tulisannya. Maka daripada itu, singkirkan rasa malasmu dan jadilah penulis. Siapa tahu kamulah the next Boy Candra.

Baca juga: Sistem Pembagian Royalti di Cabaca

Sekarang menulis sudah tidak susah lagi. Ada banyak aplikasi kepenulisan yang sangat friendly, salah satunya adalah Cabaca. Ayo tuliskan ceritamu di Cabaca. Setiap bulannya, Cabaca selalu mencari bibit-bibit unggul dan berbakat untuk diterbitkan naskahnya menjadi novel premium.

Cabaca setiap bulannya membuka kesempatan penulis-penulis baru untuk bergabung. Bersama Cabaca, mari kita tumbuh bersama.