Biografi Almira Bastari dan Daftar Novelnya

Biografi Almira Bastari dan Daftar Novelnya

Biografi Almira Bastari dan Daftar Novelnya – Indonesia mempunyai banyak sekali penulis-penulis muda bertalenta dan berbakat. Salah satunya adalah Almira Bastari yang sedang naik daun. Namun, sudah tahukah kamu siapa sebenarnya sosok Almira Bastari? Bagaimana biografi dan perjalanannya sampai menjadi seorang penulis? Apa sajakah novel-novel yang telah dia tuliskan? Dalam artikel ini kamu akan membaca perihal Almira Bastari.


Biografi Almira Bastari

Almira Bastari, atau yang mempunyai nama lengkap Almira Illini Bastari merupakan kelahiran Illinois, Amerika Serikat. Dia merupakan wanita kelahiran tahun 1990.

Jejak perjalanan Almira Bastari dalam dunia kepenulisan adalah dimulai dari Wattpad. Berkat tulisannya yang bagus dan keberuntungan, nama Almira semakiin melejit. Dia andal menulis dalam genre metropop dan romance comedy (romcom).

Kegemaran menulis Almira memang dimulai sedari kecil. Bahkan, keinginannya untuk menjadi penulis sudah dia inginkan sedari kelas tiga SD. Kini dia menjadi penulis mumpuni yang hampir seluruh karyanya best seller dan cetak ulang terus-menerus.

Almira merupakan lulusan SMA Negeri 78 Jakarta Barat tahun 2008. Dari sana, dia melanjutkan kuliah di pendidikan tinggi Institut Teknologi Bandung (ITB), yang lulus tahun 2012. Selain menjadi penulis, Almira juga bekerja sebagai Analis Keuangan di salah satu perusahaan.

Karena dia tidak main-main dalam pendidikan, Almira melanjutkan sekolahnya di Universitas Melbourne. Dari sini pula, karier kepenulisannya semakin terlihat.

Karier kepenulisan Almira dimulai dari rajin menulis di Wattpad. Dia membagikan gratis karyanya, hingga dirinya pun mendapatkan perhatian dan apresiasi yang banyak dari pembaca. Tulisannya bisa dibilang cukup mengalir dan mudah dipahami, disukai oleh banyak kalangan. Sebagai penulis, Almira sangatlah beruntung. Dia melaju cepat dan membawa novel-novelnya untuk bisa dijual di toko buku maupun marketplace.

Sebenarnya Almira Bastari sudah mengirimkan novel-novelnya ke penerbit selama 9 tahun, tapi penolakan demi penolakan selalu dia dapatkan. Meskipun demikian, dia tidak mudah menyerah. Almira tetap melahirkan karya, sekalipun sekadar menulis di platform seperti Wattpad. Hingga waktu baginya pun tiba. Almira Bastari merasakan kebahagiaan karena novel-novelnya disukai oleh pembaca. Namanya kian terkenal ketika tragedi 'PO Berdarah', yang membuat naskahnya dipesan dengan membludak.

Sebuah platform baca barangkali bisa digunakan untuk test pasar dan feedback dari pembaca, untuk melihat apakah novel-novelnya diminati ataukah tidak. Ternyata Almira Bastari berhasil menguji karyanya dengan cara demikian.

Sejak dia menaruhnya di aplikasi baca, nama Almira semakin terkenal dan tulisan-tulisannya disukai oleh pembaca. Jalannya sebuah takdir memang sebuah misteri. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi, sampai semuanya benar-benar terjadi.

Novel Almira Bastari

Sampai saat ini Almira Bastari mempunyai lima novel, yang keseluruhannya best seller. Novel-novel ini mengukuhkannya untuk menjadi "The Queen Metropop". Berikut merupakan novel-novel dari Almira Bastari yang harus kamu baca.

1. Novel Melbourne (Wedding) Marathon

sumber: gramedia.com

Novel ini berkisah tentang Sydney Deyanira yang merasa patah hati karena sahabatnya berpacaran dengan wanita lain. Ketika sedang sedih-sedihnya, dia bertemu dengan Ananta Daniswasa, lelaki sukses dan arogan yang belum bisa move on dari masa lalunya.

Kemudian keduanya memutuskan untuk menjalin hubungan palsu atau kontrak. Demi menyembunyikan perasaan, mereka pura-para pacaran. Namun, seiring berlalunya waktu, benih-benih cinta mulai tumbuh di antar amereka.

Novel ini pertama kali terbit, yakni sekitar tahun 2017 dan menandakan debut Almira Bastari sebagai penulis novel. Cerita yang seru dibalut ke dalam 218 halaman. Seperti halnya kisah metropop lain, novel ini juga menyisipkan pembahasan seputar pernikahan.

2. Novel Resign

sumber: idntimes.com

Siapa yang punya keinginan untuk resign, tapi tidak juga resign-resign? Kayaknya seluruh karyawan seperti ini, deh. Mereka selalu lelah dengan aktivitas kantoran. Rasanya ingin mengundurkan diri secepatnya, tapi setelah pikir-pikir lagi malah tidak jadi. Karena tuntutan ekonomi semakin meninggi.

Begitu pula yang dimau oleh Alnarita, Karenina, Andre dan Carlo. Mereka bekerja di kantor konsultan yang berlokasi di Jakarta. Sepanjang waktu, mereka menginginkan untuk resign karena tekanan tinggi dari atasan.

Atasan mereka adalah sosok jenius dan dapat dipercaya, tapi sisi minusnya adalah dia tampak arogan dan sering membuat jengkel.

Keempat sahabat itu berlomba-lomba untuk memenangi pertaruhan, siapa yang resign pertama kali adalah pemenangnya. Namun, seiring berlalunya waktu, mereka tak kunjung resign. Usaha mereka rasanya sia-sia karena si bos mempunyai radar sangat kuat. Keempatnya juga tidak kunjung mendapatkan pekerjaan baru. Nasib. Sepertinya resign mereka gagal.

3. Novel Ganjil-Genap

sumber: gramedia.com

Ganjil-Genap bukan sekadar membahas bilangan artimatika. Novel ini menceritakan kehidupan anak-anak metropolitan yang harus menjalani kehidupan berkendara Ganjil-Genap di kota Jakarta. Pemerintah memberlakukan kebijakan seputar Ganjil-Genap untuk identitas mobil, supaya mengurangi kemacetan.

Secara keseluruhan, novel ini memang mengangkat kisah klasik, yakni seorang wanita bernama Gala yang sudah berpacaran selama belasan tahun dengan Bara, tapi ketika anniversary, mereka malah putus. Tidak diketahui pula apa alasannya putusnya.

Sialnya lagi bagi Gala, bahwa adiknya kebelet kawin. Dan, orang tuanya memberi ultimatum untuk menikah terlebih dahulu dan tidak boleh dilangkahi oleh adiknya.

Gala sendiri tidak apa-apa, jika memang harus dilangkahi, tapi orang tua kadang mempunyai pikiran kolot yang mengharuskan segalanya sesuai urutan dan adik tidak boleh melangkahi kakak. Bagaimanapun Gala berusaha, realitas selalu menamparnya. Karena bagaimanapun, pernikahan mereka hal yang di luar kendali manusia.

4. Novel Home Sweet Loan

sumber: detik.com

Novel ini difilmkan dengan judul sama. Ceritanya tentang empat orang sahabat yang menginginkan sebuah rumah untuk ditempati. Mereka pun rela untuk mengurangi pengeluaran demi sebuah rumah.

Meskipun demikian, fokus ceritanya kepada Kaluna. Kaluna merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakak-kakaknya sangat toxic, terlebih mereka juga membawa pasangan masing-masing untuk tinggal serumah dengan orang tua. Ditambah lagi, keponakan-keponakan. Hal ini membuat Kaluna merasa tidak nyaman, sekalipun di rumah sendiri.

Kaluna dan sahabat-sahabatnya memang tidak akan tinggal bersama. Namun, mereka sedang berjuang untuk mimpi sama: mendapatkan rumah.

Ketika Kaluna hampir berhasil mendapatkan apa yang diinginkan, sebuah fakta menampar Kaluna. Dia harus memilih untuk memberikan uang kepada keluarga yang sedang terlilit finansial, ataukah bersikap egois demi cita-citanya.

5. Novel Agensi Rumah Tangga

sumber: goodreads.com

Agensi Rumah Tangga merupakan novel terbaru dari Almira Bastari. Novel ini berkisah tentang Katia yang di PHK dari dunia startup. Berbulan-bulan dia pun menganggur. Dirinya terjepit cicilan KPR dan selalu mendengarkan ocehan ibunya yang kini sudah menjadi pensiunan PNS.

Ibu sangat ingin Katia bekerja sebagai ASN atau pekerja kantoran besar, tapi lainnya halnya dengan Katia. Dia akan membuka usahanya sendiri dan membuat rumahnya menjadi yayasan penyalur pembantu.

Dengan kerja kerasnya, Katia ingin membuktikan bahwa dia bisa melakukan apa yang seperti dirinya mau.

Baca Juga: Sinopsis Home Sweet Loan Lengkap

Setiap perjalanan pasti mempunyai langkah pertama. Langkah pertama untuk menjadi seorang penulis yakni dengan menulis. Sekarang menuliskan cerita sudah tidak susah lagi. Kamu hanya perlu install Cabaca dan tuliskan kisah-kisah indahmu. Apabila kisahmu banyak yang suka, kamu akan mendapatkan komisi.

Pastikan juga untuk selalu baca novel berkualitas dulu untuk bisa menulis bagus. Kamu bisa pilih Cabaca sebagai platform baca novel online Indonesia untuk dipasang di ponselmu. Jangan lupa install aplikasi Cabaca di Google Play, karena ada banyak promo menarik, bahkan program baca gratis seperti Jam Baca Nasional loh! [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Cari novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy


Your subscription could not be saved. Please try again.
Kamu telah berhasil subscribe. Jangan lupa buat akun Cabaca ya!

Dapatkan e-book gratis dan promo menarik lainnya!